Search
Close this search box.

Bengawan Team UNS jadi Raja Asia di Ajang Shell Eco-Marathon Asia Pacific and Middle East 2024

UNSBengawan Team Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta kembali torehkan prestasi gemilang melalui ajang Shell Eco-Marathon Asia Pacific and Middle East (SEM ASIA) 2024. Julukan “Raja Asia” tersemat setelah Bengawan Team meraih juara 1 dalam kategori Prototype Internal Combustion Engine (ICE) dan catatkan efisiensi bahan bakar luar biasa sebesar 983 Kilo Meter (KM) per liter saat demonstrasi di Sirkuit Mandalika Lombok, Selasa (2/7/2024) hingga Sabtu (6/7/2024) lalu.

Dedikasi, inovasi, dan keunggulan teknik menghantarkan capaian tersebut sekaligus memecahkan rekor tim dengan raihan tertinggi di kompetisi resmi. Bengawan Team UNS dalam kategori ICE juga berkompetisi ketat dengan tim RMUTP Racing dari Thailand dan HAUI Auto dari Vietnam, masing-masing menempati posisi kedua dan ketiga. Namun, Bengawan Team UNS berhasil keluar sebagai pemenang, menunjukkan keterampilan dan strategi yang unggul.

Shell Eco-Marathon sendiri adalah kompetisi global bergengsi yang menantang mahasiswa untuk merancang, membangun, dan mengemudikan kendaraan paling efisien dalam penggunaan energi. Acara di Sirkuit Mandalika ini menghimpun banyak tim berbakat, menjadikan kompetisi ini sebagai ajang penting untuk memamerkan kemajuan dalam efisiensi bahan bakar dan teknologi otomotif.

General Manager Bengawan Team UNS, Adam Sulthoni Wibowo mengutarakan rasa bangganya kepada tim yang ia pimpin.

“Babak final SEM ASIA 2024 ini melibatkan lebih dari 500 peserta yang berasal dari 12 negara di Asia dan Timur Tengah termasuk Malaysia, Filipina, Thailand, Qatar, dan Arab Saudi. Alhamdulillah Bengawan Team berhasil menjadi yang terbaik di antara pesaing-pesaing hebat dan menunjukkan bahwa inovasi dan kerja keras tim kami layak diakui,” pungkas mahasiswa Program Studi (Prodi) Teknik Mesin UNS tersebut.

Athariq Zhafari Aufar, selaku Manager Non-Teknis Bengawan Team juga menambahkan bahwa mereka sangat berterima kasih kepada seluruh pihak yang telah membantu sehingga tim dapat meraih hasil terbaik.

“Kami, Bengawan Team, mengucapkan terima kasih sekali kepada para sponsor dan utamanya kepada pihak kampus (Universitas Sebelas Maret) atas bantuan moril dan materil yang menjadi pilar kesuksesan kami di tahun ini serta motivasi untuk melanjutkan riset di tahun-tahun selanjutnya,” tutur Athariq, Minggu (7/7/2024).

Dalam kompetisi ini, Bengawan Team dibimbing oleh Dr. Hammar Ilham Akbar, S.Pd., M.T.; Dr. Rendy Adhi Rachmanto, S.T., M.T.; dan Prof. Dr. Eng. Syamsul Hadi, M.T.

“Keberhasilan Bengawan Team UNS adalah bukti dari kerja keras dan tekad mereka. Pendekatan inovatif dan keahlian teknis mereka telah menetapkan standar baru dalam kompetisi ini. Menginspirasi tim-tim masa depan untuk terus mendorong batasan dalam desain kendaraan hemat energi,” ujar Dr. Hammar.

Humas UNS

Reporter: Annisa Fakhira

Redaktur: Dwi Hastuti

Scroll to Top
Skip to content