Sambut Mahasiswa Baru, HMSM UNS Adakan Exodus 2021

Sambut Mahasiswa Baru, HMSM UNS Adakan Exodus 2021

UNS — Memulai kehidupan di tempat baru memang tidak mudah. Hal itulah yang dirasakan mahasiwa baru Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta. Perlu ada orientasi baik akademik maupun nonakademik. Perasaan ini ditangkap secara tepat oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi Seni Rupa Murni (HMSM), Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) UNS. Menyambut mahasiswa baru Prodi Seni Rupa Murni, HMSM mengadakan Eksplorasi Studio atau yang disingkat dengan Exodus.

Acara yang diselenggarakan secara luring dan daring pada tanggal 8,9 dan 10 Oktober ini bertujuan untuk memperkenalkan studio dan komunitas yang ada di wilayah FSRD UNS kepada mahasiswa baru yang nantinya dapat memilih minat di seni lukis, seni patung, seni keramik, dan seni grafis. Dengan mengangkat tema “Box of Pandora”, Exodus 2021 diharapkan dapat memacu kreativitas mahasiswa baru untuk dapat berkarya secara bebas, ekspresif, dan kreatif.

Selain memperkenalkan sejumlah studio yang ada di FSRD, Exodus juga memfasilitasi acara berbagi wawasan tentang ragam kegiatan seni yang dapat dipelajari meski tidak ditemukan di bangku perkuliahan. Dalam acara yang digelar tiga hari di bulan Oktober itu, sejumlah materi disampaikan di antaranya materi poster digital, performance art, dan workshop pembuatan patch.

Pembina HMSM UNS, Dyah Yuni Kurniawati, S.Sn. M.Sn. mengaku senang dengan inisiatif HMSM dalam mengadakan Exodus.

“Semoga pengenalan studio dan materi-materi yang disampaikan dalam acara ini dapat bermanfaat bagi mahasiswa baru dalam menjalani perkuliahan di Prodi Seni Rupa Murni UNS,” ungkap Dyah.

Rangkaian kegiatan Exodus 2021 dimulai dengan pemaparan materi studio patung yang dilanjutkan pemaparan materi poster digital. Setelah itu, HMSM juga mengadakan lomba membuat poster baik digital maupun konvensional. Lomba tersebut dimenangkan oleh Ari dan Vito dengan memboyong hadiah kaus edisi terbatas sebagai buah tangan Exodus 2021.

Sambut Mahasiswa Baru, HMSM UNS Adakan Exodus 2021

Pada hari kedua, peserta diberi paparan mengenai studi keramik dan lukis. Acara dilanjutkan dengan workshop patch yang disampaikan oleh Dani, mahasiswa semester 7 Seni Rupa Murni UNS. Sementara itu, hari terakhir diisi dengan berbagi cerita serta pengalaman dari mahasiswa lintas angkatan Seni Rupa Murni UNS. Berbagai angkatan hadir dalam acara terakhir Exodus mulai angkatan 2017, 2018, 2019, dan 2020. Mereka membagikan cerita tentang perkuliahan di FSRD UNS serta memberi bocoran warung makan murah di sekitar UNS. Dengan begitu, HMSM berharap dapat membangun hubungan baik kepada mahasiswa baru sekaligus membantu mereka agar tidak kaget saat kuliah sudah berlangsung luring nanti. Humas UNS

Reporter: Ida Fitriyah
Editor: Dwi Hastuti

Skip to content