UNS — Dharma Wanita Persatuan (DWP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menggelar peresmian renovasi gedung Taman Kanak-Kanak (TK) Widya Putra, Sabtu (25/6/2022). Peresmian tersebut dibarengi dengan kegiatan pelepasan peserta didik tahun ajaran 2021-2022 TK Widya Putra.

Kegiatan ini dihadiri oleh Ketua DWP UNS, Budhi Widjajanti Jamal Wiwoho, S.E; Wakil Rektor Akademik dan Kemahasiswaan, Prof. Dr. Ir. Ahmad Yunus, M.S., bersama istri; Wakil Rektor Riset dan Inovasi, Prof. Dr. Kuncoro Diharjo, S.T., M.T.; Ketua Yayasan TK Widya Putra, Arlin Kuncoro Diharjo; Kepala Sekolah TK Widya Putra, Suciati, S.Pd.AUD.; sivitas akademika UNS selaku pelaksana renovasi gedung dan pengembangan pendidikan di sana; tokoh masyarakat; serta para wali murid.

TK yang sudah berdiri sejak 1982 terus meningkatkan sarana dan prasarana guna menunjang pembelajaran peserta didik. Bersama DWP UNS, TK Widya Putra mendapat perbaikan besar pada gedung dan area bermain. Selain perbaikan gedung, UNS juga mendukung pembelajaran dengan menyumbangkan beberapa peralatan elektronik.

Prof. Kuncoro menjelaskan bahwa renovasi gedung kali ini telah menggunakan baja ringan yang lebih awet dan aman. Material ini menggantikan material sebelumnya yaitu kayu yang cenderung mudah lapuk dimakan rayap. Perbaikan juga merambah plafon gedung dan area bermain.

Peresmian Renovasi Gedung TK Widya Putra DWP UNS Dibarengi Pelepasan Peserta Didik

Harapannya, kegiatan belajar mengajar di TK Widya Putra dapat berlangsung lebih lancar dan nyaman. Budhi Widjajanti selaku Ketua DWP UNS berterima kasih dan mengapresiasi kontribusi pimpinan UNS serta para donatur renovasi gedung.

“Ada misi mulia yang diemban oleh Dharma Wanita Persatuan UNS di balik upaya merenovasi bangunan gedung TK tersebut. Yakni tidak hanya membangun kembali fisik semula seperti sedia kala, tetapi juga untuk membangun kembali harapan dan cita-cita generasi penerus bangsa,” tutur Budhi Widjajanti.

Peresmian Renovasi Gedung TK Widya Putra DWP UNS Dibarengi Pelepasan Peserta Didik

Pelepasan Peserta Didik dan Pembelajaran digital

Acara pelepasan kali ini lebih disyukuri karena dapat berlangsung secara meriah, mengingat kebijakan pembatasan aktivitas yang lebih longgar. Suciati turut menyampaikan bahwa kegiatan pembelajaran TK Widya Putra pada tahun ajaran 2022-2023 akan berlangsung seperti semula. TK Widya Putra berencana kembali mengadakan kegiatan-kegiatan seperti drum band, tari-tarian, seni lukis, dan lain-lain. Ia menegaskan, penerapan protokol kesehatan akan tetap berjalan dengan ketat selama pembelajaran.

Pembelajaran anak usia dini memang patut untuk mendapat perhatian khusus. Prof. Yunus pun menilai penting pendidikan jenjang ini. Pada masa perkembangan ini, anak nyatanya sudah mampu mengoptimalkan memori mereka. Maka dari itu, Prof. Yunus berpesan agar perancangan kurikulum yang dapat mendukung kreativitas bagi peserta didik jenjang TK.

“Perlu perhatian dan empati guru terhadap anak didik dan keluarganya. Komunikasi yang intens antara guru dan keluarga itu sangat penting,” ujar Prof. Yunus.

Peresmian Renovasi Gedung TK Widya Putra DWP UNS Dibarengi Pelepasan Peserta Didik

Selain melakukan renovasi gedung TK Widya Putra, UNS turut ambil peran dalam pengembangan pendidikan. Dalam bentuk pengabdian masyarakat, UNS berinovasi pada pendidikan berbasis digital. Fendi Aji Purnomo, S.Si., M.Eng., dalam kesempatan ini menjelaskan produk AR Halo Kids dengan teknologi augmented reality.

Berbentuk kartu bergambar, produk ini menjadi media pembelajaran literasi digital bagi anak yang kini semakin akrab dengan teknologi. Penggunaannya pun mudah dengan memakai aplikasi yang dapat diunduh pada gawai wali murid. Produk tersebut diberikan kepada pengelola TK Widya Putra untuk memperkaya media pembelajaran. Humas UNS

Reporter: Rangga Pangestu Adji
Editor: Dwi Hastuti

Suka dengan artikel ini?

Panitia Kerja Penghargaan Purnabakti Profesor UNS Lakukan Kunjungan Kerja ke UPI dan Unpad

UNS --- Panitia Kerja Penghargaan Purnabakti Profesor Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta...

UKM Pramuka UNS, di Balik Pasukan Pengibar Bendera Upacara Kemerdekaan RI

UNS --- Disiplin, berani, dan setia. Itulah salah satu isi Dasa Darma Pramuka yang senantiasa...

Perluas Jejaring Internasional, UNS Jalin Kerja Sama dengan The University of Newcastle, Australia

UNS --- Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menjalin kerja sama internasional dengan The...

UPT KLI UNS Gelar Workshop Pendampingan Persiapan Studi Lanjut ke Amerika Serikat

UNS --- UPT Kerja Sama dan Layanan International (KLI) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta...

Dekan FH UNS Terpilih sebagai Ketua BKS FH-PTN Wilayah Tengah

UNS --- Dekan Fakultas Hukum (FH) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Prof. Dr. I Gusti Ayu...

Mahasiswa UNS Raih Juara 1 Lomba Debat Nasional

UNS --- Prestasi membanggakan kembali diukir oleh mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS)...

Pengalaman Mahasiswa UNS Mengajar BIPA di Negeri Gajah Putih

UNS --- Aldi Dwi Saputra, mahasiswa Jenjang S-2 Program Studi (Prodi) Pendidikan Bahasa Indonesia...

UNS Canangkan Kerja Sama dengan Kansas State University

UNS --- Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta mencanangkan kerja sama dengan Kansas State...

Peringati HUT ke-6, RS UNS Berikan Layanan Unggulan

UNS --- Rumah Sakit (RS) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta tepat berusia 6 tahun pada Rabu...

Kebut MBKM, FMIPA UNS Jalin Kerja Sama dengan BPS Boyolali dan Karanganyar

UNS --- Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Sebelas Maret (UNS)...