Mahasiswa FP UNS Membersamai Warga Desa Glagahwangi dalam Hilirisasi Produk Unggulan Lokal

Mahasiswa FP UNS Membersamai Warga Desa Glagahwangi dalam Hilirisasi Produk Unggulan Lokal

UNS — Lima mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menjadi fasilitator yang membersamai warga Desa Glagahwangi dalam perbaikan atau peningkatan nilai tambah produk pertanian melalui hilirisasi pertanian yang dimulai sejak September lalu hingga Jumat (23/12/2022) kemarin. Mereka adalah Muhammad Fuad G., Rifka Atmaja, Karlindya Rahma, Olethea Angel C., dan Widiawati yang kelimanya merupakan mahasiswa Program Studi (Prodi) Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian (PKP) Fakultas Pertanian (FP) UNS.

Usaha yang dijalankan oleh warga Glagahwangi saat ini masih belum dilakukan secara optimal karena pengelolaan dan pengolahan pemasarannya, sehingga diperlukannya sistem pemasaran yang lebih baik. Rifka menjelaskan bahwa program ini dilaksanakan guna membantu Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang ada di Desa Glagahwangi, terutama yang bergerak di bidang pertanian agar mampu memasarkan produknya menjadi lebih optimal.

“Maksud dari pelaksanaan program ini yaitu terkait dengan UMKM yang ada di desa yang sebelumnya memiliki kemampuan untuk melakukan marketing melalui Media Sosial (Medsos) atau yang masih belum bisa mendapatkan penjualan yang lebih, padahal memiliki potensi yang banyak. Terutama UMKM ataupun usaha yang bergerak di bidang pertanian. Adanya program ini supaya mereka bisa menjual secara lebih baik, sehingga bisa mendapatkan keuntungan yang baik pula,” jelas Rifka, Selasa (27/12/2022).

Bentuk kegiatan dari rangkaian program hilirisasi pertanian ini dilakukan dalam empat kegiatan. Yaitu terdiri atas sosialisasi dan pengenalan program yang berisi kegiatan belajar bersama mengenai program hilirisasi produk unggulan lokal, menjalin kerja sama dengan petani padi di Desa Glagahwangi khususnya yang memiliki peternak burung puyuh dan ayam kampung, pelatihan branding produk yang dilakukan dengan pembuatan logo dan packaging untuk pemasaran hasil pertanian, dan pembuatan media marketing dan promosi dalam bentuk video marketing yang diunggah di platform media sosial.

Kegiatan sosialisasi dan pengenalan program yang terlaksana dalam bentuk sarasehan ini dilakukan oleh Tim Pelaksana Hibah Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) UNS dengan Kelompok Tani Desa Glagahwangi. Dalam sarasehan ini membahas aktivitas petani serta kendala yang dialami oleh petani baik segi budi daya, pascapanen, hingga pemasarannya. Kegiatan sarasehan ini selain sebagai wadah petani untuk berdiskusi dan bertukar pikiran, juga berguna sebagai wadah untuk mempererat hubungan antara petani.

Demi menunjang program hilirisasi produk unggulan masyarakat Desa Glagahwangi terdapat rangkaian kegiatan branding produk, pembuatan media marketing, dan promosi. Kegiatan branding produk ini dilakukan dengan melakukan pelatihan mengenai pembuatan logo dan packaging, membuat konten untuk mempromosikan produk agar dapat lebih mudah dijangkau oleh konsumen. Pengiklanan ini dilakukan dalam durasi dua minggu sekali selama tiga bulan dengan memperhatikan golden time. Tidak hanya itu, tim pelaksana program juga melakukan pembuatan video marketing untuk diunggah di platform media sosial untuk mencapai penjualan produk yang lebih optimal dari sebelumnya. Rifka berharap agar program ini dapat berjalan secara berkelanjutan sehingga dapat membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat di masa depan. Humas UNS

Reporter: Zalfaa Azalia Pursita
Redaktur: Dwi Hastuti

Skip to content