UNS — Talk show Rembug.in yang digelar oleh Innovation Hub (I-Hub) Direktorat Inovasi dan Hilirisasi Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta telah berakhir. Dalam sesi penutup yang disiarkan langsung melalui akun Instagram @uns.innovationhub, Rabu (9/6/2021) malam, Rembug.in mengulas topik soal “Branding and Marketing for Startup”.

Rembug.in sesi terakhir yang dipandu oleh Head of Secretary Girl Up UNS, Bianca Bunga Saputra, menghadirkan Product Marketing Analyst at Pinhome, Girindra Mahesadzikri. Pinhome adalah startup karya anak bangsa yang merupakan pionir platform jual, beli, dan sewa properti berbasis teknologi.

Di hadapan penonton siaran langsung Instagram, Girindra Mahesadzikri pertama-tama menekankan pentingnya strategi branding dalam sebuah usaha, khususnya startup.

Ia menuturkan branding merupakan usaha mencari keunikan dari sebuah produk atau diri seseorang. Sedangkan marketing, yang berasal dari kata dasar “market” adalah usaha untuk mengenalkan dan memasarkan produk kepada masyarakat atau pasar.

“Branding bagaimana sebuah produk/ orang bisa membedakan dirinya dengan yang lain. Caranya bisa dengan tagline, copywriting, desain, dan ada warna yang membedakan. Sehingga, branding itu pondasinya dan marketing itu caranya biar bisa dikenal oleh orang lain,” jelas Girindra.

Girindra menerangkan, pada saat awal membuat startup, branding harus dijadikan sebagai perhatian yang utama. Alasannya, branding akan menentukan strategi dari sebuah startup dalam membangun komunikasi dengan pasar/ konsumen. Misalnya, dengan menentukan jenis konten dan gaya bahasa yang digunakan.

Apabila sebuah startup tidak fokus pada branding dan terburu-buru mencari strategi marketing, Girindra mengkhawatirkan startup yang sedang dirintis menjadi tidak jelas arahnya ingin dibawa kemana.

“Membedakan diri dulu dengan yang lain. Paling fundamental adalah ketika kamu berpikir mau membuat startup yang kaya gimana, itu sudah termasuk cara memikirkan branding, semakin kamu berpikir dalam maka akan ketemu unique selling proposition,” terang Girindra.

Pakar branding dan marketing ini juga mengingatkan, hal lain yang tak kalah penting untuk dipikirkan dalam dunia marketing adalah melihat tren yang sedang hype di media sosial.

Girindra mengatakan orang-orang yang bekerja di dunia marketing harus peka dan cepat mengambil momentum untuk masuk dan memanfaatkan sesuatu yang sedang trending agar mendapatkan engagement dan awareness.

“Jadi, kita juga harus set goal first. Kita mau mencari awareness atau revenue? Karena itu hal yang berbeda. Kalau kamu fokus ke awareness, berarti kamu harus siap burn your money. Karena kamu nggak mikir dapet duit apa endak, tapi yang penting orang tahu produk kamu,” pungkas Girindra. Humas UNS

Reporter: Yefta Christopherus AS
Editor: Dwi Hastuti

Suka dengan artikel ini?

UNS Ajak Alumni Berkontribusi dalam Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka

UNS --- Sejak diluncurkan pada tahun 2020, program Merdeka Belajar, Kampus Merdeka (MBKM) perlahan...

Tim Pengabdian PG-PAUD UNS Dampingi Guru Lakukan PTK

UNS --- Tim pengabdian Dosen Prodi Pendidikan Guru PAUD Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta...

Wujudkan MBKM, FRSD UNS Inisiasi Lompatan Kreatif bersama HIMKI

UNS --- Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta tengah...

Dosen UNS Bagikan Tips Membangun Budaya Investasi di Era Digital

UNS --- Kemajuan teknologi di era digital memberikan tantangan yang besar bagi manusia sebagai...

Hebat! Tim Basket UNS Ukir Prestasi pada Ajang PANTASI 2021

UNS --- Rona bahagia menyelimuti tim basket Fakultas Keolahragaan (FKOR) Universitas Sebelas Maret...

Tulis Opini tentang Pembelajaran Daring di Masa Pandemi, Mahasiswa UNS Raih Juara 3

UNS --- Nama Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta kembali berjaya di ajang nasional. Kali ini...

Membanggakan! Mahasiswa FP UNS Raih Penghargaan Verbal Commendation di Ajang International MUN Conference 65.0 UNDP

UNS --- Mas Shafira Azhari, mahasiswi Program Studi (Prodi) Ilmu Teknologi Pangan Fakultas...

Tingkatkan Tridharma di Bidang Kehutanan, UNS Jajaki Kerja Sama dengan Perhutani

UNS --- Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menjajaki kerja sama dengan Perusahaan Umum...

Rektor UNS Sampaikan Perguruan Tinggi Miliki Peran Strategis dalam Pembangunan Nasional

UNS --- Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Prof. Dr. Jamal Wiwoho, S.H., M.Hum.,...

UNS Jalin Kerja Sama dengan PT. Evos Esports Indonesia

UNS --- Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta sepakat untuk menjalin kerja sama dengan PT....