UNS — Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta Kelompok 41 menggandeng karang taruna Desa Rogodadi untuk merealisasikan konsep perpustakaan desa atau taman baca masyarakat. Program taman baca tersebut bertajuk “Pengembangan Taman Baca Masyarakat Pustaka Sadewa”. Taman ini merupakan perpustakan desa yang dirintis oleh Karang Taruna Desa Rogodadi, Kecamatan Buayan, Kebumen, Jawa Tengah. Namun, karena menghadapi beberapa kendala seperti belum memiliki tempat, belum terkumpulnya buku-buku bacaan dan rak buku, maka taman baca masyarakat Pustaka Sadewa sampai saat ini masih perlu pengembangan sehingga kedepannya dapat diresmikan dan digunakan oleh masyarakat setempat.

Sesuai penjelasan dari Ambarsasi Nur Fatimah selaku Koordinator KKN UNS kelompok 41, tujuan didirikannya taman baca masyarakat Pustaka Sadewa ini yakni memberikan wadah bagi anak-anak dan masyarakat Desa Rogodadi untuk meningkatkan minat baca.

“Ada pun, tujuan dari pengembangan taman baca masyarakat Pustaka Sadewa yaitu untuk memberikan wadah bagi anak-anak khususnya dan masyarakat pada umumnya, yang berasal dari Desa Rogodadi untuk meningkatkan minat baca, science literacy serta keterampilan berpikir guna menghadapi tantangan di masa depan,” ungkap Ambarsasi kepada tim uns.ac.id, Jumat (26/2/2021).

Tim KKN kelompok 41 ini, mengawali program kerja utama taman baca masyarakat Pustaka Sadewa dengan cara membagikan pamflet open donasi buku bacaan melalui media sosial Instagram dan WhatsApp. Selanjutnya, mereka membuat rak buku yang berkolaborasi dengan karang taruna desa setempat dan tokoh masyarakat.

Acara puncak pengembangan taman baca Pustaka Sadewa dilaksanakan pada hari Sabtu-Minggu (20-21/2/2021) lalu. Pada hari Sabtu, tim KKN kelompok 41 mengembangkan kreativitas anak-anak desa setempat dengan mewarnai dan membuat kerajinan gelang tangan dari tali. Sedangkan pada hari Minggu, fokus kegiatan adalah outbond di lingkungan sekitar Desa Rogodadi dengan mengajak anak-anak terlibat dalam permainan ketangkasan.

Dalam pelaksanaan kegiatan yang dilaksanakan secara luring, tim KKN UNS kelompok 41 selalu berusaha semaksimal mungkin untuk menerapkan protokol kesehatan. Mereka menghimbau anak-anak untuk membawa dan menggunakan masker dari rumah, menyemprotkan hand sanitizer sebelum masuk ruangan, dan mengingatkan untuk selalu menjaga jarak.

Ambarsasi mewakili teman-temannya berharap dengan terlaksananya program ini, akan muncul perpustakaan di desa lainnya untuk meningkatkan semangat literasi anak-anak.
“Dengan terlaksananya program kerja pengembangan taman baca masyarakat Pustaka Sadewa, semoga kedepannya semakin banyak lagi perpustaaan di desa-desa sehingga bisa menumbuhkan jiwa dan semangat literasi anak-anak yang nantinya mampu menguasai 4 kompetensi yang menjadi tuntutan abad 21 meliputi keterampilan berpikir kritis, keterampilan berpikir kreatif, komunikatif, dan kolaboratif,” pungkas Ambarsasi. Humas UNS

Reporter: Zalfaa Azalia Pursita
Editor: Dwi Hastuti

Dubes RI untuk Panama Buka Guest Lecturer Series Prodi Arsitektur FT UNS

UNS --- Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (Dubes LBBP) Republik Indonesia (RI) untuk...

Inilah Perasaan Mahasiswa UNS Usai Ikuti Uji Coba PTM

UNS --- Penantian mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta yang telah rindu dan ingin...

Targetkan WCU, Wedangan IKA UNS Usung Tema Peningkatan Mutu Pendidikan

UNS --- Alumni mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta yang tergabung dalam IKA UNS...

Bagaimana Membangun Personal Branding bagi Job Seeker? Berikut Tips dari Webinar AIESEC in UNS

UNS --- ‘Kesan’ merupakan salah satu hal penting yang menjadi penilaian recruiter atau perekrut...

Kajian Ramadan UNS: Tekankan Kesungguhan Niat serta Pentingnya Menjaga Lisan dalam Berpuasa

UNS --- Mengawali Ramadan 1442 Hijriah, Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta selenggarakan...

Optimalkan Program Kampus Merdeka-Merdeka Belajar, UNS Jalin Kerja Sama dengan Taman Satwa Taru Jurug

UNS --- Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta melebarkan kerja samanya ke sejumlah pihak untuk...

Gandeng Distanbun Jawa Tengah, Filosofi Padi UNS Terlibat dalam Sarasehan Petani Peternak Muda

UNS --- Sejumlah mahasiswa Fakultas Pertanian (FP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta yang...

Tiga Mahasiswa UNS Raih Juara dalam Pemilihan Duta GenRe Kabupaten Sukoharjo

UNS --- Tiga mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta yang berkompetisi dalam Grand...

Bangun Public Awareness dengan Infografis, Mahasiswa UNS Menang di STATFEST 2021

UNS --- Pada usianya yang terhitung muda, Program Studi (Prodi) Statistika Fakultas Matematika dan...

Takjil yang Perlu Dihindari Saat Berbuka Menurut Ahli Gizi RS UNS

UNS --- Mengawali buka puasa dengan menyantap takjil yang menyegarkan, manis, dan berminyak,...