Mahasiswa UNS

Mahasiswa UNS Raih Prestasi di Ajang LKTI Temu Ilmiah Hukum

By 29 September 2020 No Comments

UNS – Kabar gembira kembali datang dari mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta yang berhasil meraih prestasi pada ajang Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) Temu Ilmiah Hukum IV yang diselenggarakan oleh Universitas Bangka Belitung (UBB). Lomba ini dilaksanakan secara daring melalui aplikasi Zoom Meeting.

Di bawah bimbingan Ismunarno, S.H., M.Hum. selaku Dosen Perdata Fakultas Hukum (FH) UNS, tim UNS berhasil menyabet juara 2 pada ajang ini. Tim UNS terdiri dari Pebriansyah Putra Kusuma dan Sintiya Ayu Saputri Natalia yang berasal dari Program Studi (Prodi) D4 Demografi dan Pencatatan Sipil angkatan 2017 serta Amaylia Tika Pratiwi dari Prodi Matematika angkatan 2017. Mereka melakukan presentasi final pada Minggu (20/9/2020) lalu.

Pada ajang ini, Pebriansyah dan kawan-kawannya berhasil mencetuskan sebuah gagasan berjudul Optimalisasi Aplikasi LARIS (Belajar Bisnis) sebagai Penyedia Jasa Belajar dan Konsultasi Bisnis Berbasis Aplikasi Android di masa Pandemi Covid-19. Dalam menggali ide, mereka membutuhkan waktu kurang lebih 7 hari dengan waktu diskusi dan pengerjaan selama 20 hari. Mereka terinspirasi dari perubahan sistem perekonomian baru di masa pandemi.

“Kami terinspirasi berkaitan dengan perubahan sistem perekonomian baru di masa pandemi mulai muncul para wirausaha baru entah dari korban PHK maupun dari kalangan pelajar atau mahasiswa yang bertujuan untuk memperbaiki kondisi perekonomian keluarganya. Berangkat dari hal tersebut, kami akhirnya membuat prototype aplikasi penyedia jasa konsultasi bisnis untuk membantu para wirausaha muda dan aplikasi kami singkat dengan nama LARIS. Dengan aplikasi ini harapannya bisa menjadi laris produk atau jasa yang ditawarkan,” terang Pebriansyah saat dihubungi tim uns.ac.id beberapa saat yang lalu.

Pebriansyah dan teman-temannya memang menyukai dunia kepenulisan dan sebelumnya mereka telah beberapa kali mengikuti dan menjuarai LKTI dan esai. Berangkat dari situ, mereka ingin mengikuti lomba kembali. Mereka merasa senang dapat menyabet juara pada ajang ini.

“Yang pasti kita senang karena udah lama kita nggak dapat awarding dan tahun ini agenda yang direncanakan untuk mengikuti lomba -lomba yang lain juga sempat berhenti karena kesibukan kita masing-masing, ditambah lagi adanya pandemi Covid-19,” ujar Pebriansyah mewakili teman-temannya.

Memasuki tahun terakhir sebagai seorang mahasiswa, Pebriansyah dan teman-temannya berharap dapat menambahkan beberapa prestasi bagi UNS sebelum lulus.
“Karena kita sudah memasuki masa akhir perkuliahan di jenjang sarjana, harapannya saya dan rekan-rekan saya bisa menambahkan beberapa prestasi untuk mengharumkan nama UNS sebelum kita lulus. Kemudian, bisa membuat teman-teman atau adek-adek yang lain terinspirasi juga untuk bisa meraih prestasi,” pungkas Pebriansyah. Humas UNS

Reporter: Zalfaa Azalia Pursita
Editor: Dwi Hastuti

Leave a Reply