Membanggakan! Mahasiswa FISIP UNS Terpilih Menjadi Juara 3 Putra Duta GenRe Indonesia 2022

Membanggakan! Mahasiswa FISIP UNS Terpilih Menjadi Juara 3 Putra Duta GenRe Indonesia 2022

UNS — Prestasi membangggakan di tingkat nasional kembali diraih oleh mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta. Kali ini, prestasi membanggakan tersebut dipersembahkan oleh Jedidiah Donniar Yajnavido mahasiswa Program Studi (Prodi) S-1 Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP) UNS. Ia terpilih menjadi Juara 3 Putra Duta Generasi Berencana (GenRe) Indonesia 2022.

Awalnya mahasiswa yang biasa disapa Vido ini menjadi perwakilan sekolahnya yakni SMA Negeri 3 Luwuk dalam Pemilihan Duta GenRe Kabupaten Banggai 2021. Dalam ajang tersebut, Vido berhasil menjadi Juara 1 Putra Duta GenRe Kabupaten Banggai dan menjadi delegasi kabupaten untuk menuju ke tingkat Provinsi Sulawesi Tengah.

Dengan program kerja yang ia canangkan, kemudian pada Maret 2022 Vido kembali berhasil menjadi Juara 1 Putra Duta GenRe Provinsi Sulawesi Tengah 2022. Akhirnya, perjalanan Vido menuju tingkat nasional benar-benar dimulai. Vido bersama tim Forum GenRe Sulawesi Tengah bersama-sama mempersiapkan diri untuk menuju Pemilihan Duta GenRe Indonesia: ADU JAK GenRe (Apresiasi Duta dan Jambore Ajang Kreativitas Generasi Berencana) 2022.

“Ketika saya menjadi perwakilan sekolah di tingkat kabupaten, motivasi awal saya bukanlah keinginan dari dalam diri untuk menjadi role model bagi remaja lain sebagaimana tugas Duta GenRe, melainkan karena tuntutan dari salah satu guru. Tetapi ketika terpilih dan menjalankan tugas sebagai Duta, rasa ingin belajar lebih lagi dan berbagi ilmu kepada remaja lain itu mulai muncul,” ujar Vido saat diwawancarai oleh uns.ac.id pada Senin (19/12/2022).

Untuk diketahui, Pemilihan Duta GenRe Indonesia: ADU JAK GenRe merupakan sebuah pertemuan akbar antar anggota Forum GenRe dari masing-masing provinsi di Indonesia, dengan puncak kegiatan yaitu Pemilihan Duta GenRe Indonesia. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Forum GenRe Indonesia di bawah naungan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Indonesia.

Vido mengaku awalnya memang terasa sangat sulit. Banyak sekali kekurangan dan kesalahan yang ia lakukan selama menjabat sebagai Duta GenRe, tetapi berkat bimbingan dari Forum GenRe Banggai dan Forum GenRe Sulawesi Tengah yang selalu membersamainya, Vido perlahan bisa memperbaikinya.

“Sejak terpilih di tingkat provinsi pada Maret 2022, bersama pasangan saya, kami mulai menjalankan program kerja. Karena terpisah jarak yang cukup jauh saya berada di Kabupaten Banggai, sedangkan Ana berada di Kota Palu. Kami berdua memutar otak agar program kerja kami tetap bisa terlaksana, meskipun secara daring,” tutur Vido.

Kesulitan lain yang harus Vido temui adalah setelah ia dinyatakan lolos secara resmi menjadi mahasiswa baru di Prodi S-1 Ilmu Komunikasi FISIP UNS. Dengan adanya hal tersebut, Vido dituntut untuk melaksanakan dua hal sekaligus, yaitu persiapan menuju ADU JAK GenRe 2022 dan mengurus administrasi serta kelengkapan lainnya untuk urusan kuliah.

“Bingung mau mengerjakan yang mana duluan karena beberapa kali urusan ADU JAK GenRe 2022 dan urusan kuliah memiliki jadwal yang bertabrakan. Selain itu, karena beberapa kali ada pengunduran jadwal ADU JAK 2022 dari panitia pusat, saya juga menunda keberangkatan saya untuk kuliah. Seharusnya saya sudah berada di Solo sejak Juli, tetapi saya baru berangkat awal Agustus. Lagi-lagi saya dan Ana terpisah jarak dalam persiapan, bahkan kali ini lebih jauh,” tambahnya.

Akhirnya, segala kesulitan dan usaha Vido terbayarkan dengan berhasil menjadi Juara 3 Putra Duta GenRe Indonesia 2022. Vido juga menyampaikan keberhasilannya ini tidak lepas dari dukungan keluargnya. “Saya bersyukur memiliki kedua orang tua dan kakak yang sangat luar biasa, yang selalu mendukung dalam berbagai aspek. Mereka tidak pernah absen dalam membersamai langkah saya dari awal sampai akhir,” kata Vido.

Vido berharap ke depannya teman-teman Duta GenRe seluruh Indonesia bisa menjadi teladan bagi para remaja baik selama menjabat maupun ketika sudah lepas jabatan supaya teman-teman remaja bisa menjalankan masa remajanya secara menyenangkan namun tetap positif, dan bisa merencanakan kehidupan untuk masa depan. Humas UNS

Reporter: Erliska Yuniar Purbayani
Redaktur: Dwi Hastuti

Skip to content