UNS — Pusat Unggulan Iptek (PUI) Javanologi Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menginisasi pemberian bantuan peralatan digitalisasi naskah kuno kepada perpustakaan Rekso Pustoko Pura Mangkunegaran.

Bantuan berasal dari keluarga Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI periode 1999-2004 Akbar Tandjung, yang terdiri dari dua unit komputer dan satu buah kamera digital.

Acara penyerahan bantuan yang digelar di perpustakaan Rekso Pustoko Pura Mangkunegaran, Selasa (27/7/2021), dihadiri oleh Ketua PUI Javanologi UNS Prof. Sahid Teguh Widodo, wakil dari keluarga besar Akbar Tandjung Rory I. Danisworo beserta istri, penghageng Mondropuro Pura Mangkunegaran Supriyanto, dan wakil dari perpustakaan Rekso Pustoko Pura Mangkunegaran Darweni, M. Hum.

Prof. Sahid mengatakan, perpustakaan Rekso Pustoko Pura Mangkunegaran yang sudah berdiri sejak 11 Agustus 1867 di masa pemerintahan KGPAA Mangkunegoro IV, merupakan sumber ilmu pengetahuan.

Oleh sebab itu, di cyber virtual era ini, perlu adanya upaya perlindungan dan penataan koleksi kuno agar dapat dimanfaatkan secara lebih baik dan lebih meluas.

“Kita tahu perpustakaan Rekso Pustoko Pura Mangkunegaran itu sudah berabad-abad. Sudah berjalan dalam kurun waktu yang lama, perpustakaan Rekso Pustoko telah banyak menghantarkan putra-putri bangsa Indonesia untuk menyelesaikan studi pada level S1, S2, dan S3 dengan hasil penelitian secara umum cukup membanggakan,” ujarnya.

PUI Javanologi UNS Inisiasi Bantuan Peralatan kepada Perpustakaan Rekso Pustoko dari Keluarga Akbar Tandjung

Ia menambahkan, PUI Javanologi UNS yang bertindak sebagai inisiator, berinisiatif membantu perpustakaan Rekso Pustoko Pura Mangkunegaran untuk merealisasikan gagasan digitalisasi naskah.

Oleh sebab itu, PUI Javanologi UNS yang memiliki jejaring dengan berbagai pihak, membantu perpustakaan Rekso Pustoko Pura Mangkunegaran untuk mencari pihak yang dapat menjadi penyandang dana.

Dan, dari proses penjajakan yang telah dilakukan, PUI Javanologi UNS menjalin komunikasi dengan keluarga besar Akbar Tandjung, yang dalam hal ini mendapat restu dari istri Akbar Tandjung, Nina Akbar Tandjung.

“Ternyata ide ini sangat didukung. Dan, juga kita dari PUI Javanologi sudah menghubungi Gusti Retno Rosadi ‘Gusti Rus’ sebagai pengageng perpustakaan dari pihak Pura Mangkunegaran ternyata juga menyambut dengan baik,” tambah Prof. Sahid.

Dengan diberikannya bantuan peralatan digitalisasi naskah kuno kepada perpustakaan Rekso Pustoko Pura Mangkunegaran, Prof. Sahid berharap alat-alat tersebut dapat dimanfaatkan dengan baik guna mendukung pengembangan penelitian, khususnya di bidang filologi, sastra, dan bahasa.

“Kita sebagai inisiator, kita bertanggung jawab dengan mengadakan pelatihan perawatan naskah dan digitalisasi,” imbuhnya.

Perhatian PUI Javanologi UNS terhadap Perawatan Naskah Kuno

PUI Javanologi UNS Inisiasi Bantuan Peralatan kepada Perpustakaan Rekso Pustoko dari Keluarga Akbar Tandjung

Saat diwawancarai uns.ac.id, Prof. Sahid mengungkapkan, pihaknya juga menaruh perhatian terhadap naskah-naskah kuno yang berada di Sono Pustaka Keraton Kasunanan Hadiningrat.

