Mahasiswa FMIPA UNS Terpilih menjadi Putri Solo 2021

by | Nov 16, 2021 14:03 | Berita Terkini, Mahasiswa UNS

UNS — Olivia Firdaus, mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Program Studi (Prodi) Ilmu Lingkungan terpilih menjadi Putri Solo dalam ajang Pemilihan Putra Putri Solo (PPS) 2021. Acara penganugerahan tersebut digelar secara hydrid di Open Stage Taman Balekambang pada Sabtu (13/11/2021) malam.

Olivia −begitu ia disapa, merupakan perwakilan dari Jebres. Di usianya yang baru menginjak 20 tahun, ia memberanikan diri untuk mengikuti PPS 2021 −sebuah ajang yang sudah didambakannya. Kepada tim Dewan Juri, mahasiswa semester V ini mengungkapkan keinginannya untuk mendorong semangat anak muda dalam melestarikan Budaya Jawa.

“Saya ingin berkontribusi nyata dalam pengembangan seni, budaya, dan kepariwisataan di Kota Solo,” ungkapnya.

Saat dihubungi oleh tim uns.ac.id, Olivia mengaku bahwa keinginannya tersebut terinspirasi dari slogan Kota Solo, yaitu Solo the Spirit of Java. Menurutnya slogan tersebut memiliki makna bahwa Solo merupakan pusat dari Kebudayaan Jawa. Oleh karena itu, perlu adanya kesadaran untuk melestarikan kekayaan bangsa tersebut.

“Kalau kita yang ada di Solo saja tidak mengerti Budaya Jawa gimana dia bisa berkembang, gimana dia bisa bertahan di tengah era yang seperti ini,” tutur Olivia.

Sebelum dinobatkan sebagai Putri Solo 2021, Olivia harus bersaing bersama 114 peserta lainnya yang terdiri dari putra dan putri. Ia berhasil menyisihkan sekitar 90-an peserta putri melalui tiga tahap, yaitu tahap tes tertulis, tahap wawancara yang meliputi tes public speaking dan minat bakat. Setelah lolos dari kedua tahap tersebut, Olivia beserta finalis Putri Solo lainnya diwajibkan mengikuti pembekalan sebelum akhirnya unjuk kebolehan di malam Grand Final yang dihadiri oleh Walikota Surakarta, Gibran Rakabuming.

Selama masa pembekalan, Olivia mengaku sangat tertarik dengan kegiatan yang diadakan. Ia merasa beruntung telah diberi kesempatan untuk belajar Budaya Jawa secara mendalam. Bahkan ia mengaku bahwa kesempatan tersebut sangat berkesan baginya, terutama ketika mengetahui beberapa Budaya Jawa yang sebelumnya tidak pernah diketahuinya.

“Ternyata ada ya budaya seperti ini, tata krama seperti ini itu ada di Jawa. Nah, itu berkesan banget sih buat aku. Bisa tahu banyak tentang budaya-budaya Jawa kemudian tentang pariwisata Solo juga. Jadi lebih enak saja untuk belajar ketika kita berada di circle yang tepat,” ungkap Olivia.

Kebahagiaan Olivia tidak sampai di situ saja. Perempuan yang tidak pernah meragukan pertolongan Tuhan ini diberi kebahagiaan lagi pada malam Grand Final Putra Putri Solo 2021. Ia dinobatkan menjadi Putri Solo 2021 dan berhak menerima piala penghargaan yang diberikan langsung oleh Gibran dan isterinya, Selvi Ananda Putri.

Mahasiswa FMIPA UNS Terpilih menjadi Putri Solo 2021

“Jujur kaget, karena Oliv sendiri keliatan ya di videonya itu sempat delay, jadi Oliv pikir mahkotanya jatuh ke orang lain makanya Oliv tepuk tangan. Ternyata mahkotanya di belakang Oliv. Jujur kaget banget ketika dinobatkan. Sempat putus asa juga karena di tengah pembekalan itu sempat berpikir kayaknya udah enggak mau lanjut ke pembekalan. Tapi Puji Tuhan diberi kekuatan akhirnya bisa menjadi Putri Solo 2021,” imbuhnya.

