KKN Tematik Integratif UNS Periode Januari-Februari 2016 Bersinergi dengan Kementerian Desa

Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta melalui Unit Pelaksana KKN Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (UPKKN LPPM) memberangkatkan mahasiswa sejumlah 2703 dan dosen pembimbing lapangan (DPL) dalam rangka KKN Tematik Integratif UNS Periode Januari-Februari 2016, Selasa (5/1/2016). Sebanyak 21 kabupaten di Pulau Jawa dan 21 lokasi di luar Pulau Jawa menjadi mitra KKN periode ini. Selain itu, ada 6 mahasiswa dari Universitas Khairun Maluku Utara yang ikut serta dalam KKN yang diselenggarakan oleh UNS.

kkn uns
Ravik pasangkan topi pada salah satu peserta KKN untuk melepas keberangkatan KKN Tematik Integratif UNS Periode Januari-Februari 2016 secara simbolis di halaman rektorat, Selasa (5/1/2016).

Rektor UNS Ravik Karsidi yang memberikan sambutan saat pelepasan mengatakan bahwa KKN adalah bagian yang tak terpisahkan dari Tri Dharma Perguruan Tinggi, yang salah satunya adalah pengabdian kepada masyarakat. “Ini penting saya sampaikan. Bertanyalah pada diri sendiri, Saudara sudah punya bekal apa yang akan diberikan kepada masyarakat,” ucapnya.

Lebih jauh, masih kata Ravik, KKN bukan merupakan kegiatan jalan-jalan, bukan main-main, dan bukan piknik, tetapi merupakan kuliah kerja nyata dalam bentuk pengabdian kepada masyarakat. “Karena sesuatu yang disebut nyata, Saudara harus meninggalkan sesuatu yang bermanfaat bagi masyarakat,” terang Ravik.

Dalam acara pemberangkatan tersebut juga dihadiri Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Balitbang Kemendes, PDTT) Nora Ekaliana. Menurut Nora, kegiatan KKN ini merupakan momen yang tepat untuk penyinergian antara pemerintah dan perguruan tinggi (PT) terkait dengan pengimplementasian dan jalannya program-program pemerintah. Pemerintah pusat, sesuai Nawacita, menarget pada akhir kepemimpinan Presiden Joko Widodo, ada perubahan dari 5000 desa tertinggal menjadi desa berkembang dan 2000 desa berkembang menjadi desa mandiri. Oleh karena itu, pemerintah pusat bekerja sama dengan PT melalui mahasiswa yang melaksanakan KKN dan mengimplementasikan disiplin ilmu masing-masing, sedangkan pemerintah memberikan stimulan dalam wujud dana desa.

Berikut rincian peserta KKN periode ini tiap fakultas: FKIP (685 mahasiswa), FIB dan FSRD (294), FISIP (330), FH (76), FEB (218), FK (86), FP (385), FT (356), dan FMIPA (276). [] (dodo.red.uns.ac.id)

Skip to content