UNS — Tim Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa (PHP2D) Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta yang tengah melaksanakan kegiatan di Desa Plosorejo, Kecamatan Matesih, Kabupaten Karanganyar menggelar pelatihan budi daya anggrek dan manajemen pengelolaan, serta pelatihan pembuatan kode batang sebagai bagian dari edu-recreation di desa tersebut. Pelatihan budi daya anggrek dan pembuatan kode batang ini dilaksanakan di Balai Desa Plosorejo yang dihadiri oleh Kelompok Tani Anggrek Desa Plosorejo, masyarakat Desa Plosorejo, dan Karang Taruna Desa Plosorejo. Adapun, pelatihan budi daya anggrek ini menjadi pelatihan pertama dari tiga tahap pelatihan budi daya anggrek yang diadakan oleh Tim PHP2D BEM UNS.

Dalam pelatihan pertama, Tim PHP2D BEM UNS menghadirkan Ir. Lila Natasaputra selaku Pengurus Perhimpunan Anggrek Indonesia cabang Salatiga sebagai pemateri budi daya anggrek dan Puspanda Hatta, S.Kom., M.Eng. sebagai pemateri pembuatan kode batang.

Dr. Septi Yulisetiani, M.Pd. selaku dosen pembimbing Tim PHP2D BEM UNS memberikan apresiasi atas terselenggaranya pelatihan ini. Ia menyampaikan bahwa pelatihan ini sangat menarik, antusiasme warga juga sangat luar biasa, dan ada inisiasi yang baik dari Tim PHP2D BEM UNS. Ia berharap, pelatihan ini dapat memberikan manfaat dan diterapkan oleh warga Desa Plosorejo.

“Dengan adanya pelatihan manajemen anggrek dan kode batang berbasis website yang bisa diterapkan di green house anggrek bisa membawa manfaat untuk masyarakat dan semoga dengan apa yang didapatkan dalam pelatihan ini bisa diterapkan oleh Bapak Ibu warga Desa Plosorejo untuk memaksimalkan green house anggrek sebagai edu-recreation untuk warga Plosorejo dan sekitarnya” ujar Dr. Septi.

Pelatihan ini memadukan dua unsur bidang yang berkaitan langsung dengan pembangunan edu-recreation green house anggrek yang sedang dikerjakan oleh tim PHP2D BEM UNS. Pelatihan budi daya anggrek diproyeksikan agar green house anggrek dapat dirawat dengan maksimal oleh Kelompok Tani Anggrek Desa Plosorejo dan pelatihan pembuatan kode batang diproyeksikan guna melaksanakan edu-recreation dengan pemberian kode batang pada setiap jenis anggrek yang ditanam, sehingga memberikan informasi baru bagi pengunjung green house anggrek. Seorang warga berkata bahwa pelatihan yang digelar Tim PHP2D BEM UNS berjalan dengan baik.

“Pelatihan ini berjalan baik dan sangat mendukung untuk warga Desa Plosorejo, bagi Kelompok Tani Kedungdowo, berbagi pengalaman sangat mendukung. Semoga bisa lebih baik lagi ke depannya,” ujar Sarnianti salah satu perwakilan kelompok tani.

Hal senada juga disampaikan oleh Sri Satini selaku salah satu peserta pelatihan. Menurutnya, pelatihan ini dapat menambah ilmu dan pengetahuan tentang anggrek dari mahasiswa. Ia berharap, ke depannya kegiatan dapat menjadi lebih baik dan membantu masyarakat Desa Plosorejo.

Sebelum kegiatan pelatihan yang dilaksanakan pada Sabtu (4/9/2021) tersebut diakhiri, Didin Ardi Hidayat selaku Ketua Tim PHP2D BEM UNS, serta Dr. Septi Yulisetiani, M.Pd. selaku dosen pembimbing memberikan sertifikat kepada kedua pemateri dalam pelatihan tersebut. Acara diakhiri dengan foto bersama dengan seluruh peserta pelatihan yang hadir. Humas UNS

Reporter: Zalfaa Azalia Pursita
Editor: Dwi Hastuti

Suka dengan artikel ini?

Segera Buka Kampus Baru di Jakarta, inilah Prodi yang Dipersiapkan UNS

UNS --- Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta terus memperluas jaringan kampus cabangnya di...

Bangun Personal Branding di Era Digital, Himasos FISIP UNS Gelar Webinar Nasional

UNS --- Kemampuan menulis yang diikuti dengan kemampuan mendesain menjadi bekal yang menguntungkan...

UNS Berangkatkan Satgas Bencana Semeru, ini Misi yang Dibawa

UNS --- Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta memberangkatkan Satuan Tugas (Satgas) Bencana...

Sah, Dirut PT. Hutama Karya Kembali Terpilih sebagai Ketum IKA UNS

UNS --- Direktur Utama (Dirut) PT. Hutama Karya Ir. Budi Harto, M.M. kembali terpilih sebagai...

Buka Munas V IKA UNS, Rektor UNS: Banggalah jadi Alumni UNS

UNS --- Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta Prof. Jamal Wiwoho membuka...

Beri Kuliah Umum di FH UNS, Hakim MK: Jangan Pernah Perjualbelikan Hukum

UNS --- Hakim Mahkamah Konstitusi (MK) RI Prof. Arief Hidayat mewanti-wanti mahasiswa Fakultas...

Kepala Desa Tawangsari, Karanganyar Raih Piala Bergilir MK dalam Lomba Pidato Konstitusi Lurah di UNS

UNS --- Lomba Pidato Konstitusi Antar-Kepala Desa se-Solo Raya di Universitas Sebelas Maret (UNS)...

Lomba Pidato Konstitusi Antar-Kepala Desa se-Solo Raya Resmi Ditutup

UNS --- Gelaran Lomba Pidato Konstitusi Antar-Kepala Desa se-Solo Raya yang diinisiasi oleh...

Bahas Kebijakan Fiskal dalam Pemulihan Ekonomi Nasional, FEB UNS Gelar Webinar

UNS --- Fakultasi Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menggelar...

Tim PHP2D FEB UNS dan PKK Desa Gondosuli, Tawangmangu Kreasikan Wortel Jadi Aneka Makanan

UNS --- Wortel merupakan salah satu potensi alam yang dimiliki oleh Desa Gondosuli, Kecamatan...