Search
Close this search box.

Mahasiswa Pendidikan Ekonomi UNS Raih Juara Tiga Economics Olympiad Competition

UNS — Tiga mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta berhasil meraih juara tiga dalam ajang Economics Olympiad Competition yang diselenggarakan oleh Economics Development Fair 4.0 Fakultas Ekonomi, Universitas Sriwijaya (Unsri) secara daring. Ketiga mahasiswa tersebut tergabung dalam Tim Eco Smart yang beranggotakan Rizki Wahyu Perdana, Vito Christian Umbu Gori, dan Nadya Putri Dewi dari Program Studi (Prodi) Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UNS.

Nadya Putri Dewi mengaku, ia merasa senang atas pencapaian prestasi ini. “Perasaan saat menang lomba tentu saja senang dan bangga, walaupun belum bisa menjadi yang terbaik, tapi kami bersyukur kepada Tuhan telah memberikan kelancaran dan kesuksesan dalam mengikuti lomba tersebut,” ungkap Nadya kepada tim uns.ac.id pada Selasa (3/1/2023).

Sementara itu, Rizki Wahyu Perdana menjelaskan bahwa terdapat beberapa babak dalam ajang ini. Rizki menceritakan, di babak penyisihan, menggunakan aplikasi Testmoz dan perangkat Zoom Meeting. Aplikasi Testmoz diakses oleh seluruh anggota tim, soal yang diujikan berjumlah 50 soal dengan estimasi waktu 90 menit. Tim yang lolos ke babak semifinal ditentukan dari masing-masing akumulasi pengerjaan individu. Kemudian, enam tim dengan nilai tertinggi akan masuk ke babak semifinal. Pada babak semifinal, menggunakan aplikasi yang sama digunakan saat babak penyisihan. Soal yang dikerjakan berjumlah 25 soal dengan estimasi waktu 45 menit. Dari babak semifinal diambil tiga tim untuk berlaga di babak Final. Pada tahap final, peserta mempresentasikan studi kasus yang diberikan panitia dengan tema ‘Inovasi Generasi Muda dalam Implementasi SDGs 2045 berbasis Kearifan Lokal dan Lokalisasi Ekonomi’.

“Sesi presentasi berlangsung selama 15 menit dan tanya jawab berlangsung selama 20 menit. Pada tahap ini, kriteria penilaian dinilai dari aspek kesesuaian tema atau topik, materi presentasi, kedalaman analisis, penyampaian presentasi, dan ketepatan waktu presentasi. Tim Eco Smart mengangkat studi kasus yang berjudul ‘Digitalisasi UMKM untuk Meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi dalam Implementasi Pencapaian SDGs 2045’,” terang Rizki terkait lomba yang kegiatan finalnya terlaksana pada bulan November 2022 lalu.

Mewakili teman-temannya, setelah pencapaian prestasi ini, Vito Christian Umbu Gori berharap agar dapat mengimplementasikan ilmu yang sudah didapatkan selama kuliah. 

“Harapannya bisa mengimplementasikan ilmu yang sudah dipelajari di perkuliahan pada kontribusi perekonomian Indonesia, lalu bisa lebih maksimal dalam berkompetisi,” harap Vito. Humas UNS

Reporter: Zalfaa Azalia Pursita
Redaktur: Dwi Hastuti

Skip to content