Mengusung Alat Deteksi Kanker Payudara, Mahasiswa UNS Lolos Pilmapres Nasional 2021

Mengusung Alat Deteksi Kanker Payudara, Mahasiswa UNS Lolos Pilmapres Nasional 2021

UNS — Mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta berhasil lolos menuju Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) Nasional 2021 jenjang diploma. Ia adalah Mitta Dwi Cahyani, mahasiswa Program Studi (Prodi) D4 Kebidanan Fakultas Kedokteran (FK) UNS angkatan 2018. Setelah melalui berbagai tahapan, Ia mampu mempertahankan prestasi yang sebelumnya diraih kakak tingkatnya di SV dalam Pilmapres Nasional 2020.

Pilmapres merupakan salah satu kompetisi bergengsi antarperguruan tinggi di seluruh Indonesia. Dari ribuan mahasiswa yang menjadi wakil masing-masing universitas akan disaring untuk menentukan finalis yang berhak melangkah menuju tingkat nasional. 

Mitta yang mengusung alat pendeteksi kanker payudara ini mengaku sangat bersyukur ketika diumumkan lolos menjadi finalis. Alat tersebut Ia beri nama Fine Needle Aspiration Biopsy Robot (FINAR 1.0)

“Saya senang sekali, tidak menyangka akan lolos,” ungkap Mitta pada Rabu (1/9/2021).

FINAR 1.0 yang Ia usung bertujuan untuk mendeteksi massa kanker sehingga dapat menurunkan angka kematian akibat kanker payudara di Indonesia. Prevalensi kematian akibat kanker payudara di Indonesia tergolong cukup tinggi, yaitu 17/100.000.

“Sebelumnya sudah ada metode deteksi kanker payudara secara dini yaitu dengan melakukan sadari (pemeriksaan payudara sendiri) di depan cermin. Namun, metode tersebut sering diabaikan sehingga sebagian besar perempuan mengetahui bahwa Ia menderita kanker payudara saat sudah memasuki stadium lanjut. Oleh karena itu saya menemukan ide yaitu inovasi baru yang dapat menjadi solusi tepat untuk mendeteksi kanker payudara secara cepat dan tepat,” terangnya.

Dalam menghadapi Pilmapres Nasional, Mitta juga tengah melakukan berbagai persiapan.

“Beberapa persiapan yang saya lakukan sampai saat ini  seperti membaca isu-isu yang ada di masyarakat. Hal ini sebagai upaya persiapan speech di tahap final dan melatih public speaking untuk persiapan forum group discussion bersama finalis yang lain,” jelasnya.

Mitta berharap, dalam Pilmapres Nasional ini dapat membawa nama baik UNS di kancah nasional.

“Kepada seluruh sivitas akademika UNS, mohon doanya agar saya diberi kelancaran dalam menempuh tahap final,” pungkas Mitta. Humas UNS

Reporter: Bayu Aji Prasetya
Editor: Dwi Hastuti

Skip to content