Tim Mahasiswa UNS Raih Juara 1 Dalam Sination Business Plan Competition 2021

Tim Mahasiswa UNS Raih Juara 1 Dalam Sination Business Plan Competition 2021

UNS — Mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta kembali ukir prestasi membanggakan pada skala nasional. Kali ini, tiga mahasiswa Program Studi (Prodi) S-1 Agribisnis Fakultas Pertanian (FP) UNS berhasil mengukuhkan diri sebagai juara pertama dalam ajang National Business Plan Competition Sination 2021. Para mahasiswa yang tergabung dalam Tim Edelwise sukses menjadi yang terbaik diantara peserta lain seperti Telkom University, Universitas Negeri Jember (Unej), hingga Institut Teknologi Bandung (ITB).

Ketiga mahasiswa UNS ini ialah Nafa Laila Wahidah, Leni Irawati, dan Laily Syafqia Putri. Mereka mengusung judul bisnis “Story-Go: Kartu Permainan Berbasis QR Code Sebagai Media Pembelajaran Interaktif Terintegrasi E-Learning Bagi Anak-Anak”. Berangkat dari permasalahan rendahnya minat belajar siswa yang ditemui Tim Edelwise, business plan ini disusun sebagai jawaban dalam menghadirkan metode pembelajaran yang menarik untuk mendukung perkembangan anak. Story-Go rancangan mahasiswa UNS ini juga dapat membantu para orang tua dalam menemani anak ketika belajar.

Kepada uns.ac.id, Nafa Laila selaku ketua Tim Edelwise menjelaskan bahwa dari kondisi tersebut mereka memanfaatkan perkembangan teknologi yang ada untuk menciptakan permainan yang dapat digunakan juga untuk belajar.

“Oleh karena itu, kami menciptakan kartu permainan edukatif berbasis QR code yang terintegrasi oleh e-learning dengan harapan anak-anak ketika main gadget nggak hanya main HP atau game saja tapi sekaligus belajar,” tutur Nafa Laila, Ketua Tim Edelwise, Minggu (26/9/2021).

Kartu ini nantinya terdiri dari gambar dan tulisan yang mana setiap anak diwajibkan untuk membuat cerita dari gambar tersebut. Dalam permainan ini juga ditambahkan kartu punishment dan reward yang menambah keseruan permainan. Selain itu, adapula konten e-learning yang memuat beberapa cerita edukatif dari kata hingga gambar sehingga anak-anak dapat bermain sekaligus belajar.

“Kami berharap kartu ini dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan verbal-linguistik, kognitif, kreatifitas, maupun kepercayaan diri anak,” ujar Nafa Laila.

Penyusunan Business Model Canvas (BMC), proposal business plan, hingga presentasi dihadapan para juri menjadi tahapan yang dilalui Tim Edelwise dalam berkompetisi selama kurun waktu dua bulan. Rasa senang dan syukur terucap atas pencapaian yang diraih ini. Tim Edelwise juga berharap bisnis yang mereka perlombakan dapat segera terealisasikan sehingga dapat dinikmati manfaatnya.

Business Plan Competition Sination 2021 sendiri merupakan kompetisi yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Sosial Ekonomi Pertanian (HIMASETA) Prodi Agribisnis FP UNEJ. Tema yang diusung dalam perlombaan ini ialah “Be a Creative, Integrated, and Strong Young Entrepreneur in Digital Revolution Era”. Pengambilan tema tersebut bertujuan untuk mewadahi calon wirausaha muda yang kreatif, berintegritas, dan tangguh untuk menciptakan karya inovatif dalam mengembangkan ide usahanya di era revolusi digital. Humas UNS

Reporter: Rangga Pangestu Adji
Editor: Dwi Hastuti

Skip to content