UNS — Program Studi S2 Teknologi Pendidikan Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menggelar “Workshop Media Pembelajaran Digital Berbasis Augmented Reality (AR) dan Virtual Reality (VR)”.

Prodi di bawah naungan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UNS ini pun bekerja sama dengan Southeast Asian Ministers of Education Organization Regional Open Learning Centre (SEAMEO SEAMOLEC).

Berlangsung selama tiga hari pada Rabu—Jumat, 16—18 Juni 2021 lalu, kegiatan tersebut menghadirkan dua narasumber utama. Yakni Puryanto, S.ST., M.Ds. dan Aji Wicaksono, S.T. dari SEAMEO SEAMOLEC.

Bersama kedua pemateri, para peserta mengenal aplikasi media pembelajaran digital berbasis AR dan VR yang sifatnya dasar, belajar bagaimana membuat media pembelajaran digital menggunakan aplikasi paint 3D, Sketchfab, dan Canva.

Dr. Triana Rejekiningsih, M.Pd. selaku Ketua Prodi S2 Teknologi Pendidikan UNS memaparkan beberapa tujuan kegiatan ini digelar. Pertama, meningkatkan kualitas pembelajaran dengan pendekatan Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK).

Kedua, meningkatkan keahlian dan kompetensi dosen serta mahasiswa dalam menguasai berbagai media peningkatan kualitas belajar. Ketiga, memproduksi media pembelajaran Augmented dan Virtual Reality yang relevan dengan kebutuhan pembelajaran.

Adapun Teknologi AR dan VR dipilih untuk dipelajari dalam workshop ini karena semakin populer penerapannya pada berbagai jenjang pendidikan. Di sisi lain, AR dan VR sangat bermanfaat untuk membentuk pembelajaran yang lebih menarik dan nyata.

Hal itu selaras dengan kebutuhan pada masa pandemi Covid-19 yang mengharuskan adanya pembelajaran daring, tetapi juga menimbulkan keterbatasan dalam penyampaian materi ajar. Juga keterbatasan dalam memberikan pengalaman belajar yang beragam bagi para peserta didik.

“Terutama pengalaman belajar yang sifatnya nyata baik dalam bentuk praktik kegiatan di
laboratorium, pembelajaran proyek atau team base project, problem based learning dengan case method, inquiri dan pembelajaran kooperatif,” ujar Dr. Triana.

Melihat hal tersebut, dapat disimpulkan bahwa tantangan dalam dunia pendidikan saat ini salah satunya adalah menumbuhkan minat belajar para peserta didik meski dilingkupi dengan berbagai keterbatasan.

Dr. Triana menambahkan, kurangnya penguasaan dalam memanfaatkan berbagai media pembelajaran digital kemudian dapat menyebabkan kurangnya ketertarikan dan menurunnya tingkat pemahaman peserta didik terhadap materi pembelajaran. Oleh karenanya, workshop semacam ini penting dan diperlukan.

“Berbagai teknologi dalam pembelajaran saat ini berupaya untuk memberikan kemudahan, fleksibilitas, dan efisiensi agar dapat dilakukan anytime, anywhere, anyone,” imbuhnya.

Dr. Mardiyana, M.Si. selaku Dekan FKIP UNS dan Dr. Dewi Kusuma Wardani, M.Si. selaku Wakil Dekan Bidang SDM, Keuangan, Logistik pun turut hadir memberi dukungan pada kegiatan ini.

Apresiasi diberikan Dr. Mardiyana, M.Si. yang juga membuka kegiatan. Ia menyampaikan, pendidikan abad 21 memang menuntut berbagai keterampilan yang harus dikuasai tenaga pendidik baik dosen maupun guru.

“Workshop ini akan menghasilkan berbagai media pembelajaran digital yang mampu untuk memfasilitasi pembelajaran berbasis proyek. Saya pun mengapresiasi kerja sama Prodi S2 Teknologi Pendidikan UNS dengan SEAMEO SEAMOLEC yang sudah terjalin sejak 2019,” ujarnya. Humas UNS

Reporter: Kaffa hidayati
Editor: Dwi Hastuti

Suka dengan artikel ini?

UNS Ajak Alumni Berkontribusi dalam Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka

UNS --- Sejak diluncurkan pada tahun 2020, program Merdeka Belajar, Kampus Merdeka (MBKM) perlahan...

Tim Pengabdian PG-PAUD UNS Dampingi Guru Lakukan PTK

UNS --- Tim pengabdian Dosen Prodi Pendidikan Guru PAUD Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta...

Wujudkan MBKM, FRSD UNS Inisiasi Lompatan Kreatif bersama HIMKI

UNS --- Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta tengah...

Dosen UNS Bagikan Tips Membangun Budaya Investasi di Era Digital

UNS --- Kemajuan teknologi di era digital memberikan tantangan yang besar bagi manusia sebagai...

Hebat! Tim Basket UNS Ukir Prestasi pada Ajang PANTASI 2021

UNS --- Rona bahagia menyelimuti tim basket Fakultas Keolahragaan (FKOR) Universitas Sebelas Maret...

Tulis Opini tentang Pembelajaran Daring di Masa Pandemi, Mahasiswa UNS Raih Juara 3

UNS --- Nama Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta kembali berjaya di ajang nasional. Kali ini...

Membanggakan! Mahasiswa FP UNS Raih Penghargaan Verbal Commendation di Ajang International MUN Conference 65.0 UNDP

UNS --- Mas Shafira Azhari, mahasiswi Program Studi (Prodi) Ilmu Teknologi Pangan Fakultas...

Tingkatkan Tridharma di Bidang Kehutanan, UNS Jajaki Kerja Sama dengan Perhutani

UNS --- Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menjajaki kerja sama dengan Perusahaan Umum...

Rektor UNS Sampaikan Perguruan Tinggi Miliki Peran Strategis dalam Pembangunan Nasional

UNS --- Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Prof. Dr. Jamal Wiwoho, S.H., M.Hum.,...

UNS Jalin Kerja Sama dengan PT. Evos Esports Indonesia

UNS --- Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta sepakat untuk menjalin kerja sama dengan PT....