UNS — Sejak Maret 2020 Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) menginstruksikan seluruh sekolah dan perguruan tinggi untuk melangsungkan pembelajaran secara daring. Instruksi ini muncul karena pandemi Covid-19 di Indonesia. Kebijakan tersebut memang dapat mengurangi kemungkinan penularan Covid-19, tapi hal itu menimbulkan masalah baru bagi sekolah di perdesaan seperti SD Negeri 2 Tremes, Kabupaten Wonogiri.

Masalah yang muncul yakni masih ada siswa yang tidak memiliki gawai. Selain itu, sinyal di desa tersebut juga kurang stabil. Hal ini disampaikan langsung oleh Kepala SDN 2 Tremes, Theresia Setyowati.

“Pembelajaran kami di SDN 2 Tremes, dilaksanakan melalui WhatsApp itu pun masih banyak kendala, karena di sini sinyal juga cukup sulit, hp saja tidak semua punya, dan kendala kuota internet juga masih kurang untuk pembelajaran,” ujarnya.

Hal ini membuat mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta Kelompok 311 tergerak untuk mengadakan bimbingan belajar sebagai pendampingan sekolah daring. Setelah berkoordinasi dengan Kepala SDN 2 Tremes, guru, dan staf, KKN UNS 311 kemudian memutuskan untuk memberikan bimbingan belajar kepada siswa kelas 3, 4 ,dan 5. Setiap kelas dibagi menjadi dua sesi setiap hari secara luring dengan mematuhi protokol kesehatan.

“Sesi pagi dimulai dari pukul 08.00 sampai 09.00. Kemudian sesi kedua dilaksanakan pada pukul 10.00 sampai 11.00,” ujar Gaizka selaku penanggung jawab kegiatan.

Bimbingan belajar untuk siswa SDN 2 Tremes ini dilakukan sejak tanggal 11 Agustus 2021 hingga 24 Agustus 2021. Aktivitas bimbingan belajar berupa pemberian bantuan kepada siswa dalam mengerjakan tugas atau pekerjaan rumah dan menyampaikan materi-materi yang dirasa cukup sulit dipahami ketika pembelajaran secara daring yang dilakukan oleh guru.

Selain memberikan bimbingan belajar, mahasiswa KKN yang dibimbing oleh Dr. Mujiyo, M.P. ini juga mengadakan sejumlah lomba untuk menyemangati siswa sekaligus merayakan Hari Kemerdekaan ke-76 RI. Perlombaaan yang diadakan di antaranya lomba membaca geguritan, lomba foto ekspresi diri, lomba menyanyi, lomba mewarnai, lomba menggambar, serta lomba menulis tegak bersambung. Meskipun lomba diselenggarakan secara daring, antusiasme siswa SDN 2 Tremes sangat tinggi. Hasil karya siswa yang dilombakan juga sangat mengesankan.

Siswa Terkendala Sekolah Daring, KKN UNS 311 Bantu Adakan Bimbingan Belajar

Kegiatan bimbingan belajar berakhir pada tanggal 24 Agustus 2021. Seminggu kemudian KKN UNS 311 secara resmi ditutup. Kelompok ini beranggotakan sepuluh orang yakni Dany Farel E. A (Ekonomi Pembangunan) dengan anggota Devi Novitasari P.W (Akuntansi), Ranita Restu N. A (Biologi), Aulia Arifa (Pendidikan Fisika), Dwi Meisari (Pendidikan Fisika), Endika Sofya P (Pendidikan Kimia), Qonita Luthfiyyah (Pendidikan Biologi), Aditya Bagas C (Pendidikan Geografi), Bagas Yulianto (Pendidikan Bahasa Jawa), dan Gaizka Mahdafikia (Pendidikan Kepelatihan Olahraga). Humas UNS

Reporter: Ida Fitriyah
Editor: Dwi Hastuti

Suka dengan artikel ini?

Tingkatkan Pertumbuhan Sayur dan Buah, Mahasiswa UNS Rancang Alat Penyiram Otomatis dan Humidity Controller

UNS --- Mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta tak pernah kehabisan akal untuk...

Prodi Sosiologi Fisip UNS Teken Kerja Sama dengan UIN Ar-Raniry Aceh

UNS --- Pada September 2021 ini, Program Studi (Prodi) S1 Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan...

Tim KKN UNS 148 Sosialisasikan Bahaya Covid-19 dan Vaksinasi untuk Lansia di Desa Gombang, Boyolali

UNS --- Pandemi Covid-19 sudah berlangsung hampir dua tahun. Sejumlah varian baru yang lebih...

Solutif dan inovatif, Mahasiswa UNS Ciptakan Pelapis Antivirus Berbasis Selulosa sebagai Alternatif Pencegahan Penyebaran Covid-19

UNS --- Tiga mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta melakukan inovasi di tengah...

Dosen UNS Gelar Pendampingan Industri Jersey Printing melalui Kegiatan Pengabdian Masyarakat

UNS --- Jersey merupakan pakaian yang sering dipakai untuk kegiatan permainan sepak bola. Namun,...

FEB UNS Gelar Pelatihan Alat Analisis Kuantitif – IBM SPSS

UNS --- Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta mengadakan...

Bimbingan Karir dan ‘Planner Book’, Program Gagasan Mahasiswa UNS Guna Mengurangi Kecemasan Karir Tunarungu

UNS --- Terobosan baru kembali dilakukan oleh mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta...

Kreatif dan Solutif, Tiga Mahasiswa UNS Sulap Limbah Tandan Kosong Kelapa Sawit Menjadi Plester Terapi Luka Diabetes

UNS --- Selama ini, Tandan Kosong Kelapa Sawit (TKKS) hanya dianggap sebagai limbah padat hasil...

Mahasiswa UNS Ciptakan Sabun Kertas Berbahan Alami

UNS --- Berkontribusi dalam menyelesaikan permasalahan akibat pandemi Covid-19, lima mahasiswa...

Tingkatkan Minat Bercocok Tanam Warga, Kelompok 333 KKN UNS Kenalkan Sistem Hidroponik

UNS --- Hidroponik menjadi salah satu inovasi dalam bercocok tanam yang makin menarik perhatian...