UNS — Talk show Rembug.in yang digelar oleh Innovation Hub (I-Hub) Direktorat Inovasi dan Hilirisasi Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta telah berakhir. Dalam sesi penutup yang disiarkan langsung melalui akun Instagram @uns.innovationhub, Rabu (9/6/2021) malam, Rembug.in mengulas topik soal “Branding and Marketing for Startup”.

Rembug.in sesi terakhir yang dipandu oleh Head of Secretary Girl Up UNS, Bianca Bunga Saputra, menghadirkan Product Marketing Analyst at Pinhome, Girindra Mahesadzikri. Pinhome adalah startup karya anak bangsa yang merupakan pionir platform jual, beli, dan sewa properti berbasis teknologi.

Di hadapan penonton siaran langsung Instagram, Girindra Mahesadzikri pertama-tama menekankan pentingnya strategi branding dalam sebuah usaha, khususnya startup.

Ia menuturkan branding merupakan usaha mencari keunikan dari sebuah produk atau diri seseorang. Sedangkan marketing, yang berasal dari kata dasar “market” adalah usaha untuk mengenalkan dan memasarkan produk kepada masyarakat atau pasar.

“Branding bagaimana sebuah produk/ orang bisa membedakan dirinya dengan yang lain. Caranya bisa dengan tagline, copywriting, desain, dan ada warna yang membedakan. Sehingga, branding itu pondasinya dan marketing itu caranya biar bisa dikenal oleh orang lain,” jelas Girindra.

Girindra menerangkan, pada saat awal membuat startup, branding harus dijadikan sebagai perhatian yang utama. Alasannya, branding akan menentukan strategi dari sebuah startup dalam membangun komunikasi dengan pasar/ konsumen. Misalnya, dengan menentukan jenis konten dan gaya bahasa yang digunakan.

Apabila sebuah startup tidak fokus pada branding dan terburu-buru mencari strategi marketing, Girindra mengkhawatirkan startup yang sedang dirintis menjadi tidak jelas arahnya ingin dibawa kemana.

“Membedakan diri dulu dengan yang lain. Paling fundamental adalah ketika kamu berpikir mau membuat startup yang kaya gimana, itu sudah termasuk cara memikirkan branding, semakin kamu berpikir dalam maka akan ketemu unique selling proposition,” terang Girindra.

Pakar branding dan marketing ini juga mengingatkan, hal lain yang tak kalah penting untuk dipikirkan dalam dunia marketing adalah melihat tren yang sedang hype di media sosial.

Girindra mengatakan orang-orang yang bekerja di dunia marketing harus peka dan cepat mengambil momentum untuk masuk dan memanfaatkan sesuatu yang sedang trending agar mendapatkan engagement dan awareness.

“Jadi, kita juga harus set goal first. Kita mau mencari awareness atau revenue? Karena itu hal yang berbeda. Kalau kamu fokus ke awareness, berarti kamu harus siap burn your money. Karena kamu nggak mikir dapet duit apa endak, tapi yang penting orang tahu produk kamu,” pungkas Girindra. Humas UNS

Reporter: Yefta Christopherus AS
Editor: Dwi Hastuti

Suka dengan artikel ini?

Saran Ahli Gizi RS UNS Soal BTS Meal: Batasi Asupannya dan Tidak Dikonsumsi Berlebihan

UNS --- BTS Meal yang merupakan menu anyar hasil kolaborasi antara salah satu perusahaan makanan...

Analisis Pakar Advertising UNS Terkait Hebohnya Pembelian BTS Meal yang Timbulkan Kerumunan di Berbagai Kota

UNS --- BTS Meal yang merupakan menu kolaborasi antara salah satu perusahaan makanan cepat saji...

Rembug.in #6 Semesta UNS: Yuk, Ketahui Cara Jitu Membangun Branding dan Marketing Startup

UNS --- Talk show Rembug.in yang digelar oleh Innovation Hub (I-Hub) Direktorat Inovasi dan...

Rintis MAKOSTA, Mahasiswa UNS Hadirkan Masker Khusus Anak-anak

UNS --- Sejumlah mahasiswa Administrasi Negara (AN) Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP)...

Mahasiswa Arsitektur UNS Boyong Dua Gelar Juara di UGM

UNS --- Torehan prestasi di tingkat nasional kembali diraih oleh mahasiswa Universitas Sebelas...

Pusdemtanas UNS: Pentingnya Perlindungan Hukum bagi Tenaga Medis dalam Penanganan Pasien Covid-19

UNS --- Pusat Studi Demokrasi dan Ketahanan Nasional (Pusdemtanas) Lembaga Penelitian dan...

Alumni Jerman dan Austria di UNS Gelar Halalbihalal

UNS --- Para dosen Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta yang merupakan alumni universitas di...

Lagi-lagi Raih Prestasi, Mahasiswa FISIP UNS Sabet Juara Broadcasting Competition 2021 Nuskara EO UNY

UNS --- Mahasiswa asal Program Studi (Prodi) S-1 Ilmu Administrasi Negara Fakultas Ilmu Sosial dan...

Keren, Mahasiswa UNS Juara 1 Lomba Poster Internasional

UNS --- Kabar gembira datang dari mahasiswa Fakultas Pertanian (FP) Universitas Sebelas Maret...

Pakar Linguistik UNS Paparkan Studi Kasus Linguistik Forensik dalam Proses Persidangan Pidana

UNS --- Perkembangan cabang ilmu linguistik interdisipliner yang semakin luas mampu memberikan...