UNS — Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menggelar Produk Kewirausahaan Mahasiswa yang dikemas dalam Program Wirausaha Baru Mahasiswa Wibawa #1. Expo Wibawa #1 ini di gelar di Solo Paragon, 24 hingga 26 Juni 2022.

Dalam sambutannya, Kepala Pusat Studi Pengembangan Kewirausahaan (PPKwu) Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) UNS, Susantiningrum, S.Pd., S.E., M.A.B.mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan pendampingan, monitoring dan evaluasi Program Wibawa #1 yang telah dilaksanakan pada tahun 2021 lalu. Pada Program Wibawa Sesion 1 telah berhasil menginisiasi 85 kelompok usaha yang keseluruhannya terdiri 433 orang mahasiswa dari berbagai fakultas. Kelompok bidang usaha tersebut terdiri dari 13 kelompok bidang fashion, 30 kelompok kriya, 4 kelompok budidaya, 21 kelompok kuliner, 14 jasa, 1 bahan bakar dan 2 Budidaya.

Pada gelar produk perdana ini, diikuti oleh 51 usaha yang hadir secara fisik, dan 7 usaha mengikuti pameran dengan virtual berupa penayangan video kegiatan usaha dan produk yang ditawarkannya. Sisanya yang belum dapat berkontribusi pada kegiatan expo dikarenakan kendala teknis serta lokasi usaha yang berada di luar eks karesidenan Surakarta.

“Tujuan utama dari kegiatan ini adalah memperkenalkan produk-produk kreativitas mahasiswa UNS kepada masyarakat luas, khususnya melalui promosi secara luring untuk bersama-sama kembali menggeliatkan perekonomian daerah dan nasional pasca pandemi Covid 19. Semoga Langkah baik ini memberikan manfaat yang baik pula bagi masyarakat, bangsa dan negara tercinta, sebagaimana slogan UNS yaitu mangesthi luhur ambangun negari,” terang Susantiningrum.

Sementara itu, Kepala Biro Kemahasiswaan UNS, Drs. Agus Rohman Pratomo menyampaikan bahwa expo ini adalah momen yang sangat membanggakan. “Kami sangat bangga kepada peserta yang mengikuti gelar produk di Solo Paragon. Kami berharap mahasiswa yang mengikuti wirausaha di UNS semakin banyak dan lulusan UNS banyak yang menjadi wirausaha,” terang Agus Rohman Pratomo.

Dalam kesempatan tersebut, Wakil Rektor Riset dan Inovasi UNS, Prof. Dr. Kuncoro Diharjo membuka Expo Wibawa #1. Dalam sambutannya Prof. Kuncoro mengatakan bahwa program ini sangat potensial untuk dikembangkan supaya dapat menciptakan wirausaha muda. “Ini membuktikan bahwa produk-produk dari UNS hadir di masyarakat,” ujar Prof. Kuncoro.

Prof. Kuncoro berpesan kepada para mahasiswa yang mengikuti Program Wibawa #1 untuk melakukan alpha testing dan beta testing. “Nah, karena sedang expo di Solo Paragon, lalu Ketika ada pengunjung maka lakukan alpha testing. Alpha testing ini minta tes kepada masyarakat, lalu kalau kurang bisa disempurnakan. Sedangkan beta testing lebih dari itu, tidak sekadar mencicipi tapi dimintai pendapat atau masukan,” imbuh Prof. Kuncoro.

UNS Gelar Expo Produk Kewirausahaan Mahasiswa

Kemudian setelah melakukan alpha testing dan beta testing, terus tingkatkan kualitas dan selalu berinovasi supaya mampu bersaing di pasar. “Kegiatan wirausaha ini tidak hanya bermanfaat untuk para mahasiswa, namun juga sejalan dengan program UNS terkait dengan pencapaian Indikator Kinerja Utama (IKU) satu dan dua. IKU pertama yaitu lulusan mendapat pekerjaan yang layak, upah di atas UMR, menjadi wirausaha, atau melanjutkan studi. Lalu IKU kedua mahasiswa mendapat pengalaman di luar kampus, magang, proyek desa, mengajar, riset, berwirausaha, dan pertukaran pelajar,” pungkasnya. Humas UNS

Reporter: Dwi Hastuti

Suka dengan artikel ini?

Panitia Kerja Penghargaan Purnabakti Profesor UNS Lakukan Kunjungan Kerja ke UPI dan Unpad

UNS --- Panitia Kerja Penghargaan Purnabakti Profesor Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta...

UKM Pramuka UNS, di Balik Pasukan Pengibar Bendera Upacara Kemerdekaan RI

UNS --- Disiplin, berani, dan setia. Itulah salah satu isi Dasa Darma Pramuka yang senantiasa...

Perluas Jejaring Internasional, UNS Jalin Kerja Sama dengan The University of Newcastle, Australia

UNS --- Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menjalin kerja sama internasional dengan The...

UPT KLI UNS Gelar Workshop Pendampingan Persiapan Studi Lanjut ke Amerika Serikat

UNS --- UPT Kerja Sama dan Layanan International (KLI) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta...

Dekan FH UNS Terpilih sebagai Ketua BKS FH-PTN Wilayah Tengah

UNS --- Dekan Fakultas Hukum (FH) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Prof. Dr. I Gusti Ayu...

Mahasiswa UNS Raih Juara 1 Lomba Debat Nasional

UNS --- Prestasi membanggakan kembali diukir oleh mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS)...

Pengalaman Mahasiswa UNS Mengajar BIPA di Negeri Gajah Putih

UNS --- Aldi Dwi Saputra, mahasiswa Jenjang S-2 Program Studi (Prodi) Pendidikan Bahasa Indonesia...

UNS Canangkan Kerja Sama dengan Kansas State University

UNS --- Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta mencanangkan kerja sama dengan Kansas State...

Peringati HUT ke-6, RS UNS Berikan Layanan Unggulan

UNS --- Rumah Sakit (RS) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta tepat berusia 6 tahun pada Rabu...

Kebut MBKM, FMIPA UNS Jalin Kerja Sama dengan BPS Boyolali dan Karanganyar

UNS --- Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Sebelas Maret (UNS)...