Sebagai Putri Solo 2021, Olivia mengaku siap untuk berkontribusi nyata dalam memperkenalkan budaya dan pariwisata Kota Solo. Ia juga berharap agar keterlibatannya tersebut dapat mendorong pemuda-pemuda di Kota Solo untuk peduli terhadap Budaya Jawa. Sebab, menurut Olivia pemuda merupakan ujung tombak lestarinya suatu budaya. Pun Bung Karno pernah mengatakan bahwa pemuda merupakan ujung tombak majunya suatu bangsa.

“Harapannya bisa mengajak pemuda-pemuda di Kota Solo itu mulai peduli dan mulai punya rasa memiliki atau sense of belonging terhadap budaya yang ada di Kota Solo, khususnya Budaya Jawa karena kalau bukan kita yang nguri-nguri mau siapa lagi?,” ungkap Olivia.

Selain menumbuhkan sense of belonging, Olivia juga ingin berkontribusi dalam mengembangkan sektor pariwisata, khususnya di bagian promosi.

Bagi Olivia, anugerah Putri Solo 2021 ini merupakan kesempatan yang harus disyukurinya dengan cara berkontribusi positif bagi masyarakat sekitar. Meskipun Olivia berhasil meraih tujuan yang didambakannya sejak 2020, ia sadar betul bahwa perjuangannya tidak cukup sampai di sini. Masih banyak tantangan-tantangan yang harus ditaklukkannya usai terpilih menjadi Putri Solo 2021.

“Jadi ketika teman-teman punya tujuan, teruslah berjuang sampai kamu layak mendapatkan hal yang kamu cita-citakan itu. Dan tentunya jangan lupa dalam setiap perjuangan kita juga harus menyerahkan semuanya kepada Yang Maha Kuasa. Karena menurut Oliv, manusia boleh berencana tapi Tuhan yang menentukan. Jadi apapun yang kita perbuat, serahin kepada Tuhan. Kita sudah lakukan yang terbaik sisanya itu bagian Tuhan,” pungkas Olivia. Humas UNS

Reporter: Alinda Hardiantoro
Editor: Dwi Hastuti

Munas ke-1 APPII Terselenggara di UNS, Prof. Sulistyo Saputro Terpilih Menjadi Ketua Umum

UNS --- Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta terpilih menjadi tuan rumah Musyawarah Nasional...

Membanggakan! Tim Bengawan UV UNS Raih Tiga Gelar dalam KKCTBN 2022

UNS --- Tim Bengawan Unmanned Vehicle (UV) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta meraih tiga...

Mahasiswa UNS Rintis Siebook.id, Membentuk Literasi Membangun Negeri

UNS --- Mahasiswa Program Studi (Prodi) Agribisnis Fakultas Pertanian (FP) Universitas Sebelas...

Diskusikan Metode Lesson Study, S-2 Pendidikan Biologi UNS Gelar Kuliah Umum

UNS — Program Studi (Prodi) Magister (S-2) Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu...

Kerja Sama dengan Pemkab Sragen, Dosen FEB UNS Luncurkan Super Aplikasi Go to Sragen

UNS --- Tim dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta baru...

Mahasiswa Farmasi UNS Ciptakan Plester Microneedle dari Tanaman Daun Afrika untuk Penderita Diabetes Melitus

UNS --- Empat mahasiswa S-1 Farmasi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA)...

Inovatif! Tim PKM RE UNS Ciptakan Plester Luka Diabetes dari Limbah Batang Ubi Kayu

UNS --- Lima mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta yang tergabung ke dalam Program...

Tim PKM UNS Sukses Memproduksi Biolistrik dari Eceng Gondok dan Lumpur Lapindo

UNS --- Mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta berhasil menciptakan listrik dari...

Mahasiswa PAP UNS Raih Juara 2 Kompetisi Wicara Publik Tingkat Nasional

UNS --- Mahasiswa Program Studi (Prodi) Pendidikan Administrasi Perkantoran (PAP) Fakultas...

Mahasiswa UNS Ciptakan Inovasi Mesin Purus Kayu Terintegrasi untuk Meningkatkan Produktivitas Produksi Mebel

UNS --- Sejumlah mahasiswa Program Studi (Prodi) Pendidikan Teknik Mesin (PTM) Fakultas Keguruan...