Dua Mahasiswa UNS Raih Juara 2 dan 3 Lomba Inovasi Literasi Nasional 2022

Dua Mahasiswa UNS Raih Juara 2 dan 3 Lomba Inovasi Literasi Nasional 2022

UNS — Dua mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta berhasil meraih prestasi di tingkat nasional. Mereka adalah Vita Sulistya dari Program Studi (Prodi) Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) dan Bayu Aji Prasetya dari Prodi Kajian Budaya Sekolah Pascasarjana. Vita dan Bayu baru saja menyabet Juara 2 dan Juara 3 Lomba Inovasi Literasi Nasional 2022.

Kompetisi tersebut diselenggarakan oleh Unit Pelaksana Teknis (UPT) Perpustakaan UNS pada akhir April 2022. Vita berhasil meraih juara 2 kategori literasi numerasi, sementara Bayu meraih juara 3 kategori literasi budaya dan kewargaan.

Saat diwawacarai oleh uns.ac.id pada Kamis (9/6/2022), Vita menjelaskan bahwa ide yang diusung berupa urgensi pembiasaan literasi numerasi pada peserta didik sejak di Sekolah Dasar (SD).

“Literasi numerasi mengambil peranan penting dalam kehidupan sehari-hari peserta didik karena akan membantu membentuk penalaran rasional serta teknik penalaran dalam kehidupan sehari-hari. Dengan adanya literasi numerasi, peserta didik akan mempunyai daya tinggi dalam menalar dan berpikir dengan lebih matematis sehingga kemampuan memecahkan masalahnya pun akan baik,” jelasnya.

Vita mengaku senang dan terharu ketika diumumkan mendapat juara 2. “Senang dan terharu karena baru pertama kali menang kompetisi. Dari dulu pengin ikut lomba, tapi maju mundur dan baru berani pas udah semester akhir,” tambahnya.

Sebelum mengakhiri wawancara, Ia berharap dapat terus mengembangkan tulisannya agar dapat bersaing dengan mereka yang memiliki banyak jam terbang. Humas UNS

Reporter: Bayu Aji Prasetya
Editor: Dwi Hastuti

Skip to content