Search
Close this search box.

Mahasiswa Teknik Sipil FT UNS Raih Prestasi di Kancah Internasional

UNS – Mahasiswa Program Studi (Prodi) Teknik Sipil Fakultas Teknik (FT) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta memperoleh Juara 3 dalam kompetisi International Stable and Sustain Structure i3SC Competition 2024 yang diadakan Universitas Malaysia Perlis, Malaysia. Prestasi tersebut diraih pada saat malam final yang dilaksanakan di Department of Irrigation and Drainage Perlis, JPS Complex, Perlis, Malaysia, Sabtu (8/6/2024) lalu.

Tim yang mewakili UNS dalam kompetisi ini adalah Baron Pranoto, Farid Nur Affandy, Farrel Titan Pramita, Kevin Liu, dan M Hafiya Fawaidilhaq, yang kelimanya adalah mahasiswa Prodi Teknik Sipil angkatan 2021. Dalam mempersiapkan kompetisi tersebut, tim dibimbing langsung oleh Dr. Achmad Basuki, S.T., M.T. selaku Kaprodi dari Program Studi Teknik Sipil FT UNS.

International Stable and Sustain Structure i3SC Competition ini merupakan kompetisi untuk menguji kemampuan mahasiswa Teknik Sipil dari berbagai negara dalam pembuatan struktur. Khusus edisi tahun ini, jenis struktur yang dilombakan adalah struktur jembatan berbahan kayu.

“Kompetisi tersebut dibagi menjadi dua tahap, yaitu kami diharuskan untuk menggambar sketsa struktur terlebih dahulu selama 30 menit lengkap dengan keterangan dimensi dan lainnya. Kemudian dilanjutkan dengan perakitan prototipe jembatan yang memiliki panjang 1,4 meter selama 180 menit atau 3 jam,” terang Kevin.

Kevin menjelaskan, setelah 3 jam berlalu, jembatan yang mereka rakit dengan tim-tim dari negara lain melalui tahap pengujian. Hasilnya cukup memuaskan karena jembatan Tim UNS mampu menahan beban maksimal yang diwajibkan dari perlombaan tersebut yaitu seberat 100 kg.

Tim perwakilan UNS tersebut terbukti unggul dan bersaing dengan kampus-kampus top dunia dari negara lain seperti, Universiti Teknologi Malaysia (UTM), Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM), Universiti Sains Malaysia (USM), dan Universiti Teknologi MARA (UiTM).

“Untuk kompetisi kali ini sungguh sangat berkesan bagi kami karena merupakan kali pertama kami dapat mewakili Program Studi Teknik Sipil UNS di kancah Internasional dan bisa langsung memperoleh prestasi. Ditambah juga kami dapat bersaing dengan kampus-kampus top dunia dari negara lain seperti Universiti Teknologi Malaysia, Universiti Kebangsaan Malaysia, Universiti Sains Malaysia, dan Universiti Teknologi MARA. Kami bersyukur karena telah mendapatkan hasil yang membanggakan untuk UNS,” pungkas Kevin.
Humas UNS

Reporter: Annisa Fakhira
Redaktur: Dwi Hastuti

Scroll to Top
Skip to content