Mahasiswa FK UNS Raih Juara 2 Surakarta Mini Triathlon 2022

Mahasiswa FK UNS Raih Juara 2 Surakarta Mini Triathlon 2022

UNS — Prestasi membanggakan kembali ditorehkan mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta. Kali ini, prestasi tersebut datang dari Program Studi (Prodi) Profesi Dokter Fakultas Kedokteran (FK) UNS. Faizal Muhammad, mahasiswa FK UNS tersebut baru saja meraih Juara 2 dalam Kompetisi Surakarta Mini Triathlon 2022.

Kompetisi tingkat nasional yang diselenggarakan oleh Indonesia Triathlon Series ini diikuti puluhan peserta dari berbagai wilayah di Indonesia. Mini Triathlon 2022 ini diselenggarakan pada Sabtu (5/3/2022) di Stadion Manahan, Surakarta. Faizal berhasil mencatatkan waktu 01:07:32.91 sehingga Ia dapat menempati urutan kedua.

Triathlon merupakan kompetisi olahraga yang terdiri dari beberapa cabang olahraga, yaitu renang, balap sepeda, dan lari yang dilakukan secara berkesinambungan dalam satu kesatuan waktu. Faizal mengaku sangat senang dengan hasil tersebut, terlebih saat ini Ia tengah disibukkan sebagai dokter muda di rumah sakit dan Puskesmas serta kegiatan riset penelitian.

“Dapat juara 2 sudah sangat bersyukur dan senang. Apalagi kondisi rutinitas harian sangat tidak memungkinkan untuk berlatih layaknya atlet profesional, tetapi disiplin memanfaatkan dan meluangkan waktu di pagi hari membuat saya bisa tetap berlatih rutin setiap hari. Debut triathlon dan meraih juara 2 merupakan capaian yang memuaskan. Next event I will comeback stronger and more resilient,” ungkap Faizal kepada uns.ac.id, Selasa (15/3/2022).

Ia mengatakan bahwa Ia berlatih secara mandiri berbekal ilmu anatomi-fisiologi kedokteran. Secara individu, Ia paham mengenai program latihan yang diperlukan dan otot-otot dominan mana saja yang perlu dilatih untuk triathlon.

“Termasuk program diet asupan makan harian juga diatur selama program latihan. Kalau renang sudah latihan hingga level atlet sejak SD, sepeda balap dan lari maraton sejak SMA. Untuk triathlon ini, saya latihannya 2 bulan sebelum event,” imbuhnya.

Meskipun disibukkan dengan kewajibannya sebagai dokter muda, tetapi Faizal tetap memanajemen waktunya dengan baik. Ia berlatih renang setelah salat Subuh di Kolam Renang Manahan dan Intanpari, Karanganyar dengan gaya bebas 50 m x 50 m. Sementara, Latihan lari Ia lakukan selepas renang dengan jarak 10 km. Lalu, setelah pelayanan di rumah sakit maupun Puskesmas, Faizal kembali berlatih sepeda dengan jarak 30 km.

Berkat kegigihannya tersebut, Faizal nyaris saja meraih posisi pertama dengan selisih waktu hanya 2 detik saja.

“Selisih dengan juara 1 cuma 2 detik. Tentu ada rasa sedih, kecewa, dan menyesal. Namun, begitulah hasil latihan saya,” imbuhnya.

Event triathlon pertama di Solo ini menggunakan format jarak renang 400 m, sepeda 15 km, dan lari 5 km. Humas UNS

Reporter: Bayu Aji Prasetya
Editor: Dwi Hastuti

Skip to content