Search
Close this search box.

Memperingati Ulang Tahun ke-11, Prodi Farmasi Mengadakan Donor Darah dan Periksa Gigi Gratis

UNS Dalam rangka memperingati ulang tahun ke-11, Program Studi (Prodi) Farmasi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta mengadakan aksi donor darah dan pemeriksaan gigi secara gartis. Kegiatan donor darah bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Surakarta. Sementara kegiatan pemeriksaan gigi secara gratis merupakan kerja sama antara Prodi Farmasi dengan Gigigo Dental Care Sukoharjo. Kedua kegiatan ini digelar di Ruang Aula Gedung FMIPA UNS pada Selasa (14/5/2024)

Kegiatan donor darah mendapatkan apresiasi yang sangat baik dari warga UNS dan masyarakat sekitar. Hal ini terlihat dari banyaknya peserta yang terdaftar mengikuti donor darah. Meski demikian, setelah melalui proses screening, tidak semua peserta yang terdaftar bisa mengikuti donor darah. Hal ini bisa dikarenakan beberapa hal diantaranya adalah kadar hemoglobin rendah (dibawah standar), atau tekanan darah yang terlalu tinggi.

Sebagaimana yang dialami oleh Siti Baroroh, salah satu dari calon peserta donor darah yang tidak lolos screening. “Kadar hemoglobin saya dibawah standar, sehingga tidak diperbolehkan untuk donor,” ungkap Siti.

Kegiatan donor darah dan pemeriksaan gigi secara gratis dalam rangka ulang tahun Prodi Farmasi ini merupakan salah satu bentuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Hal ini sebagaimana disampaikan oleh Kepala Prodi Farmasi, Prof. Dr. apt. Ahmad Ainurofiq, S.Si., M.Si. disela-sela kegiatan donor darah.

“Disamping dalam rangka ulang tahun Prodi, kegiatan ini juga merupakan salah satu bentuk pengabdian kepada masyarakat,” terang Prof. Ahmad Ainurofiq.

Kantong darah yang didapatkan pada kegiatan ini sebanyak 57 kantong. Dari kegiatan donor darah ini diharapkan akan timbul rasa empati kepada sesama dan suka menolong. Karena setetes darah yang kita sumbangkan bisa menyelamatkan nyawa orang lain.

Sedangkan untuk pemeriksaan gigi ini, Prodi Farmasi FMIPA UNS ingin mengajak seluruh sivitas akademika UNS untuk sejak awal merawat kesehatan gigi. “Jadi dari awal kami mengajak bahwa menjaga Kesehatan gigi dan mulut itu penting. Kami berharap dari kegiatan ini akan timbul kesadaran akan pentingnya kesehatan gigi sejak dini,” pungkas Prof. Ahmad Ainurofiq. HUMAS UNS

Redaktur: Dwi Hastuti

Skip to content