Mahasiswa FEB UNS Dinobatkan menjadi Mbak Sukoharjo 2021

Mahasiswa FEB UNS Dinobatkan menjadi Mbak Sukoharjo 2021

UNS — Kabar prestasi kembali ditorehkan oleh mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta. Fransisca Ervin Ayu Puspita Ningrum, mahasiswa Program Studi (Prodi) Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UNS baru saja dinobatkan menjadi Juara 1 Pemilihan Duta Wisata Kabupaten Sukoharjo 2021 pada akhir Oktober lalu.

Mahasiswa semester akhir tersebut mengaku sangat senang dan bersyukur saat dinobatkan sebagai Mbak Sukoharjo.

“Tentu saya sangat bersyukur, terharu, dan bangga bisa dipercaya dan diamanahi untuk membawa wajah Sukoharjo semakin dikenal banyak orang dan semakin lebih baik lagi. Tapi saya tahu bahwa ini bukan akhir, tapi ini adalah awal untuk bisa bersama-sama membantu pemerintah mempromosikan pariwisata di Sukoharjo dan awal untuk bisa menjadi sosok yang lebih baik juga,” tutur Ervin, Minggu (14/11/2021).

Proses seleksi yang cukup Panjang sudah dimulai sejak Mei 2021 lalu dengan berbagai tahapan seleksi. Terdapat test tertulis, public speaking, dan interview dalam gelaran pemilihan duta wisata tersebut.

“Tes tertulisnya terdiri dari soal tentang kepariwisataan dan pengetahuan umum. Terus, pas tes public speaking, kami diberikan satu pertanyaan dan disuruh menjawab dengan baik di depan banyak calon finalis. Kemudian, interview terdiri dari tes bahasa Jawa, bahasa Inggris, kepariwisataan, nasionalisme, dan pengetahuan umum,” imbuhnya.

Ia mengatakan bahwa salah satu alasan mengikuti Pemilihan Duta Wisata ini karena Ia tidak ingin melewatkan suatu pengalaman berharga menjadi bagian dari Duta Wisata Sukoharjo.

“Saya merasa nantinya melalui Mas dan Mbak Sukoharjo ini saya bisa mencari lebih dalam tentang potensi diri dan mengembangkannya. Namun, bukan hanya untuk kepentingan saya saja, tetapi juga untuk kepentingan orang banyak,” tutur mahasiswa semester akhir tersebut.

Mahasiswa FEB UNS Dinobatkan menjadi Mbak Sukoharjo 2021

Dukungan keluarga juga Ia dapatkan secara penuh dan senantiasa menyemangati Ervin. Terlebih, saat itu sempat dilakukan penundaan pelaksanaan grand final karena kasus Covid-19 meningkat. Ervin berharap, melalui title baru tersebut, Ia dan teman-teman finalis dapat membawa nama Mas dan Mbak Sukoharjo dengan baik. Selain itu, Ia juga akan terus berupaya mempromosikan seluruh aspek yang dimiliki oleh Kabupaten Sukoharjo kepada masyarakat luas.

“Sebagai mahasiswa, teruslah berusaha untuk menjadi mahasiswa yang baik di akademik, tapi juga tidak boleh melupakan lingkungan dan daerah sekitar. Kita juga harus peka dan tanggap untuk dapat membantu lingkungan sekitar,” pungkas Mbak Sukoharjo 2021. Humas UNS

Reporter: Bayu Aji Prasetya
Editor: Dwi Hastuti

Skip to content