UNS — Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Prof. Dr. Jamal Wiwoho, S.H., M.Hum. memberikan apresiasi kepada Paduan Suara Mahasiswa (PSM) Voca Erudita yang baru saja mengharumkan nama Indonesia di kancah Internasional. Rektor UNS beserta jajaran langsung menyambut kehadiran tim PSM Voca Erudita usai mengikuti kompetisi Paduan Suara Internasional dalam ajang 4th Tokyo International Choir Competition di Harumi, Tokyo, Jepang yang diselenggarakan pada tanggal 29-31 Juli 2022.

“Tim PSM Voca Erudita sampai Solo kemarin Kamis (4/8/2022). Kami sengaja menyambut secara khusus, karena PSM Voca Erudita telah membuktikan mampu mengharumkan nama UNS di kancah internasional,” terang Prof. Jamal saat menyambut kedatangan Tim PSM Voca Erudita di Gedung UNS Tower Ki Hadjar Dewantara, Jumat (5/8/2022).

Di dalam pencapaian Indikator Kinerja Utama (IKU), salah satu aktivitas kegiatan kemahasiswan adalah rekognisi atau pengakuan internasional. “Sehingga kalau ada kegiatan internasional yang berpotensi untuk berkompetisi di tingkat internasional, insyaalloh akan kami backup semuanya. Setidak-tidaknya pada RKP tahun 2023 yang akan datang kami menyiapkan dana minimal Rp. 2 miliar untuk Voca Erudita. Sehingga kalau mau berkompetisi kemana-mana tidak bingung dengan anggaran, karena UNS sudah menyiapkan,” ujar Prof. Jamal disambut tepuk tangan oleh seluruh Tim PSM Voca Erudita.

Prof. Jamal berharap Tim PSM Voca Erudita tidak puas dengan prestasi yang sekarang. “Semoga tahun depan kembali mengharumkan nama UNS di tingkat internasional,” terang Prof. Jamal.

Sementara itu, perwakilan PSM Voca Erudita, Lintang Utami mengatakan, Tokyo International Choir Competition merupakan kompetisi tahunan yang digagas oleh International Choral Organization Of Tokyo, yang dipimpin oleh Ko Matsushita. Voca Erudita berkesempatan untuk mengikuti Kompetisi tersebut di tahun keempat kompetisi Tokyo Internasional Choir Competition.

“Atas berkat Tuhan, setelah melalui beberapa babak seleksi sejak akhir tahun lalu, Voca Erudita menjadi salah satu paduan suara yang berkesempatan  menunjukkan kemampuannya di Dai Ichi Seimei Hall, Harumi, Tokyo, bersama 44 peserta lainnya dari 5 negara yang berbeda,” terang Lintang yang merupakan mahasiswa dari Program Studi (Prodi) Agribisnis ini.

Dalam proses dan perjalanan kompetisi ini, tim Voca Erudita yang beranggotakan 37 orang, didampingi oleh Pringgo Widyo Laksono, Ph.D. Eng, selaku pembina, satu orang official, dan dua conductor, Mas Redi Sabtono serta Mas Ardian Dika Adhyatma

Voca Erudita mengikuti 3 kategori dari total 11 kategori yang diselenggarakan dalam kompetisi ini, yaitu Kategori F – Mixed Choir, Kategori G – Contemporary Music, dan

Kategori H – Folklore Music. Dari ketiga kategori tersebut, Voca Erudita berhasil menyabet gelar Champion of Mixed Choir Category,  Champion of Contemporary Category, dan Champion of Folklore Category. Tak hanya menjuarai setiap kategori yang mereka ikuti, Voca Erudita juga berhasil memperoleh 3 penghargaan lain yaitu Best Interpretation of Mixed Choir Compulsory Song “Aki Kaze Ni”, Best Interpretation of Contemporary Song Category “Under The Sea”, dan Best Interpretation of Baroque Choral Works “Die Himmel Erzählen Die Ehre Gottes”.

Memboyong kemenangan pada setiap kategori mengantarkan Voca Erudita masuk ke babak Grand Prix dan menyabet gelar Grand Champion of 4th Tokyo International Choir Competition. Pada babak Grand Prix, Voca Erudita menyanyikan lagu Enjoy The Silence dan Janger (Lagu daerah Bali).

Voca Erudita menjadi satu-satunya perwakilan Indonesia dari 6 paduan suara lain yang berasal dari Jepang dan Spanyol. Prestasi yang dituai Voca Erudita kali ini tak lepas dari doa dan dukungan berbagai pihak yaitu Hutama Karya, PT Unimitra Kharisma, PLN, PT Indofood, PT Sritex, Solo Paragon, dan Rosalia Indah.

Sambut Kedatangan dari Jepang, Rektor UNS Berikan Apresiasi Kepada PSM Voca Erudita

“Voca Erudita turut  mengucapkan  banyak terima kasih kepada universitas yang  kami cintai dan juga kami banggakan UNS. Terima kasih kepada Bapak Rektor dan Pejabat Rektorat,Ketua lembaga, Direktur, Kabiro Mawa atas segala bentuk kepercayaan dan dukungan yang telah diberikan sehingga Voca Erudita dapat mengharumkan nama Indonesia khususnya kota Surakarta,” ujarnya.

Harapan kedepannya semoga segala prestasi yang diperoleh Voca Erudita dapat memberikan semangat dan inspirasi bagi anak bangsa untuk terus berkarya bagi harumnya nama Ibu Pertiwi. Humas UNS
Reporter: Dwi Hastuti

Suka dengan artikel ini?

Panitia Kerja Penghargaan Purnabakti Profesor UNS Lakukan Kunjungan Kerja ke UPI dan Unpad

UNS --- Panitia Kerja Penghargaan Purnabakti Profesor Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta...

UKM Pramuka UNS, di Balik Pasukan Pengibar Bendera Upacara Kemerdekaan RI

UNS --- Disiplin, berani, dan setia. Itulah salah satu isi Dasa Darma Pramuka yang senantiasa...

Perluas Jejaring Internasional, UNS Jalin Kerja Sama dengan The University of Newcastle, Australia

UNS --- Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menjalin kerja sama internasional dengan The...

UPT KLI UNS Gelar Workshop Pendampingan Persiapan Studi Lanjut ke Amerika Serikat

UNS --- UPT Kerja Sama dan Layanan International (KLI) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta...

Dekan FH UNS Terpilih sebagai Ketua BKS FH-PTN Wilayah Tengah

UNS --- Dekan Fakultas Hukum (FH) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Prof. Dr. I Gusti Ayu...

Mahasiswa UNS Raih Juara 1 Lomba Debat Nasional

UNS --- Prestasi membanggakan kembali diukir oleh mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS)...

Pengalaman Mahasiswa UNS Mengajar BIPA di Negeri Gajah Putih

UNS --- Aldi Dwi Saputra, mahasiswa Jenjang S-2 Program Studi (Prodi) Pendidikan Bahasa Indonesia...

UNS Canangkan Kerja Sama dengan Kansas State University

UNS --- Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta mencanangkan kerja sama dengan Kansas State...

Peringati HUT ke-6, RS UNS Berikan Layanan Unggulan

UNS --- Rumah Sakit (RS) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta tepat berusia 6 tahun pada Rabu...

Kebut MBKM, FMIPA UNS Jalin Kerja Sama dengan BPS Boyolali dan Karanganyar

UNS --- Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Sebelas Maret (UNS)...