UNS — Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta sukses menyelenggarakan konferensi internasional yang bertajuk ‘Youth International Conference For Global Health 2022’, pada Sabtu (17/9/2022). Konferensi internasional tersebut merupakan hasil kerja sama Pusat Studi Demokrasi dan Ketahanan Nasional (Pusdemtanas) Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) UNS dengan Biro Akademik dan Kemahasiswaan UNS.

Tajuk utama yang diangkat serta menjadi tema besar pembahasan pada konferensi ini yaitu ‘Strengthening a Comprehensive Global Health Architecture To Realize World Collaboration in Facing A Pandemic’.  Adapun tajuk tersebut dikupas dengan sangat lengkap oleh Dr. Sergio Da Lobo, WHO Consultant from Timor Leste sebagai keynote speaker, serta tiga narasumber yaitu dr. Tonang Dwi Aryanto, Ph.D., Viddy Firmandiaz, dan Dr. Sunny Ummul Firdaus. Keberjalanan konferensi dan diskusi ini menjadi sangat interaktif yang dipimpin oleh Rachma Indriyani, LL.M., Ph.D. sebagai moderator.

Konferensi ini diikuti oleh Mahasiswa Internasional UNS meliputi Timor Leste, Egypt, Bangladest, Sudan, Nigeria, Suriname, Chad, Algeria, Izwanda, Yaman, Turkmenistan, Uganda, Suriah dan mahasiswa S-1 UNS serta mahasiswa umum universitas di Indonesia. Kegiatan ini diawali dengan adanya laporan ketua pelaksana yang disampaikan oleh R Prihandjojo Andri Putranto, dr., M.Si. Dilanjutkan dengan adanya opening remark yang disampaikan oleh Rektor UNS, Prof. Dr. Jamal Wiwoho, S.H., M.Hum. dan Wakil Rektor Akademik dan Kemahasiswaan UNS, Prof. Dr. Ir. Ahmad Yunus. M.S. yang sekaligus membuka konferensi tersebut secara resmi.

UNS Sukses Selenggarakan Youth International Conference for Global Health 2022

Setelah penyampaian opening remarks, dilanjutkan dengan adanya keynote speaker yang disampaikan oleh Dr. Sergio Da Lobo, dimana beliau menjelaskan mengenai adanya kondisi Covid-19 selama dua sampai tiga tahun ini yang mengejutkan dunia terkhusus dengan adanya dampak sosial ekonomi dan dampak kesehatan yang besar.

“Sehingga dengan adanya pengalaman usaha pencegahan dan penanganan yang besar pada penyebaran Covid-19 menjadikan adanya pembelajaran untuk menciptakan adanya konstruksi global penanganan pandemi mulai dari kebijakan pemerintah, sistem penanganan kesehatan yang sesuai, kerja sama antar masyarakat maupun antar negara serta adanya kebijakan pada sistem ekonomi finansial,” ujar Dr. Sergio Da Lobo.

Pemaparan materi inipun disambung dengan materi bertopik mengenai “Learning from the Past for Possible Next Pandemi” yang disampaikan oleh dr. Tonang Dwi Ardyanto, Ph.D. Adapun materi tersebut memberikan penjelasan mengenai sejarah penyebaran pandemi di dunia, perkembangan kasus pandemi Covid-19, pembelajaran selama pandemi Covid-19, serta menjelaskan langkah apa saja yang harus dipersiapkan untuk menghadapi kemungkinan munculnya pandemi selanjutnya.

Selanjutnya dengan adanya pembelajaran mengenai permasalahan hukum yang terjadi selama penyebaran Covid-19 pada masyarakat Indonesia, menjadi dasar Dr. Sunny Ummul Firdaus memberikan pemaparan materi mengenai roadmap hukum pelaksanaan vaksinasi wabah penyakit yang mencakup penyelesaian dan rekomendasi atas lima permasalahan yang terjadi. Diantaranya yaitu mengenai payung hukum penelitian pengembangan vaksin, penolakan vaksin oleh masyarakat, pengelolaan dan distribusi vaksin Covid-19, jaminan kualitas vaksin, dan target vaksinasi Covid-19.

