UNS — Grup Riset Kearifan Lokal Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta kembali menggelar Seri Webinar Kearifan Lokal. Adapun Seri Webinar Kearifan Lokal merupakan diseminasi hasil karya dari Peneliti Grup Riset Kearifan Lokal. Kegiatan ini pun rutin diselenggarakan secara periodik setiap akhir bulan.

Sementara itu seri webinar kali ini mengusung tema Systematic Literature Review dengan Pendekatan Thematic Analysis & Social Network Analysis (SNA). Acara diselenggarakan secara daring melalui Zoom Meeting pada Rabu (27/4/2022).

Moderator webinar sekaligus Peneliti Grup Riset Kearifan Lokal FEB UNS, Ana Shohibul Manshur Al Ahmad, S.E., M.Sc mengatakan bahwa penyelenggaraan webinar ini bertujuan untuk memberikan gambaran terkait bagaimana mengelompokkan riset yang sesuai dengan riset interest masing-masing.

“Dalam beberapa dekade terakhir terkait road map model penelitian terutama untuk publikasi berkembang sangat luar biasa. Sebagai seorang pendidik dalam melihat hal ini bagaimana kita mampu memberi kontribusi memberikan novelty yang baru terkait riset dari publikasi yang telah ada. Salah satunya dapat diwujudkan dengan menggunakan Systematic Literature Review. Dengan demikian, selepas webinar ini harapannya kita bisa mendapatkan model baru bagaimana mengelompokkan studi atau menentukan fokus konstruktivis kita saat melakukan penelitian,” ujar Shohibul dalam sambutannya.

Dengan menghadirkan narasumber Peneliti Senior Grup Riset Kearifan Lokal FEB UNS, Dr. Lilik Wahyudi, S.E., M.Si., memaparkan materi tentang Systematic Literature Review dengan Pendekatan Thematic Analysis & Social Network. Ia mengatakan bahwasanya model Systematic Literature Review sangat membantu dalam mengembangkan penelitian.

“Yang menjadi trend Systematic Literature Review tak hanya berkaitan dengan mereview artikel. Tetapi juga dapat sebagai pondasi untuk mengembangkan artikel yang sudah ada. Systematic Literature Review membantu kita untuk menemukan novelty. Novelty merupakan kebaruan riset dari riset yang sudah ada sebelumnya,” terang Dr. Lilik.

Dr. Lilik menambahkan Systematic Literature Review bertujuan untuk mengintegrasi dan mensintesis pengetahuan, mengidentifikasi kesenjangan dan inkonsistensi pengetahuan, serta sebagai petunjuk penelitian di masa mendatang.

“Untuk bentuk Systematic Literature Review meliputi Domain-based reviews, Theory-based reviews, Method-based reviews, Meta-analytical reviews, dan Meta-systematic reviews,” kata Dr. Lilik.

Ia melanjutkan manfaat dari menggunakan Systematic Literature Review untuk menghindari penelitian replikatif, memandu perencanaan penelitian, dan mendukung klaim kebaruan ketika pengetahuan lama dan baru dikontraskan.

“Sedangkan alasan menggunakan Systematic Literature Review ialah supaya berhasil mendapatkan publikasi, menghindari fieldwork atau bekerja berlebihan, serta mempermudah melakukan penelitian,” pungkas Dr. Lilik. Humas UNS

Reporter: Lina Khoirun Nisa
Editor: Dwi Hastuti

Tags : FEB UNS , UNS , webinar

Peringati Hari Tani, Tim PPK Ormawa HM Pelita UNS Gelar Sehati di Gentungan, Karanganyar

UNS --- Tim Program Penguatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) Himpunan Mahasiswa...

Tim PKM-RE UNS Deteksi Milk Protein Allergen melalui Karakterisasi Gen CSN2

UNS --- Mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta yang tergabung di dalam tim Program...

Pemilihan Rektor UNS Masa Bakti 2023-2028 Dimulai, ini Harapan Prof. Jamal Wiwoho

UNS --- Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta Masa Bakti 2019-2023, Prof. Jamal Wiwoho,...

Resmi, UNS Launching Panitia Penjaringan dan Penyaringan Calon Rektor

UNS --- Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta resmi me-launching Panitia Penjaringan dan...

Riset Grup FISIP UNS Gelar Pelatihan Branding dan Marketing untuk UMKM Kedai Kopi di Solo

UNS --- Riset Grup (RG) pengabdian masyarakat Komunikasi Strategis, Fakultas Ilmu Sosial dan...

Tim PKM-RSH UNS Teliti Strategi Baru Penanganan Temper Tantrum pada Anak Autis

UNS --- Sejumlah  mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta yang tergabung dalam tim...

Tim PKM-RE UNS Mengembangkan Material Teragnostik untuk Penyakit Kanker dari Limbah Ampas Kopi

UNS --- Sejumlah  mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta yang tergabung dalam tim...

UPT KLI UNS Inisiasi Kerja Sama dengan Universiti Kebangsaan Malaysia

UNS --- Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kerja sama dan Layanan Internasional (KLI) Universitas Sebelas...

Mahasiswa FKIP UNS Sukses Raih Juara 2 Lomba Tepat Cepat Tingkat Nasional

UNS --- Rizki Wahyu Perdana, seorang mahasiswa Program Studi (Prodi) Pendidikan Ekonomi Fakultas...

Tim PKM-K FKIP UNS Luncurkan Produk Tas Multikapasitas Berbasis Edukasi

UNS --- Sejumlah mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta yang tergabung dalam tim...