Mahasiswa UNS

Mahasiswa FH UNS Juarai Kontes Stand Up Comedy KAI

By 30 July 2020 No Comments
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

UNS-Mahasiswa Fakultas Hukum (FH) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta berhasil meraih juara 1 dan 2 dalam ajang Kontes Stand Up Comedy Kongres Advokat Indonesia (KAI). Mereka yakni Muhammad Defri dan Faldo Alfian Sanjaya yang saat ini sedang menempuh pendidikan di Program Studi (Prodi) Ilmu Hukum FH UNS. Hal tersebut diumumkan melalui Surat Keputusan Dewan Pimpinan Pusat Kongres Advokat Indonesia Nomor: 102/DPP-KAI/VII/2020 tentang Penetapan Juara Lomba Pidato Virtual dan Kontes Stand Up Comedy Virtual Antar Mahasiswa Se-Indonesia pada Senin (27/7/2020). Kompetisi virtual antarmahasiswa se-Indonesia ini digelar dalam rangka merayakan hari ulang tahun KAI yang ke-12.

Defri mengaku sangat senang dan tidak menyangka saat dirinya ditetapkan menjadi juara 1 kompetisi tersebut.

“Kemarin saya ikut perlombaan itu hanya iseng-iseng, jadi tidak terlalu berharap sama hasilnya, justru malah saya dikasih tahu teman kalau saya menang lomba tersebut. Yang jelas saya senang dan benar-benar tidak menyangka bisa menang. Kejutan banget pokoknya,” ungkapnya saat diwawancarai oleh uns.ac.id pada Rabu (29/7/2020).

Materi yang Ia bawakan diambil dari kesehariannya sebagai mahasiswa Ilmu Hukum dan keluh kesah tentang pandangan masyarakat tentang advokat di Indonesia.

“Idenya berasal dari pengalaman saya sebagai mahasiswa Ilmu Hukum yang sering dipandang oleh teman-teman dari fakultas lain bahwa mahasiswa Ilmu Hukum pasti orangnya pintar ngomong. Padahal tidak semua mahasiswa hukum seperti itu, diakhir bulan kita juga makan di sup penjara dan masih mati gaya kalau ngomong di depan cewek,” terangnya.

Kompetisi tersebut dilaksanakan secara daring sehingga peserta harus mengunggah video penampilan ke dalam google drive. Terdapat beberapa aspek penilaian antara lain kesesuaian tema, judul, dan isi, sistematika penyampaian, bahasa yang digunakan, substansi, vokal/artikulasi/intonasi, gaya/mimik dan improvisasi, ketepatan waktu, teknik delivery, dan penampilan.

“Harapan saya buat teman-teman mahasiswa harus lebih berani keluar dari zona nyaman dan berani mencoba hal-hal baru. Tidak usah mikir hasilnya, yang penting usaha dan berdoa,” kata Defri.

Sementara itu, Faldo Alfian Sanjaya mahasiswa FH UNS angkatan 2016 mengatakan, dalam ajang Kontes Stand Up Comedy KAI, ia memperoleh juara 2. “Saya sangat senang menjadi juara meskipun bukan yang pertama. Awalnya saya tidak ingin ikut soalnya tidak percaya diri stand up secara virtual karena tidak ada tawa penonton. Akan tetapi teman-teman memberikan support penuh dan menyarankan saya untuk ikut,” ujar Faldo. Humas UNS

Reporter: Bayu Aji Prasetya
Editor: Dwi Hastuti

Leave a Reply