Berita Terkini

HMP Pendidikan Biologi UNS Adakan Forum Biologi Asyik bersama Mawapres UNS

By 1 August 2020 No Comments
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

UNS – Himpunan Mahasiswa Pendidikan Biologi atau Biosfer mengadakan Forum Biologi Asyik (Fobia) dengan tema seputar perkuliahan pada Selasa (28/7/2020). HMP Biosfer menghadirkan Mahasiswa Berprestasi Program Sarjana UNS 2020, Imam Arifin sebagai narasumber dalam kegiatan tersebut. Kegiatan yang berlangsung melalui aplikasi Zoom Meeting ini diikuti oleh sekitar 90 peserta dari berbagai angkatan.

Imam Arifin menyampaikan bahwa sebagai mahasiswa haruslah berkualitas yang berorientasi pada akademik, prestasi, softskill, dan aspek manfaat.
“Start with purpose, ketika ingin menjadi mahasiswa yang berkualitas, kita harus membangun tujuan dan niat, dimana dengan membangun tujuan dan niat kita akan lebih mudah dan terarah untuk menatap masa depan kita. Kita juga harus bisa menguatkan diri dan menguatkan niat untuk berkomitmen terhadap diri untuk terus semangat dalam menuntut ilmu. Kita dapat membuat dream word untuk menentukan tujuan akhir nanti sehingga untuk menuju kesuksesan akan lebih mudah,” ungkapnya.

Selain itu, Ia juga menjelaskan bahwa belajar dengan sungguh-sungguh sangat penting agar dapat terus mengeksplorasi pengetahuan lebih luas lagi. Salah satunya dengan memaksimalkan setiap peluang untuk belajar dan juga memanfaatkan fasilitas-fasilitas kampus seperti perpustakaan untuk menunjang perkuliahan.

“Build character and personality, mahasiswa berkualitas harus membangun karakter dan kepribadian. Selanjutnya be an active student, upayakan menjadi mahasiswa yang aktif, karena banyak sekali kesempatan dan peluang di kampus yang dapat kita maksimalkan untuk mengembangkan kualitas dan kapasitas diri. Terakhir, time management, jadi harus pandai mengelola waktu dengan sebaik mungkin,” paparnya.

Dalam mewujudkan hal tersebut, Imam membagi ke dalam 5 langkah untuk membuat rencana pencapaian yaitu specific, measurable, action plan, reason, dan time-bound. Peserta sangat antusias saat mengikuti pemaparan materi dari Imam, hal tersebut ditunjukan melalui banyaknya pertanyaan yang ditujukan untuk Imam. Salah seorang penanya, Nadia Junaedi menanyakan perihal kiat-kiat untuk mengikuti kompetisi.

“Pertama niatkan untuk ikut lomba, kemudian cari perlombaan yang ada dalam 1-2 bulan ke depan atau lebih. Kemudian mulai dengan hal yang paling penting yaitu belajar, bisa dari berita, buku, maupun jurnal. Setelah dapat problematika dan mendapatkan ide, bisa kita terapkan konsep amati, tiru, dan modifikasi,” jawabnya.

Pemenang mahasiswa berprestasi program sarjana UNS 2020 tersebut menutup Forum Biologi Asyik atau Fobia ini dengan sebuah statement motivasi.
“Lakukan segala hal dengan maksimal selagi ada kesempatan. Ketika berjuang jangan lupa untuk meminta doa dari orangtua dan berterima kasihlah kepada semua pihak yang telah membantu kita untuk mencapai apa yang kita inginkan,” tutupnya. Humas UNS

Reporter: Bayu Aji Prasetya
Editor: Dwi Hastuti

Leave a Reply