Search
Close this search box.

Tim Bengawan UV UNS Bawa Pulang Juara 3 Kompetisi Internasional SAFMC

UNS – Organisasi Kemahasiswaan (Ormawa) Bengawan UV Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta kembali membawa pulang penghargaan dalam Kompetisi Internasional Singapore Amazing Flying Machine Competition (SAFMC). Dalam kompetisi tersebut, Tim Bengawan UV UNS mengirimkan 9 perwakilan delegasi dan berhasil meraih juara 3 pada kategori D2 : Multi Machine pesawat tanpa awak yang bernama Nakula dan Sadewa.

Kompetisi ini diselenggarakan setiap tahun oleh DSO National Laboratories and Science Centre Singapore dan didukung oleh Kementerian Pertahanan Singapore (MINDEF). Kompetisi digelar pada tanggal 20 Maret hingga 2 April 2024 lalu di Science Centre, Singapore.

β€œPada tahun ini, kami kembali dapat mengikuti kompetisi SAFMC setelah terakhir kali mengikuti kompetisi pada tahun 2021. Kami mendapatkan kesempatan mengikuti SAFMC secara offline, di mana pada tahun 2021 kami belum dapat mengikuti kompetisi offline dikarenakan dalam masa pandemic,” terang Fido, Ketua Tim delegasi.

Persiapan untuk kompetisi ini telah dilakukan sejak 4 bulan sebelum perlombaan. Fido menuturkan bahwa banyak rintangan yang didapatkan selama persiapan. Namun menurut Fido dan team, rintangan tersebut bukan menjadi alasan untuk mematahkan semangat dan impian agar bisa membawa Bengawan UV UNS ke kancah Internasional di bidang Unmanned Aerial Vehicle (UAV).

General Manager Bengawan UV, Daffa Putra berharap untuk kedepannya Tim Bengawan UV dapat mengikuti lebih banyak kompetisi pada tingkat Nasional maupun Internasional dan melakukan riset lebih baik lagi agar dapat bermanfaat bagi masyarakat.

β€œIni kali pertama kami menghadiri SAFMC secara luring, masih banyak hal yang harus kami benahi agar kedepannya dapat mencapai target yang lebih besar serta memperkuat posisi untuk tetap eksis di kancah internasional,” ujarnya seperti dikutip dari ft.uns.ac.id, Kamis (2/5/2024). HUMAS UNS

https://uns.ac.id
https://www.instagram.com/uns.official

Scroll to Top
Skip to content