Inovatif! Tim PKM RE UNS Ciptakan Plester Luka Diabetes dari Limbah Batang Ubi Kayu

by | Nov 28, 2022 17:30 | Berita Terkini, Mahasiswa UNS

UNS — Lima mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta yang tergabung ke dalam Program Kreativitas Mahasiswa bidang Riset Eksakta (PKM RE) 2022 berhasil menciptakan plester hidrogel untuk penyembuhan luka diabetes. Kelima mahasiswa tersebut adalah Risma Rahmawati dari mahasiswa Program Studi (Prodi) Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) UNS, Annisa Firda Lestari dari mahasiswa Prodi Kimia FMIPA UNS, Putri Regita Anggraini dari mahasiswa Prodi Biologi FMIPA UNS, Alfi Rizki A’yunin dari mahasiswa Prodi Farmasi FMIPA UNS, dan Rahmadita Irma Safitri dari mahasiswa Prodi Farmasi FMIPA UNS. Penelitian ini juga lolos pendanaan PKM yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek).

Tim PKM RE UNS yang diketuai oleh Risma Rahmawati ini berhasil menciptakan PRIKAIYA (Plester Hidrogel Berbahan Dasar Batang Ubi Kayu dan Biji Pepaya Muda) sebagai solusi penyembuhan luka diabetes melitus yang terinfeksi bakteri Staphylococcus aures.

“Inovasi tersebut hadir dilatarbelakangi karena berdasarkan data International Diabetes Federation (IDF), pada tahun 2021 bahwa penderita diabetes di Indonesia mencapai 19,47 juta dan diperkirakan akan mencapai 28,57 juta pada tahun 2045. Peningkatan penderita Diabetes Melitus (DM) tentunya akan meningkatkan angka kejadian komplikasi terkait DM. Komplikasi umum yang sering dialami, yaitu ulkus diabetik yang menjadi penyebab utama dari amputasi dan kematian pada penderita diabetes,” tutur Risma Rahmawati dalam rilis yang diterima tim uns.ac.id pada Senin (28/11/2022).

Adapun plester yang dibuat dari limbah batang ubi kayu ini karena berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2018 total produksi ubi kayu di Indonesia mencapai 19.341.233 ton. Besarnya angka produksi ubi kayu menyebabkan limbah yang dihasilkan juga banyak, salah satunya limbah batang ubi kayu. Kurangnya kesadaran masyarakat dalam mengelola limbah batang ubi kayu menjadi sorotan tersendiri. Padahal batang ubi kayu memiliki kandungan selulosa sebanyak 56,82% yang dapat dimanfaatkan untuk membuat plester hidrogel dengan dikombinasikan biji pepaya muda yang memiliki aktivitas antibakteri yang tinggi pada bakteri Staphylococcus aureus yang ada pada ulkus diabetik.

“Hidrogel dianggap sebagai kandidat pembalut yang ideal karena memiliki permeabilitas dan biokompatibilitas yang baik, kemampuan untuk menyediakan lingkungan lembab untuk perbaikan luka, serta mengatasi kekurangan metode tradisional,” lanjut Risma Rahmawati.

Sementara itu, Tim PKM RE UNS ini berharap dengan adanya PRIKAIYA ini dapat mengatasi berbagai permasalahan, diantaranya sebagai pengganti plester konvensional yang dapat lebih efektif untuk mempercepat penyembuhan luka diabetes.

“Selain itu, plester ini juga diharapkan dapat mengurangi pencemaran lingkungan karena plester ini dibuat dengan memanfaatkan limbah batang ubi kayu. Serta mampu meningkatkan nilai ekonomis dari limbah batang ubi kayu dan biji pepaya muda yang ketersediaannya sangat melimpah di Indonesia,” tutup Risma Rahmawati. Humas UNS

Reporter: Lina Khoirun Nisa
Redaktur: Dwi Hastuti

Viral di Tiktok, Aksi Bersih-Bersih Sampah oleh Mahasiswa UNS Tuai Pujian Warganet

UNS --- Mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta yang tergabung dalam beasiswa Rumah...

Prodi Magister Pendidikan Sains FKIP UNS Bersama PPII Jateng Selenggarakan Webinar Nasional

UNS --- Program Studi (Prodi) Magister Pendidikan Sains Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan...

Peringati Hari Gizi Nasional, Rumah Sakit UNS Gelar Talkshow Bahas Stunting

UNS --- Salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) ialah dengan...

LPM Novum FH UNS Gelar Webinar Bahas Dekadensi Regulasi Perlindungan Anak

UNS – Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Novum Fakultas Hukum (FH) Universitas Sebelas Maret (UNS)...

Bagaimana Keikutsertaan Masyarakat dalam Mewujudkan Siaran Berkualitas? Berikut Tanggapan Pakar Hukum UNS

UNS --- Tak dapat dipungkiri bahwa perkembangan teknologi semakin berkembang cepat terlebih di era...

FK UNS Jalin Kerja Sama dengan LKC Dompet Dhuafa Jawa Tengah

UNS --- Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menjalin kerja sama...

Koordinasi Kemitraan antara UNS dan SEA Today Bahas Beberapa Kesepakatan

UNS --- Rapat bersama antara Pusat Unggulan Iptek (PUI) Perguruan Tinggi (PT) Center of Fintech...

Prodi S-3 Pendidikan Ekonomi FKIP UNS Luluskan Doktor Baru

UNS — Program Studi (Prodi) S-3 Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)...

Tergabung dalam Dhaharan.id, Mahasiswa UNS Gelar Bakti Sosial di Dua Tempat

UNS --- Sejumlah mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menggelar bakti sosial di...

FEB UNS Jalin Kerja Sama Pengabdian dengan BNI Hong  Kong

UNS --- Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta bekerja sama...