Pengin Lanjut S-2 di Inggris? Coba Daftar Beasiswa Chevening!

by | Okt 2, 2022 21:56 | Berita Terkini

UNS — Setelah merampungkan studi sarjana, ada banyak pilihan yang dapat dilakukan oleh seorang lulusan. Studi lanjut adalah salah satu pilihan tersebut. Beberapa lulusan memilih untuk melanjutkan studi mereka ke luar negeri di negara-negara dengan iklim pendidikan yang bagus, seperti Inggris.

Jika tertarik melanjutkan studi S-2 di Inggris, cobalah mendaftar beasiswa Chevening. Beasiswa yang bersifat pendanaan penuh ini diberikan oleh Foreign, Commonwealth, and Development Office (FCDO) pemerintah Inggris.

Beasiswa Chevening dapat diikuti oleh masyarakat Indonesia yang telah menyelesaikan pendidikan sarjana. Selain itu, Chevening juga mensyaratkan pendaftar agar memiliki pengalaman kerja selama dua tahun. Para pendaftar Chevening harus memastikan diri belum pernah mendapatkan beasiswa dari pemerintah Inggris sebelumnya.

Penerima beasiswa Chevening berhak memilih universitas mana yang akan dituju selama universitas tersebut masih berada pada teritorial Inggris. Chevening juga tidak membatasi jurusan studi lanjut. Untuk itu, penerima beasiswa dapat memilih secara bebas jurusan yang akan diambil untuk studi S-2.

Network and Alumni Officer Kedutaan Besar Inggris di Jakarta, Raras Wulandaru mengatakan bahwa universitas-universitas di Inggris memiliki keunggulan. Pertama, universitas di Inggris memiliki ranking yang tinggi dan reputasi yang bagus. Selain itu, program S-2 di Inggris hanya dilaksanakan selama satu tahun sehingga mahasiswa S-2 tidak perlu berlama-lama tinggal di Inggris.

“Masa studi S-2 di Inggris itu hanya satu tahun saja. Kalau di Indonesia atau negara lain itu satu setengah atau dua tahun. Kalau di UK memang hanya satu tahun atau lebih tepatnya lagi 9 bulan. Jadi untuk teman-teman yang mungkin nggak pengin terlalu lama sekolahnya dan ingin cepat-cepat berkontribusi dan berkarya untuk negara asal ya sebenarnya ini paling tepat. Satu tahun, dapat gelar, bisa kembali lagi ke negara asal untuk berkontribusi,” jelasnya saat memberikan pemaparan di Ruang Werkudara, Gedung Ki Padmasusastra Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta pada September lalu.

Beasiswa Chevening ini akan mendanai berbagai hal untuk keperluan studi lanjut S-2 di Inggris. Pertama, Chevening akan mendanai penuh biaya kuliah di universitas. Penerima beasiswa Chevening juga akan mendapatkan dana hidup selama di Inggris serta biaya penerbangan baik menuju atau dari Inggris ke Indonesia.

Selain itu, penerima beasiswa Chevening juga akan mendapatkan akses ke kegiatan-kegiatan eksklusif dan komunitas alumni Chevening. Penerima beasiswa juga mendapatkan kesempatan magang di perusahaan di Inggris untuk beberapa jurusan seperti jurusan Media dan Komunikasi yang dapat magang di BBC. Penerima beasiswa juga mendapatkan kesempatan melakukan kegiatan kesukarelawanan.

Jika tertarik mendaftar beasiswa Chevening, saat ini pendaftaran masih dibuka sampai 1 November mendatang. Jika lolos tahap administrasi, pendaftar akan melakukan wawancara pada awal Februari hingga April 2023. Pengumuman hasil wawancara dapat diakses pada Juni 2023. Pendaftar yang dinyatakan lolos seleksi dapat melanjutkan kuliah di Inggris mulai September 2023.

Chevening tidak mensyaratkan kualifikasi kemampuan bahasa Inggris secara khusus. Pendaftar juga tidak diminta untuk melampirkan surat penerimaan (Letter of Acceptance) dari perguruan tinggi tujuan saat kali pertama mendaftar. Persyaratan lebih lanjut dapat diakses melalui laman www.chevening.org. Humas UNS

Reporter: Ida Fitriyah
Redaktur: Dwi Hastuti

Munas ke-1 APPII Terselenggara di UNS, Prof. Sulistyo Saputro Terpilih Menjadi Ketua Umum

UNS --- Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta terpilih menjadi tuan rumah Musyawarah Nasional...

Membanggakan! Tim Bengawan UV UNS Raih Tiga Gelar dalam KKCTBN 2022

UNS --- Tim Bengawan Unmanned Vehicle (UV) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta meraih tiga...

Mahasiswa UNS Rintis Siebook.id, Membentuk Literasi Membangun Negeri

UNS --- Mahasiswa Program Studi (Prodi) Agribisnis Fakultas Pertanian (FP) Universitas Sebelas...

Diskusikan Metode Lesson Study, S-2 Pendidikan Biologi UNS Gelar Kuliah Umum

UNS — Program Studi (Prodi) Magister (S-2) Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu...

Kerja Sama dengan Pemkab Sragen, Dosen FEB UNS Luncurkan Super Aplikasi Go to Sragen

UNS --- Tim dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta baru...

Mahasiswa Farmasi UNS Ciptakan Plester Microneedle dari Tanaman Daun Afrika untuk Penderita Diabetes Melitus

UNS --- Empat mahasiswa S-1 Farmasi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA)...

Inovatif! Tim PKM RE UNS Ciptakan Plester Luka Diabetes dari Limbah Batang Ubi Kayu

UNS --- Lima mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta yang tergabung ke dalam Program...

Tim PKM UNS Sukses Memproduksi Biolistrik dari Eceng Gondok dan Lumpur Lapindo

UNS --- Mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta berhasil menciptakan listrik dari...

Mahasiswa PAP UNS Raih Juara 2 Kompetisi Wicara Publik Tingkat Nasional

UNS --- Mahasiswa Program Studi (Prodi) Pendidikan Administrasi Perkantoran (PAP) Fakultas...

Mahasiswa UNS Ciptakan Inovasi Mesin Purus Kayu Terintegrasi untuk Meningkatkan Produktivitas Produksi Mebel

UNS --- Sejumlah mahasiswa Program Studi (Prodi) Pendidikan Teknik Mesin (PTM) Fakultas Keguruan...