Prof. Sahid mengaku prihatin dan khawatir dengan Sono Pustaka Keraton Kasunanan Hadiningrat, yang menurut kabar terakhir yang ia terima, gentingnya sudah mengalami kebocoran.

Oleh sebab itu, ia ingin naskah-naskah kuno yang ada di Sono Pustaka di Keraton Kasunanan Hadiningrat dapat terselamatkan beserta seluruh isinya.

“Ya, harapan kami bahwa tidak hanya di Rekso Pustaka Pura Mangkunegaran tapi juga di Sono Pustaka di Keraton Kasunanan Hadiningrat. Saat ini Perpustakaan Sono Pustaka itu ditutup, sehingga kita sangat khawatir keadaan naskahnya seperti apa,” ungkap Prof. Sahid.

Ia mengharapkan PUI Javanologi UNS dapat bertemu dan meminta izin kepada S.I.S.K.S Pakubuwana XIII agar diperbolehkan untuk merawat dan mendigitalisasikan naskah-naskah kuno di Sono Pustaka Keraton Kasunanan Hadiningrat, seperti di Rekso Pustaka Pura Mangkunegaran.

“PUI Javanologi UNS akan tetap concern dan tetap akan di jalur yang kita anggap benar untuk kemajuan keilmuan ini, khususnya untuk mendorong UNS sebagai pusat pengembangan kebudayaan Jawa di seluruh dunia untuk world class university. Kita memang siap untuk mendukung dari aspek kebudayaan,” pungkasnya. Humas UNS

Reporter: Yefta Christopherus AS
Editor: Dwi Hastuti

Suka dengan artikel ini?

Tingkatkan Pertumbuhan Sayur dan Buah, Mahasiswa UNS Rancang Alat Penyiram Otomatis dan Humidity Controller

UNS --- Mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta tak pernah kehabisan akal untuk...

Prodi Sosiologi Fisip UNS Teken Kerja Sama dengan UIN Ar-Raniry Aceh

UNS --- Pada September 2021 ini, Program Studi (Prodi) S1 Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan...

Tim KKN UNS 148 Sosialisasikan Bahaya Covid-19 dan Vaksinasi untuk Lansia di Desa Gombang, Boyolali

UNS --- Pandemi Covid-19 sudah berlangsung hampir dua tahun. Sejumlah varian baru yang lebih...

Solutif dan inovatif, Mahasiswa UNS Ciptakan Pelapis Antivirus Berbasis Selulosa sebagai Alternatif Pencegahan Penyebaran Covid-19

UNS --- Tiga mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta melakukan inovasi di tengah...

Dosen UNS Gelar Pendampingan Industri Jersey Printing melalui Kegiatan Pengabdian Masyarakat

UNS --- Jersey merupakan pakaian yang sering dipakai untuk kegiatan permainan sepak bola. Namun,...

FEB UNS Gelar Pelatihan Alat Analisis Kuantitif – IBM SPSS

UNS --- Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta mengadakan...

Bimbingan Karir dan ‘Planner Book’, Program Gagasan Mahasiswa UNS Guna Mengurangi Kecemasan Karir Tunarungu

UNS --- Terobosan baru kembali dilakukan oleh mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta...

Kreatif dan Solutif, Tiga Mahasiswa UNS Sulap Limbah Tandan Kosong Kelapa Sawit Menjadi Plester Terapi Luka Diabetes

UNS --- Selama ini, Tandan Kosong Kelapa Sawit (TKKS) hanya dianggap sebagai limbah padat hasil...

Mahasiswa UNS Ciptakan Sabun Kertas Berbahan Alami

UNS --- Berkontribusi dalam menyelesaikan permasalahan akibat pandemi Covid-19, lima mahasiswa...

Tingkatkan Minat Bercocok Tanam Warga, Kelompok 333 KKN UNS Kenalkan Sistem Hidroponik

UNS --- Hidroponik menjadi salah satu inovasi dalam bercocok tanam yang makin menarik perhatian...