Beragam Bisnis Mahasiswa UNS Dipamerkan dalam WIBAWA FEST#1

Beragam Bisnis Mahasiswa UNS Dipamerkan dalam WIBAWA FEST#1

UNS – Wirausaha Baru Mahasiswa (Wibawa) Fest#1 meramaikan Hari Bebas Emisi di Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta. “The Colours of Creativity” diangkat menjadi tema bagi mahasiswa yang memamerkan lini usahanya. Kegiatan ini berlangsung dari pukul 08.00 hingga 16.00 WIB di Danau UNS, Jumat (16/6/2023).

Berbagai bisnis yang dikembangkan Mahasiswa UNS antara lain jasa & digital, kuliner, pakaian, seni, dan budaya. Dr. Susantiningrum, S.E., S.Pd., MAB., selaku Kepala Pusat Pengembangan Kewirausahaan (PPKWU) Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) UNS menjelaskan kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari Program Wirausaha Mahasiswa UNS tahun 2022.

Para mahasiswa UNS mendapat dana stimulasi untuk mengembangkan lini usaha masing-masing. Keberlanjutan bisnis dari Program Wirausaha Mahasiswa UNS terlihat dari keikutsertaan mereka dalam berbagai festival dan pameran bisnis, khususnya hari ini di Wibawa Fest#1.

“Untuk festival ini mahasiswa yang mengikuti sekitar 40 kelompok. Mereka semangat ingin memperkenalkan produknya kepada masyarakat,” tutur Dr. Susantiningrum.

Dalam kesempatan ini, Wakil Rektor Riset dan Inovasi UNS, Prof. Dr. Kuncoro Diharjo, S.T., M.T., menuturkan bahwa program WIBAWA UNS merupakan salah satu wujud implementasi Tridharma Perguruan Tinggi dari UNS. Program ini digagas sejak tahun 2021 di bawah pengelolaan Biro Kemahasiswaan dan Alumni. Program WIBAWA merupakan salah satu wujud upaya UNS untuk menumbuhkan, mewadahi, dan mewujudkan ide bisnis dari kalangan terdidik, khususnya mahasiswa.

“Melalui program WIBAWA mahasiswa memiliki peluang untuk meningkatkan keterampilan dan kompetensi dalam menciptakan atau mengembangkan usaha. Program WIBAWA UNS ini sudah berjalan selama 2 tahun terakhir,” ujar Prof. Kuncoro.

Pelaksanaan Program Wibawa tahun 2022 dilakukan melalui dua kali seleksi. Seleksi pertama diikuti oleh 83 kelompok usaha dan 74 kelompok usaha diantaranya dinyatakan lolos pendanaan. Pada seleksi tahap kedua diikuti 38 kelompok usaha dan sebanyak 21 kelompok usaha diantaranya dinyatakan lolos pendanaan.

Sehingga total peserta WIBAWA tahun 2022 adalah sebanyak 95 kelompok usaha, namun seiring berjalannya waktu tersisa 68 kelompok usaha dengan total 340 mahasiswa dari berbagai fakultas. Stimulan modal yang diberikan pada setiap kelompok usaha sebesar Rp 7 juta.

Salah satu peserta peserta Wibawa Fest#1 adalah Sirmasir, bisnis makanan Brownies Salak. Aulia Ahmad Fahreza yang merupakan mahasiswa penggagas bisnis ini memberikan tanggapannya usai mengikuti pembinaan wirausaha di kampus. Kepada uns.ac.id, Ia bersama rekan mahasiswa Program Studi (Prodi) Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UNS mengembangkan inovasi dalam sektor makanan manis.

“Inovasi makanan brownies dengan topping salak ini berusaha meningkatkan nilai ekonomi dari komoditas buah salak. Dengan produk seperti ini nilai jualnya meningkat daripada sebelumnya,” terang Fahreza. Humas UNS

Reporter: Rangga Pangestu Adji
Redaktur: Dwi Hastuti

Skip to content