UPT Perpustakaan UNS Gelar Workshop Nasional Media Sosial

UPT Perpustakaan UNS Gelar Workshop Nasional Media Sosial

UNS — Unit Pelaksana Teknis (UPT) Perpustakaan Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menggelar Workshop Nasional Media Sosial Perpustakaan 2022. Workshop yang digelar secara luring tersebut digelar di Ruang Werkudara Gedung Ki Padmasusastra UPT Perpustakaan UNS, Rabu (14/9/2022).

Workshop tersebut dibuka langsung oleh Kepala UPT Perpustakaan UNS, Burhanudin Harahap, Ph.D. Dalam sambutannya, Burhanudin mengatakan Workshop Nasional Media Sosial Perpustakaan 2022 ini mengangkat tema Pengembangan Perpustakaan Melalui Optimalisasi Promosi Berbasis Pemanfaatan Media Sosial. “Perpustakaan mencoba menghadirkan beberapa narasumber untuk mendiskusikan supaya keberadaan perpustakaan ini bisa dimaksimalkan dengan optimal. Semoga promosi terkait program perpustakaan semakin luas jangkauannya, sehingga dapat langsung mengena ke mahasiswa/siswa atau masyarakat,” terang Burhanudin Harahap, Ph.D.

Sedangkan Wakil Ketua Panitia Workshop Nasional Media Sosial Perpustakaan 2022, Sugeng Widaryatno, S.IP. dalam sambutannya menyampaikan latar belakang pemilihan tema tersebut terkait dengan semakin pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang turut melahirkan perubahan ataupun pembaharuan di berbagai bidang kehidupan, tidak terkecuali bidang promosi.

Dalam bidang promosi, khususnya promosi perpustakaan, pengelola perpustakaan dan juga pengguna, baik sivitas akademika terutama kalangan mahasiswa/siswa atau masyarakat umum memiliki peran penting dalam menciptakan generasi yang memiliki keterampilan hidup abad 21. Keterampilan abad 21 yang dimaksud meliputi way of thinking, way of working, tolls for working, and living in the world. Oleh karena itu, setiap pengelola perpustakaan dituntut untuk terus mengembangkan kemampuannya dalam mengolah sumber-sumber informasi, yang akan dijadikan media promosi sebagai citra diri bagi sebuah instansi.

“Promosi di jaman now tentunya sangat berbeda dengan masa-masa sebelumnya baik secara konten maupun media yang dipergunakan. Kegiatan ini tidak saja dilakukan dalam rangka rutinitas semata, namun yang lebih penting adalah peningkatan kualitas pengelolaan informasi sekaligus sebagai ajang promosi yang sangat menunjang peningkatan kualitas layanan kepada pengguna dan juga sebagai upaya peningkatan profesionalisme kami selaku pengelola perpustakaan itu sendiri,” ujar Sugeng.

Dalam Workshop Nasional Media Sosial Perpustakaan 2022 ini, UPT Perpustakaan UNS menghadirkan tiga narasumber yaitu Digital Content Creator and Video Producer yang juga sebagai Founder and Creative Director@rasacreative.id, Sahid Dipa. Sahid Dipa memaparkan materi tentang Tips dan Trik Pemanfaatan Media Sosial dalam Pengembangan Perpustakaan. Kemudian pembicara kedua yaitu Dosen Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP) UNS, Andrine Prima Afneta Arzil, S.I.Kom., M.Si. Andrine membawakan materi tentang Komunikasi, Media Sosial dan Library Branding. Sedangkan pembicara ketiga yaitu Koordinator Bidang (Korbid) Kerja Sama UPT Perpustakaan UNS, Achmad Nur Chamdi, S.Pt.,M.Si. Achmad membawakan materi dengan tema Potensi Pustakawan sebagai Digital Content Creator Media Sosial. Humas UNS

Reporter: Dwi Hastuti

Skip to content