Mahasiswa SV UNS Terpilih Menjadi Duta Genre Kabupaten Temanggung 2022

Mahasiswa SV UNS Terpilih Menjadi Duta Genre Kabupaten Temanggung 2022

UNS — Prestasi membanggakan ditorehkan oleh mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta. Kali ini, prestasi tersebut ditorehkan mahasiswi Program Studi (Prodi) D-3 Manajemen Pemasaran Sekolah Vokasi (SV), Vionita Happy Cahyadi. Mahasiswa semester empat tersebut baru saja meraih gelar Duta Generasi Berencana (Genre) Kabupaten Temanggung 2022 pada Sabtu (4/6/2022).

Vionita Happy Cahyadi  atau yang kerap disapa Vio mengaku sangat bersyukur dan tidak menyangka bisa mendapat amanah tersebut. Setelah ini, Ia akan mewakili Temanggung dalam Pemilihan Duta Genre Jawa Tengah.

“Di balik rasa senang dan bangga menjadi Duta Genre Temanggung, secara tidak langsung juga membawa amanah, kepercayaan, dan harapan dari banyak pihak. Artinya saya juga menjadi role model bagi teman-teman dan masyarakat Temanggung, khususnya para remaja,” ungkap Vio saat dihubungi uns.ac.id, Senin (13/6/2022).

Mahasiswa SV UNS Terpilih Menjadi Duta Genre Kabupaten Temanggung 2022

Rangkaian seleksi yang ditempuh Vio juga cukup panjang, mulai dari tahap administrasi, tes tertulis, dan leadership group discussion. Lalu dari puluhan pendaftar, disaring menjadi 50 finalis untuk lanjut menuju tahap seleksi wicara publik atau orasi, wawancara, dan unjuk bakat. Setelah melewati tahap ini, barulah disaring menjadi 10  besar untuk maju pada malam grand final.

Vio juga mengusung program kerja yang inovatif dan inspiratif dengan sasaran pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan remaja yang ada di Temanggung.

“Program saya bernama ‘B tu B, Bersama untuk Berencana’. Ini kolaborasi dengan UMKM setempat dan remaja di Temanggung. Harapannya, remaja dapat bergabung dalam memberdayakan UMKM sekaligus mengasah lifeskill dan mendapat penghasilan.  Saya yakin dengan program ini dapat meminimalisir dan menekan angka kenakalan remaja di Temanggung,” jelasnya.

Ia berpendapat bahwa remaja yang aktif berkegiatan positif dapat menciptakan remaja yang siap untuk merencanakan kehidupan di masa depannya.

“Jadilah remaja yang pandai dalam berencana karena masa remaja adalah masa untuk menentukan pilihan akan menjadi remaja yang migunani atau remaja yang membebani. Negara yang berkualitas dimulai dari remajanya,” pungkasnya. Humas UNS

Reporter: Bayu Aji Prasetya
Editor: Dwi Hastuti

Skip to content