Mahasiswa Prodi PPKn UNS Raih Juara 1 Lomba Poster Festival Muslim Nusantara 2022

Mahasiswa Prodi PPKn UNS Raih Juara 1 Lomba Poster Festival Muslim Nusantara 2022

UNS — Prestasi di kancah nasional kembali diukirkan oleh mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta. Baru saja, Muhammad Nasyrur Rohman dari Program Studi (Prodi) Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) meraih Juara 1 Lomba Poster Tingkat Nasional.

Kompetisi tersebut bertajuk Festival Muslim Nusantara 2022 yang mengusung tema “Menggali Kreativitas Generasi Rabbani di Era Digital”. Lomba poster tingkat nasional ini diselenggarakan oleh Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) IMMAN Institut Bisnis Nusantara pada 24 September 2022.

Melalui posternya yang berisi tentang strategi menjadi generasi rabbani di era distrupsi ini, mahasiswa semester tujuh tersebut mampu mengalahkan berbagai peserta dari perguruan tinggi di Indonesia.

“Poster saya berjudul Generasi Rabbani Berjiwa Qur’ani di Era Distrupsi. Ada enam cara menjadi generasi rabbani, yaitu Tu’allimunal Kitab; Tadrusun; Mawahanu dan Madh’ufu; Mastakanu; Muhasabah; dan Rajaullah. Pada masa sekarang, diperlukan pondasi yang kuat agar generasi muda memiliki tujuan ketuhanan dalam setiap aktivitas yang dilakukan dengan berlandaskan Al Qur’an, baik secara pegangan, pondasi maupun secara amaliah,” jelasnya saat diwawancarai uns.ac.id, Minggu (2/10/2022).

Ide pembuatan poster tersebut berasal dari kisah Muhammad Al Fatih saat penaklukan Konstantinopel. Nasyrur menambahkan bahwa Muhammad Al Fatih layak dinamakan rabbani karena Ia telah melakukan amalan yang mendekatkan dirinya kepada Ar-Rabb (Allah Swt).

“Muhammad Al Fatih memerintahkan semua pasukannya untuk berpuasa pada siang hari dan salat tahajud pada malam hari sebelum berperang untuk meminta kemenangan kepada Allah Swt. Beliau juga merupakan sosok yang menegakkan amar makruf nahi mungkar,” imbuhnya.

Ia berharap dapat terus mengembangkan ide dan kreativitas dalam perlombaan berikutnya sehingga dapat memberikan hasil maksimal. Humas UNS

Reporter: Bayu Aji Prasetya
Redaktur: Dwi Hastuti

Skip to content