Prodi Sarjana Terapan Kebidanan FK UNS Gelar Kegiatan Capping Day 2023

Prodi Sarjana Terapan Kebidanan FK UNS Gelar Kegiatan Capping Day 2023

UNS — Program Studi (Prodi) Sarjana Terapan Kebidanan Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menggelar kegiatan Capping Day atau Seremoni Ucap Janji dan Pemasangan Cap, Jumat (17/2/2023). Kegiatan ini diikuti oleh 53 mahasiswa Prodi Sarjana Terapan Kebidanan angkatan 2020 sebelum memulai praktik di lapangan. Kegiatan berlangsung secara luring di Aula Gedung A FK UNS.

Capping Day merupakan rangkaian awal kegiatan praktik mahasiswa berupa seremonial ucap janji dan pemasangan cap profesi. Selanjutnya, mahasiswa akan melaksanakan program praktik komunitas dan pemberdayaan masyarakat selama 9 minggu di wilayah Dinas Kesehatan Kota Surakarta. Kemudian, mahasiswa akan melaksanakan Computer-Based Test (CBT) dan Objective Structured Clinical Examination (OSCE) sebelum memulai Praktik Klinik Kebidanan (PKK).

PKK sendiri merupakan praktik klinik pertama dengan target asuhan kebidanan fisiologis. PKK akan dilaksanakan di Puskesmas wilayah Dinas Kesehatan Kabupaten Sukoharjo, Karanganyar, dan juga Boyolali. Usai melaksanakan PKK, mahasiswa melanjutkan dengan Praktik Belajar Lapangan (PBL). PBL menargetkan mahasiswa untuk mampu belajar bagaimana seorang bidan mengelola wilayah binaan. Terakhir, mahasiswa akan menempuh Praktik Klinik Kebidanan III yang akan dilaksanakan di rumah sakit jejaring.

Usai praktik tersebut diharapkan mahasiswa mampu untuk mengidentifikasi masalah yang ada di masyarakat. Kemudian, mahasiswa mampu menetapkan prioritas setelah mengidentifikasi dengan melibatkan elemen masyarakat, komunitas, dan juga Puskesmas. Mahasiswa juga diharapkan mampu untuk mengambil peran serta dalam mengatasi prioritas masalah yang telah ditentukan dengan melibatkan adanya masyarakat dalam program tersebut.       

Sebanyak 10 mahasiswa akan ditempatkan di Puskesmas Ngoresan dan 43 mahasiswa di Puskesmas Sangkrah. Pemilihan tersebut berdasarkan pada SK Dinas Kesehatan Kota Surakarta yang merupakan wilayah binaan Prodi Kebidanan FK UNS. Praktik komunitas akan dilaksanakan selama 3 minggu terhitung mulai pada 20 Februari 2023 hingga 11 Maret 2023. Pemberdayaan masyarakat akan dilaksanakan selama 5 minggu terhitung mulai 13 Maret 2023 hingga 15 April 2023.

Angesti Nugraheni, S.S.T., M.Kes., selaku Kepala Program Studi (Kaprodi) Sarjana Terapan Kebidanan FK UNS mengatakan bahwa ini merupakan saat bagi mahasiswa mengaplikasikan pengetahuan, teori, dan juga keterampilan klinik yang sudah diperoleh di bangku perkuliahan. Dalam sambutannya, ia turut berpesan agar para mahasiswa dapat fokus memprioritaskan target kompetensi dan capaian pada setiap praktik yang akan dilalui. 

“Tidak lupa saya berpesan untuk selalu menjaga nama baik diri dan nama baik institusi kita, Universitas Sebelas Maret. Kemudian, selama menjalankan tugas selalu berpegang teguh pada kode etik profesi. Jaga selalu sikap, tutur kata, dan perbuatan ketika melakukan praktik di lapangan,” tutur Angesti.

Kegiatan Capping Day turut dihadiri Wakil Dekan Perencanaan, Kerjasama Bisnis, dan Informasi FK UNS, Dr. Selfi Handayani, dr., M.Kes., yang mewakili Dekan FK UNS. Dalam sambutannya, ia menyampaikan bahwa dalam praktik mahasiswa dapat berinteraksi dan berpartisipasi aktif di masyarakat.

“Latihlah sensitivitas anda sebagai tenaga kesehatan agar nanti bisa peduli kepada masyarakat. Dari pengalaman, pengamatan, dan interaksi anda, saya yakin akan menimbulkan suatu pembelajaran positif apabila dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya,” ujar Dr. Selfi.

Dr. Selfi turut berpesan agar para mahasiswa dapat menyerap segala pembelajaran selama berpraktik di lapangan. Baginya, kesalahan dalam proses belajar adalah hal yang wajar. Ada banyak pembimbing yang bisa dijadikan tempat bertanya. Para mahasiswa pun diingatkan untuk dapat menggunakan waktu praktik lapangan ini dengan sebaik-baiknya untuk kesiapan mereka setelah lulus dan terjun ke masyarakat. Humas UNS

Reporter: Rangga Pangestu Adji

Redaktur: Dwi Hastuti

Skip to content