Berita Terkini

Duta GenRe UNS Siap Sebarkan Virus Kebaikan

By 27 April 2018 May 1st, 2018 One Comment

UNS – Permasalahan remaja saat ini menjadi sesuatu yang sangat menyita perhatian. Pasalnya remaja menyumbang bagian besar dalam problematika yang berkembang di kalangan masyarakat. Peran remaja sebetulnya menjadi kunci dari perkembangan sebuah bangsa, karena di tangan merekalah negara diwariskan nantinya. Remaja yang cerdas, visioner, dan inovatif sangat didambakan oleh Indonesia.

Dalam rangka mewujudkan visi Indonesia emas 2045, Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana (BKKBN) membuat sebuah program bernama Pemilihan Duta GenRe. Duta GenRe atau duta generasi berencana adalah sebuah wadah untuk mengembangkan pembentukan karakter bangsa yang harapannya dapat menyebarkan virus kebaikan yang berkaitan dengan generasi berencana di kalangan generasi muda secara menyeluruh.

Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta melalui Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Pusat Informasi dan Konseling (PIK) Remaja Cakra turut berjuang dalam merealisasikan program ini. Duta GenRe diadakan di lingkup UNS dalam rangka menyaring para mahasiswa yang memiliki kemampuan serta ide-ide kreatif untuk membantu memecahkan persoalan bangsa.

Pada Grand Final Duta GenRe tingkat UNS yang diadakan pada Minggu (22/4/2018) di Ruang Kuliah Gedung A Fakultas Kedokteran UNS, terpilihlah lima pasang nama yang akan mewakili UNS di tingkat Kota Surakarta pada tanggal 5 Mei 2018 mendatang. Mereka adalah

  1. Herlambang Dhani (D-III Agribisnis Hortikultura) dan Annisa Cikal Sabda (D-IV Keselamatan dan Kesehatan Kerja)
  2. Dian Nugroho (S-1 PendidikanSeni Rupa) dan Mufida Setiyani Wahid (S-1 Pendidikan Kimia)
  3. Amirulhuda Nawasaptaaji (S-1 Pendidikan Teknik Bangunan) dan Alifia Nur Maftukha Yuliana (S-1 Pendidikan Bahasa Indonesia)
  4. Kurnia Aji Pratama (D-III Keuangan Perbankan) dan Erisa Zainina Janah (S-1 Statistika)
  5. Satria Adhi Wijaya (S-1 Matematika) dan Nurul Hidayah (S-1 Akuntansi)

Selain kelima pasang nama tersebut, ada pula dua pemenang dengan peniliain dari segi bakat terfavorit, mereka adalah:

  1. Juara Favorit: Bayu Aji Prasetya (S-1 Sastra Indonesia) dan Rifo Nur Azizah (D-III Teknik Kimia)
  2. Juara Berbakat: Verina Widianti Putri (D-III Farmasi)

Para duta ini diharapkan nantinya mampu membangun remaja Indonesia menjadi lebih baik. Tugas seorang duta merupakan tugas yang cukup berat namun mulia, karena mereka  bertanggungjawab dalam menyebarkan virus-virus kebaikan untuk menciptakan.

Bayu Aji Prasetya (Sastra Indonesia 2016) menampilkan seni cerita boneka pada Grand Final Duta GenRe 2018 tingkat UNS

Bayu Aji Prasetya (Sastra Indonesia 2016) menampilkan seni cerita boneka pada Grand Final Duta GenRe 2018 tingkat UNS

“Kalau saya sendiri resah ya dengan kondisi Indonesia sekarang dimana anak-anak kecil sekarang itu sudah mulai tercemar pikirannya. Saya ingin nanti kedepannya berkontribusi dalam membentuk karakter anak-anak tersebut, biar nanti mereka ketika dewasa mereka bisa menata hidup mereka dengan baik” pungkas Herlambang sebagai Juara 1 Duta GenRe tingkat UNS.

Dilihat dari track recordnya, UNS memiliki prestasi yang cukup bagus. Tidak hanya mampu tampil di tingkat kota Surakarta tapi juga bisa sampai tingkat provinsi Jawa Tengah bahkan Nasional.

“Alhamdulillah untuk UNS sendiri banyak banget antusiasnya, karena memang tiap tahunnya kita mengirimkan perwakilan ya minimal tingkat Jawa Tengah, dan ada beberapa yang pernah mewakili Jawa Tengah ke tingkat Nasional,” jelas Rahardian Bagaskara selaku ketua panitia Duta GenRe tingkat UNS. Humas.red-uns/Imr/Isn

One Comment

Leave a Reply