Sebagai Wujud Internasionalisasi PT, FISIP UNS Sukses Gelar ICOSAPS 2022

UNSInternational Conference on Social and Political Sciences (ICOSAPS) sebagai agenda internasionalisasi Perguruan Tinggi (PT) kembali dilaksanakan. Dengan mengangkat tajuk ‘Transformation in Times of Crisis’, ICOSAPS 2022 diselenggarakan secara daring melalui Zoom Cloud Meeting, pada Rabu-Kamis (3-4/8/2022).

Kegiatan ini menghadirkan 3 pembicara dari luar negeri yaitu Prof. Ann R Tickamyer, Dept. of Agricultultural Economics, Sociology & Education, Pennsylvania State University, USA; Assoc. Prof. Minako Sakai, School of Humanities and Social Sciences, University of New South Wales Canberra, Australia; dan Assoc. Prof. Sabariah Mohammed Saleh, Faculty of Social Sciences & Humanities, Universiti Kebangsaan Malaysia. Serta 2 pembicara berasal dari Indonesia yaitu Assoc. Prof. Ign. Agung Satyawan, Dosen FISIP UNS dan Assoc. Prof. Andy Fefta Wijaya, Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya.

Dr. Yuyun Sunesti, Ketua Penyelenggara ICOSAPS menyampaikan bahwa kegiatan internasional ini bertujuan untuk bertukar gagasan dan riset-riset terbaru dari banyak perspektif akademisi, peneliti dan pengambil kebijakan dengan berbagai latar belakang untuk menjawab isu-isu terkini seputar transformasi yang terjadi dalam berbagai periode krisis di dunia. Terutama dalam menghadapi pandemi Covid-19 yang terjadi selama tiga tahun terakhir. Selain itu, kegiatan ini juga diadakan untuk membuka jalinan relasi ilmiah antar akademisi, peneliti dan pengambil kebijakan dalam skala internasional.

Sebagai Wujud Internasionalisasi PT, FISIP UNS Sukses Gelar ICOSAPS 2022

“Kegiatan ini untuk merespon berbagai perubahan yang terjadi dalam periode krisis di berbagai negara terutama semenjak pandemi Covid-19 yang menghantam semua belahan dunia. Tuntutan beradaptasi dengan kondisi baru sejak pandemi Covid-19 melanda memaksa berbagai akademisi, peneliti dan pengambil kebijakan untuk menemukan solusi-solusi baru yang adaptif dan inovatif sehingga proses adaptasi tersebut dapat berjalan baik dan tidak menimbulkan gejolak-gejolak sosial yang melumpuhkan sendi-sendi kehidupan masyarakat dan negara,” tuturnya.

Lebih lanjut, Dr. Yuyun Sunesti juga menyampaikan bahwa kegiatan ini menjadi forum yang strategis untuk para peserta dalam mengetahui isu-isu baru, bertukar pikiran, serta menjalin relasi dengan para akademisi, peneliti dan pengambil kebijakan. Hal ini dilakukan supaya ditemukan solusi-solusi yang konstruktif untuk bangkit dan resilien dari berbagai krisis yang melanda masyarakat dan berbagai negara di saat ini dan masa mendatang.

“Hasil-hasil riset yang dipresentasikan oleh peserta baik secara presentasi langsung maupun rekaman video dalam konferensi ini akan diterbitkan dalam jurnal-jurnal dan prosiding yang sudah bekerja sama dengan konferensi ini, yaitu 9 jurnal nasional terakreditasi SINTA, 1 jurnal terakreditasi scopus, dan prosiding internasional terindeks,” ujar Dr. Yuyun Sunesti.

ICOPAS 2022 ini didukung penuh oleh 4 asosiasi program studi yaitu Asosiasi Ilmu Hubungan Internasional Indonesia (AIHII), Asosiasi Program Studi Sosiologi Indonesia (APSSI), Indonesian Asscociation for Public Administration (IAPA), dan Asosiasi Pendidikan Tinggi Ilmu Komunikasi (Aspikom).

Selain itu, ICOSAPS 2022 atau konferensi internasional FISIP ini merupakan perhelatan yang ke-7 dan diikuti oleh lebih dari 250 peserta dari berbagai PT dan institusi dalam dan luar negeri. Beberapa peserta dari luar negeri diantaranya dari Malaysia, Singapura, Thailand, Taiwan, Pakistan, China, Korea Selatan, Australia, dan Spanyol. Humas UNS

Reporter: Erliska Yuniar Purbayani
Editor: Dwi Hastuti

Skip to content