FMIPA UNS Gelar Khataman Al Qur’an

FMIPA UNS Gelar Khataman Al Qur’an

UNS — Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menyelenggarakan Khataman Qur’an. Acara ini diselenggarakan secara luring bertempat di Masjid FMIPA UNS pada Rabu (14/12/2022).

Penyelenggaraan kegiatan khataman ini dalam rangka telah diselesaikannya kegiatan FMIPA Mengaji selama 30 putaran. Ini artinya masing-masing peserta telah menyelesaikan seluruh bacaan Al Qur’an selama tiga puluh pekan.

Dalam sambutannya Ketua Takmir Masjid FMIPA UNS, Dr. Siswanto mengatakan bahwa kegiatan khataman ini dalam rangka memberikan semangat dan kecintaan dalam mengkaji Al Qur’an. Selain itu beliau juga berharap agar kegiatan ini bisa menambah rasa syukur kita karena masih diberi kesempatan untuk bisa hadir mengkaji Al Qur’an.

FMIPA UNS Gelar Khataman Al Qur’an

“Semoga dengan kegiatan khataman ini menambah rasa syukur kita atas nikmat Al Qur’an dan semakin cinta dengan Al Qur’an,” ujar Siswanto.

Sebelum kegiatan khataman, acara diawali dengan tausiah yang disampaikan oleh Prof. Dr. Sugiyarto, M.Si. selaku Dosen Program Studi (Prodi) Biologi FMIPA UNS. Dalam tausiahnya beliau mengatakan bahwa kita harus punya rasa syukur dan cinta. Rasa syukur karena ditakdirkan menjadi umat Muhammad yang dikaruniai Kitab Al Qur’an dan diyakini sebagai panutan sampai akhir zaman.

Menurut Prof. Sugiyarto, dengan rasa syukur yang kita punyai, maka akan timbul rasa cinta. Cinta kepada Allah, cinta kepada Rasulullah dan cinta kepada Al Qur’an. Maka jika dalam diri kita tidak mempunyai rasa cinta, kita akan menjadi umat yang kurang ajar.

Sementara itu, terdapat hal yang menarik pada kegiatan khataman kali ini, yaitu seorang peserta yang sudah berusia lanjut, namun masih mempunyai semangat yang luar biasa. Beliau adalah Prof. Soeparmi, selaku Dosen Prodi Fisika FMIPA UNS. Meski sudah memasuki usia pensiun, namun beliau masih aktif mengikuti FMIPA Mengaji setiap pekan.

FMIPA UNS Gelar Khataman Al Qur’an

“Saya senang bisa berkumpul dengan teman-teman yang saleh, yang senantiasa cinta kepada Al Qur’an. Ini bisa menjadi bekal bagi saya untuk kehidupan yang akan datang,” ujar Prof. Soeparmi. Humas UNS

Reporter: Lina Khoirun Nisa
Redaktur: Dwi Hastuti

Skip to content