Prodi D-3 Teknik Informatika SV UNS Ikuti InaRI Expo 2022

Prodi D-3 Teknik Informatika SV UNS Ikuti InaRI Expo 2022

UNS — Program Studi (Prodi) D-3 Teknik Informatika (TI) Sekolah Vokasi (SV) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta turut ambil bagian dalam Indonesia Research and Innovation (InaRI) Expo 2022. Acara yang diselenggarakan oleh Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) ini diadakan di Gedung ICC, Cibinong Science Center, Jawa Barat pada 27—30 Oktober lalu.

InaRI Expo merupakan ruang ekspresi apresiasi bagi para periset, inovator, dan inventor yang telah memberikan kontribusi bagi masyarakat dan negara. InaRI Expo 2022 mengusung tema “Digital, Blue, & Green Economy: Riset dan Inovasi untuk Kedaulatan Pangan dan Energi”. Melalui tema ini, BRIN ingin mendorong kolaborasi dengan berbagai pihak untuk memperkuat ekosistem riset dan inovasi guna mewujudkan ekonomi yang berbasis digital, berwawasan lingkungan, dan memanfaatkan sumber daya alam yang dimiliki Indonesia.

Prodi D-3 Teknik Informatika SV UNS Ikuti InaRI Expo 2022

UNS yang diwakili oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) UNS didukung beberapa peneliti. “Salah satunya adalah Tim VR dari D3 Teknik Informatika (TI) Sekolah Vokasi. Dalam acara empat hari tersebut, tim D-3 TI menampilkan produk-produk VR terbaru seperti ViRa – Virtual Reality untuk Game Panahan, VR Edukasi dan Game Penanganan Bencana Banjir, Game Math Kabur, dan VR untuk edukasi Pemadam Kebakaran,” terang Dosen D-3 TI SV UNS, Fendi Aji Purnomo, S.Si., M.Eng.

Prodi D-3 Teknik Informatika SV UNS Ikuti InaRI Expo 2022

InaRI Expo 2022 diiikuti sebanyak 239 peserta. Para peserta pameran terdiri atas perwakilan BUMN, perwakilan BUMD, Asean-India Startup Festival, perwakilan Negara G20, perusahaan swasta nasional, perguruan tinggi (PT), startup binaan BRIN, dan sekolah-sekolah peserta National Young Inventors Award (NYIA).

Prodi D-3 Teknik Informatika SV UNS Ikuti InaRI Expo 2022

Ruang pameran UNS cukup didatangi oleh banyak orang. Beberapa di antaranya tertarik dengan berbagai VR yang telah dikembangkan oleh tim D-3 TI. Para tamu dari luar negeri juga menyinggahi ruang pameran UNS dan berdiskusi lebih lanjut mengenai produk-produk yang dipamerkan. Humas UNS

Reporter: Ida Fitriyah
Redaktur: Dwi Hastuti

Skip to content