Search
Close this search box.

Olah Ekstrak Kulit Jeruk dan Teh Hijau sebagai Sampo, Mahasiswa UNS Raih Juara 3 LKTIN CHEMFEST 2023

UNS-Manfaatkan ekstrak kulit jeruk dan teh hijau sebagai bahan aktif sampo bar untuk mengurangi rambut rontok dan ketombe, mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta meraih juara dalam Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional (LKTIN). Mereka adalah Paulina dari Program Studi (Prodi) D-4 Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Sekolah Vokasi (SV) dan Kalimaya Qolbi Sani dari Prodi S-1 Teknik Kimia Fakultas Teknik (FT).

Kompetisi bertajuk Chemistry Festival (CHEMFEST) ini diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Hasanuddin (Unhas) pada 18-20 Maret 2023. Melalui sampo bar tersebut, mereka berdua berhasil menyabet juara 3.

β€œIde ini dilatarbelakangi dari banyaknya orang di sekitar kami yang sering mengalami masalah rambut rontok dan ketombe. Ada beberapa penyebabnya, seperti penggunaan sampo serta obat anti rontok dan ketombe berbahan kimia. Oleh karena itu, kami berinovasi membuat produk sampo yang terbuat dari bahan alam sekaligus memanfaatkan limbah yang tidak terpakai salah satunya kulit jeruk,” jelasnya, Kamis (13/4/2023).

Selain itu, produk tersebut dibuat menjadi bar yang kecil sehingga mudah untuk dibawa bepergian. Sampo bar ini juga sebagai salah satu upaya untuk mendukung Sustainable Development Goals (SDGs) 2030 dengan mengurangi pencemaran lingkungan, terutama perairan.

Mereka mengaku senang ketika dinobatkan meraih peringkat ketiga dari 10 finalis dari berbagai perguruan tinggi dalam kompetisi ini.

β€œKesan ketika diumumkan meraih juara 3, kami tidak menyangka dan tidak percaya karena melihat kesibukan kami. Apalagi latihannya hanya beberapa jam saja dan finalis-finalis yang kami hadapi juga tidak mudah. Rasanya bahagia sekali bisa mengharumkan UNS. Meskipun kami sudah di tahun ketiga, kami ingin tetap berkarya dan memanfaatkan waktu yang ada untuk menorehkan prestasi-prestasi sehingga bisa menginspirasi banyak orang,” pungkasnya. Humas UNS

Scroll to Top
Skip to content