Prodi Desain Interior FSRD UNS Gelar Seminar Mengundang Dosen dari Chiba University

Prodi Desain Interior FSRD UNS Gelar Seminar Mengundang Dosen dari Chiba University

UNS — Program Studi (Prodi) Desain Interior Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menggelar seminar dengan topik Obtaining 3D Data for Regional Design. Seminar ini merupakan bagian dari realisasi kerja sama yang terjalin antara FSRD UNS dengan Chiba University. Seminar berlangsung di Aula Gedung HB. Sutopo FSRD UNS pada Selasa (20/2/2024).

Acara seminar dibuka dengan sambutan dari Plt. Kepala Program Studi (Prodi) Desain Interior FSRD UNS, Pandu Purwandaru, S.Ds., M.Ds., Ph.D. Dalam sambutannya Pandu berharap semoga dengan adanya seminar ini dapat memberikan tambahan ilmu dan wawasan kepada mahasiswa mengenai bagaimana metode preservasi artefak tradisional melalui metode scanning 3d. Selain itu, mahasiswa dapat mengetahui bagaimana mengembangkan suatu event ataupun produk berbasis potensi kultural tersebut sehingga nilai-nilai dari artefak tradisional bisa tetap lestari.

Aoki Hironobu, Ph.D., selaku dosen tamu yang berasal dari Chiba University. Beliau memaparkan tentang bagaimana pentingnya dalam preservasi budaya lokal serta menyampaikan proses dalam pengarsipan budaya, dalam bentuk fisik maupun tidak fisik.

Dalam proses preservasi metode yang dilakukan adalah mengarsipkan data menggunakan 3D Scanner dan Photogrammetery. Metode tersebut menerapkan prinsip Structure for Motion (SfM) dengan meletakkan benda dan mengambil beberapa data foto dari beberapa sudut pandang. Hal yang paling menarik karena prosesnya bukan hanya tentang alat yang digunakan, tetapi yang paling penting adalah terbentuknya komunikasi antara warga dan desainer.

β€œData 3D harus dilihat sebagai sebuah kontinum dari perolehan dan pelestarian hingga pemanfaatan, menjadi sumber daya vital bagi revitalisasi kawasan,” jelas Aoki Hironobu.

Usai sesi pemaparan dari Aoki Hironobu, kegiatan berlanjut dengan sesi tanya jawab. Antusias peserta terlihat dari banyaknya mahasiswa yang bertanya seputar materi dan pengalaman yang dibagikan. HUMAS UNS

Redaktur: Dwi Hastuti

Skip to content