UNS Sukses Selenggarakan Youth International Conference for Global Health 2022

“Adapun konsep ideal yang dapat diterapkan guna mengatasi hal tersebut yaitu melakukan pembenahan substansi hukum, sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat, membuat strategi komunikasi dan targeting masyarakat, melakukan evaluasi permasalahan hukum, membuat payung hukum penjaminan uji klinis vaksin dan koordinasi dengan stakeholder terkait,” terang Dr. Sunny.

Rektor UNS, Prof. Dr. Jamal Wiwoho, S.H., M.Hum. dalam sambutannya menyampaikan bahwa konferensi internasional yang dilaksanakan ini akan memberikan nilai kebaruan dalam bidang edukasi, inovasi kesehatan yang lebih baik, dan memberikan kontribusi positif pada lingkungan kehidupan masyarakat guna menghadapi pandemi selanjutnya.

“Hal tersebut dapat dilihat dari adanya berbagai ide dan inovasi yang dituangkan oleh partisipan konferensi melalui paper ilmiah yang dibuat berdasarkan masing-masing sub tema. Adapun paper ilmiah yang sudah dipresentasikan ini nantinya juga akan dipublikasi pada proceeding terindeks Atlantis Press,” tutur Prof. Jamal.

Dengan adanya kegiatan konferensi ini, dr. Andri Putranto selaku ketua pelaksana berharap kegiatan ini dapat memberikan sumbangsih keilmuan yang besar. Khususnya guna mempersiapkan upaya pencegahan maupun penanganan di berbagai sektor kehidupan yang akan terdampak oleh adanya perkembangan pandemi.

UNS Sukses Selenggarakan Youth International Conference for Global Health 2022

“Dengan adanya ide dan inovasi yang disampaikan pada konferensi ini tentu akan menjadi novelty dan rekomendasi tersendiri bagi Indonesia dan negara lain untuk mempersiapkan kebijakan dan upaya penguatan pada bidang kesehatan global serta dapat mendorong adanya upaya kerja sama internasional. Dan kesuksesan konferensi ini tak lepas dari dukungan dan support dari BPD Bank Jateng,” pungkas dr. Andri. Humas UNS

Reporter: Erliska Yuniar Purbayani
Redaktur: Dwi Hastuti

Suka dengan artikel ini?

[posts_like_dislike]

FK UNS Terima Kunjungan dari SMA Science Plus Baitul Quran Boarding School Sragen

UNS --- Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menerima kunjungan dari...

Dokter RS UNS Sampaikan Cara Kenali Gejala Kanker Payudara

UNS --- Kanker payudara merupakan jenis penyakit kanker yang paling banyak ditemukan di dunia....

UNS Raih Penghargaan AMSI Jateng Digital Award 2022

UNS --- Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta memperoleh penghargaan sebagai Pemenang diajang...

Prodi S-2 Ilmu Linguistik UNS Mengadakan Kuliah Pakar Peran Kajian Bahasa dalam Konteks Digital

UNS --- Program Studi (Prodi) S-2 Ilmu Linguistik Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Sebelas...

BEM FP UNS Bersama UMKM Desa Ngunut Mengunjungi UMKM Progress Jogja yang Sudah Go International

UNS --- Tim Progam Penguatan Kapasitas (PPK) Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Pertanian...

UNS Jalin Kerja Sama dengan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan

UNS --- Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta resmi menjalin kerja sama dengan Badan...

Siapkan Pendidik Berkualitas di Era Merdeka Belajar, S-2 PBI UNS Adakan Seminar Nasional

UNS --- Program studi (Prodi) S-2 Pendidikan Bahasa Indonesia (PBI) Fakultas Keguruan dan Ilmu...

Sekolah Pascasarjana UNS Mengadakan Sosialisasi Kebijakan Akademik bagi Mahasiswa Baru

UNS --- Sekolah Pascasarjana Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta mengadakan sosialisasi...

Pelamar Pegawai Non-PNS UNS Ikuti Tes Kemampuan Dasar

UNS --- Ratusan pelamar pegawai Non-PNS Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta mengikuti Tes...

Cerita Marcell Menimba Ilmu di Kampus B.J. Habibie, RWTH Aachen University, Jerman

UNS --- Belajar di kampus luar negeri tentu menjadi pengalaman mengesankan bagi mahasiswa....