PSB UNS Menggelar ICoDMC 2021

PSB UNS Menggelar ICoDMC 2021

UNS — Pusat Studi Bencana (PSB) Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Sebelas Maret Surakarta menggelar International Conference on Disaster Management and Climate Change (ICoDMC) 2021. Mengangkat tema “Environmental Degradation and Disaster Management”, kegiatan ini terselenggara melalui Zoom Cloud Meeting dan dihadiri lebih dari 300 partisipan dari dalam negeri hingga mancanegara.

Kegiatan ICoDMC 2021 yang terselenggara pada Sabtu (4/9/2021) ini resmi dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerjasama, Bisnis dan Informasi, Prof. Dr. rer. nat. Sajidan, M.Si. Kegiatan ini dinilai telah sejalan dengan visi dan misi UNS yang berkomitmen untuk berkontribusi dalam pembangunan berkelanjutan tidak hanya di tingkat nasional tetapi juga regional dan internasional.

Dari penuturannya, topik yang diusung dalam ICoDMC 2021 dinilai cukup penting. Prof. Sajidan mengaku yakin kontribusi partisipan akan bermanfaat bagi inisiatif pengelolaan risiko bencana dan lingkungan.

PSB UNS Menggelar ICoDMC 2021

“Seperti yang kita ketahui, pengurangan risiko bencana dan lingkungan telah menjadi inisiatif global sejak beberapa dekade yang lalu. Namun demikian, perlu strategi untuk memitigasi potensi bencana dan kerusakan lingkungan secara lebih efisien,” tutur Prof. Dr.rer.nat. Sajidan, M.Si.

Kepala PSB UNS, Prof. Dr. Chatarina Muryani, M.Si., dalam sambutannya menjelaskan peran penting dalam publikasi hasil penelitian tentang kerusakan lingkungan dan kebencanaan dalam pengelolaan lingkungan dan kebencanaan.

“Kini para pakar lingkungan dan kebencanaan berkumpul dan menyelenggarakan seminar ini sebagai wadah untuk mengkomunikasikan penemuan dan ide-ide baru, mengungkapkan dan menyebarluaskan perkembangan ilmiah terkait, dan mendiskusiannya bersama para ilmuwan di bidang lingkungan, kebencanaan, dan disiplin ilmu pendukung lainnya baik secara nasional maupun internasional,” terang Prof. Dr. Chatarina Muryani, M.Si.

PSB UNS Menggelar ICoDMC 2021

Berdasarkan penuturannya juga, seluruh makalah yang diterima pada ICoDMC 2021 akan dipublikasikan dalam IOP Conference Series: Earth and Environmental Science sebagai prosiding terindeks scopus yang nantinya akan berkontribusi dalam memperkuat posisi akademik UNS dan seluruh partisipan.

Diskusi dan pemaparan materi terbagi menjadi 2 sesi yang disampaikan oleh para pembicara dalam bidang ilmu terkait.

Turut hadir dalam kegiatan ini Dr. Raditya Jati, S.Si., M.Si selaku Deputi Bidang Sistem dan Strategi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Indonesia. Dalam kesempatan tersebut, Dr. Raditya Jati, S.Si., M.Si menjadi keynote speaker dengan topik “Disaster Management in Indonesia” yang dimoderatori oleh Dr. Yasin Yusup, S.Si., M.Si.

Sesi pertama ICoDMC 2021 menghadirkan Prof. J.C. Gaillard dari University of Auckland, New Zealand dan Prof. Josaphat Tetuko Sri Sumantyo dari Chiba University, Jepang. Sesi ini dimoderatori oleh Ahmad Marzuki, S.Si., Ph.D. Presentasi oleh Prof. J.C. Gaillard berkaitan pada topik “The epistemological non-sense of disaster studies”. Selanjutnya presentasi oleh Prof. Josaphat Tetuko Sri Sumantyo membahas topik “GIS For Disaster Management”.

Pada sesi kedua, turut hadir Assoc Prof. Mohd Hairy Ibrahim dari Sultan Idris Education University, Malaysia; Dr. Rita Noviani, M.Sc dari PSB UNS; dan Dr. (Cand) Sorja Koesuma, S.Si., M.Si dari PSB UNS. Presentasi oleh Assoc Prof. Mohd Hairy Ibrahim membawakan topik “Climate Change and Disaster Challenges and SDGs Approach For Mitigation”. Berikutnya Dr. Rita Noviani, M.Sc., menyampaikan presentasi terkait topik “Capacity Building For Institutions and Communities in Disaster Management”. Ditutup oleh Dr. (Cand) Sorja Koesuma, S.Si., M.Si dengan presentasinya terkait topik “The Challenge of Flood Early Warning System in Central Java Indonesia”. Pada sesi kedua ini, Anton Subarno, S.Pd., M.Pd., Ph.D., menjadi moderator yang memandu jalannya kegiatan. Humas UNS

Reporter: Rangga Pangestu Adji
Editor: Dwi Hastuti

Skip to content