UNS — Program Studi (Prodi) S2 Pendidikan Sains Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menyelenggarakan acara Webinar Series #4 pada Senin (1/8/2022) dengan mengangkat tema “Miskonsepsi Dalam Pembelajaran Sains”. Webinar kali ini menghadirkan Wakil Rektor Bidang Kerjasama, Magang, Publikasi, Penjaminan Mutu dan Alumni Universitas PGRI Madiun sekaligus Dosen Prodi S1 Pendidikan Fisika FKIP Universitas PGRI Madiun, Dr. Jeffry Handhika, S.Si, M.Pd, M.Si. sebagai narasumber.

Kegiatan webinar ini dilatarbelakangi karena masih adanya miskonsepsi yang dimiliki peserta didik dalam pembelajaran sains. Oleh karena itu perlu ada konfirmasi dari seorang guru untuk meluruskan miskonsepsi tersebut. Selain itu, mahasiswa sebagai calon guru juga perlu diberi pemahaman kembali terkait konsep dalam pembelajaran sains. Tujuan diadakan webinar ini adalah untuk mendiskusikan serta menjawab berbagai permasalahan terkait miskonsepsi dalam pembelajaran sains. Dengan harapan para peserta mendapat gambaran dan pemikiran baru untuk menghadapi miskonsepsi yang dimiliki oleh peserta didik.

Dalam sambutannya, Dr. Sarwanto, S.Pd, M.Si Selaku Kepala Prodi S2 Pendidikan Sains FKIP UNS menyampaikan bahwa melalui kegiatan webinar ini diharapkan mahasiswa dapat memahami konsep secara baik. “Semoga nantinya ketika (mahasiswa) terjun sebagai guru maupun dosen dapat mengimplementasikannya sebagai usaha untuk mengurangi miskonsepsi, terlebih dalam pembelajaran sains membutuhkan pemahaman konsep yang baik, karena terdapat materi yang abstrak dan dapat berpotensi menimbulkan miskonsepsi,” ujar Dr. Sarwoto.

Dr. Jeffry Handhika, dalam paparannya menyampaikan bahwa saat di kelas, kita tidak boleh menganggap siswa seperti kertas putih. “Siswa memiliki berbagai pengetahuan berupa konsep dan konsepsi yang berbeda- beda karena mendapat sumber yang berbeda. Adapun sumber yang mendorong adanya konsepsi adalah intuisi, guru, bahasa keseharian, sumber belajar dan web/blog tanpa sumber terpercaya,” terang Dr. Jeffry.

Lebih lanjut, Dr. Jeffry juga memberikan beberapa cara untuk mengurangi miskonsepsi pada siswa, khususnya di tengah perkembangan teknologi informasi saat ini.

“Cara yang dapat diterapkan untuk mengurangi atau menanggulangi miskonsepsi pada siswa adalah dengan, (terus) men-update sumber belajar, menguatkan pemahaman konsep keilmuan guru atau dosen sehingga mereka tidak memiliki miskonsepsi, menguasai teknologi untuk memverifikasi informasi dan mengembangkan kemampuan tingkat tinggi serta keterampilan abad-21. Peserta didik saat ini harus dibekali keterampilan abad-21 dan critical thinking untuk memahami kebenaran informasi yang tersedia di berbagai sumber yang belum teruji kredibilitasnya,” tambah Dr. Jeffry Handhika. Humas UNS

Reporter: Adisti Daniella Maheswari
Editor: Dwi Hastuti

Suka dengan artikel ini?

Panitia Kerja Penghargaan Purnabakti Profesor UNS Lakukan Kunjungan Kerja ke UPI dan Unpad

UNS --- Panitia Kerja Penghargaan Purnabakti Profesor Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta...

UKM Pramuka UNS, di Balik Pasukan Pengibar Bendera Upacara Kemerdekaan RI

UNS --- Disiplin, berani, dan setia. Itulah salah satu isi Dasa Darma Pramuka yang senantiasa...

Perluas Jejaring Internasional, UNS Jalin Kerja Sama dengan The University of Newcastle, Australia

UNS --- Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menjalin kerja sama internasional dengan The...

UPT KLI UNS Gelar Workshop Pendampingan Persiapan Studi Lanjut ke Amerika Serikat

UNS --- UPT Kerja Sama dan Layanan International (KLI) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta...

Dekan FH UNS Terpilih sebagai Ketua BKS FH-PTN Wilayah Tengah

UNS --- Dekan Fakultas Hukum (FH) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Prof. Dr. I Gusti Ayu...

Mahasiswa UNS Raih Juara 1 Lomba Debat Nasional

UNS --- Prestasi membanggakan kembali diukir oleh mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS)...

Pengalaman Mahasiswa UNS Mengajar BIPA di Negeri Gajah Putih

UNS --- Aldi Dwi Saputra, mahasiswa Jenjang S-2 Program Studi (Prodi) Pendidikan Bahasa Indonesia...

UNS Canangkan Kerja Sama dengan Kansas State University

UNS --- Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta mencanangkan kerja sama dengan Kansas State...

Peringati HUT ke-6, RS UNS Berikan Layanan Unggulan

UNS --- Rumah Sakit (RS) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta tepat berusia 6 tahun pada Rabu...

Kebut MBKM, FMIPA UNS Jalin Kerja Sama dengan BPS Boyolali dan Karanganyar

UNS --- Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Sebelas Maret (UNS)...