Mahasiswa FSRD UNS Juarai Kompetisi Poster English Language Day 2020

UNS — Kabar membanggakan kembali datang dari Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta. Pasalnya, salah satu mahasiswanya baru saja memboyong Juara 1 dalam Kompetisi Poster English Language Day 2020 “Excavating Millennials’ Potency, Creativity, and Courage to Face Industry 4.0” pada November 2020. Dia adalah Nabila Febriyani, mahasiswa Program Studi (Prodi)  Desain Komunikasi Visual (DKV) Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD). Kompetisi ini diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Tadris Bahasa Indonesia (TBI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Surakarta.

Judul poster yang diusung oleh Lala adalah “Demand of Time” yang menggambarkan tentang pentingnya bahasa Inggris di masa sekarang.
“Dalam poster ini saya ingin menunjukkan bagaimana bahasa Inggris sudah menjadi tuntutan di era sekarang,” terangnya saat diwawancarai uns.ac.id, Senin (4/1/2021).

Ide tentang konsep poster tersebut dilatarbelakangi oleh adanya tuntutan mahir berbahasa Inggris baik dalam bidang pendidikan maupun pekerjaan. Hal ini terjadi karena bahasa Inggris telah menjadi bahasa internasional. Bahasa ini digunakan oleh 400.000.000 orang sebagai bahasa utama dan 2 miliar orang sebagai bahasa kedua mereka. Jika dijumlahkan, terdapat sekitar 2,4 miliar orang di dunia yang menuturkan bahasa Inggris.

“Bahasa menjadi sangat penting, karena dengan bahasa manusia bisa saling berkomunikasi dan bertukar pikiran, baik melalui tulisan, lisan, maupun yang hanya berupa simbol tertentu. Selain itu, manusia tidak bisa hidup tanpa bahasa. Ini disebabkan oleh manusia sebagai makhluk sosial yang mau tidak mau harus berinteraksi dengan manusia lain,” jelas Lala.

Lala berhasil mengalahkan puluhan rival dari berbagai perguruan tinggi yang ada di Indonesia. Kompetisi ini diawali dengan pendaftaran dan pengumpulan karya yang dimulai pada tanggal 21 Oktober sampai 2 November 2020. Selanjutnya, pada 3 November 2020 diumumkan sepuluh besar poster terbaik. Kemudian, pada tanggal 4 sampai 5 November 2020 dilakukan penjurian melalui like & view. Terakhir, pengumuman pemenang disiarkan melalui instagram @hmps.tbi pada tanggal 7 November 2020.

Lala berharap teman-teman mahasiswa agar mau mengikuti kompetisi yang ada, karena hal tersebut dapat meningkatkan kepekaan terharap permasalahan yang sedang diusung.

“Lebih banyak ikut lomba karena ternyata banyak yang bisa kita ambil, kita jadi tahu banyak permasalahan lewat tema-tema yang diangkat diperlombaan dan menambah awareness kita terhadap masalah tersebut,” pungkasnya. Humas UNS

Reporter: Bayu Aji Prasetya
Editor: Dwi Hastuti

Skip to content