UNS — Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta melepas 14 lulusan Program Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS) pada periode Juni 2022, Jumat (24/6/2022). Acara diselenggarakan secara hybrid yang bertempat di Auditorium FK UNS serta disiarkan melalui kanal Youtube FK UNS.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Wakil Rektor Akademik dan kemahasiswaan UNS, Prof. Dr. Ir. Ahmad Yunus, M.S., Dekan FK UNS, Prof. Dr. dr. Reviono, Sp. P(K), para wakil dekan, Direktur RSUD Moewardi Surakarta, Dr. dr. Cahyono Hadi, Sp.OG(K)., S.H., perwakilan direksi Rumah Sakit Ortopedi (RSO) Prof. Dr. R. Soeharso Surakarta, serta perwakilan dari Ikatan Keluarga Alumni (IKA) FK UNS.

Acara pelepasan yang diikuti 14 peserta didik PPDS FK UNS berasal dari 5 Program Studi (Prodi). Empat orang diantaranya merupakan penerima Beasiswa Tugas Belajar Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia (RI). FK UNS pun telah meluluskan sebanyak 303 lulusan penerima beasiswa tersebut.

Dalam laporan yang disampaikan oleh Prof. Dr. dr. Paramasari Dirgahayu, Ph.D., selaku Wakil Dekan Akademik, Riset, dan Kemahasiswaan FK UNS, 14 orang peserta pelepasan terdiri dari 1 orang wisudawan dari Program Studi (Prodi) Anestesiologi dan Terapi Intensif, 5 orang wisudawan dari Prodi Obstetri dan Ginekologi, 3 orang wisudawan dari Prodi Ilmu Kesehatan Anak, 2 orang wisudawan dari Prodi Dermatologi dan Venereologi, dan 3 orang wisudawan dari Prodi Neurologi.

Alfi Marita Tristiarti, dr., Sp.O.G., menjadi lulusan dengan IPK tertinggi pada pelepasan kali ini. Ia merupakan lulusan Program Studi (Prodi) Obstetri dan Ginekologi yang memperoleh IPK 3.88. Priyanka Ganesa Utami, dr., Sp.N., menjadi lulusan dokter spesialis termuda. Ia merupakan lulusan Prodi Neurologi dengan usia pada saat lulus 30 tahun 7 bulan. Selain itu, Prodi Neurologi menjadi prodi dengan rata-rata lama studi tercepat, yaitu 4 tahun. Hingga saat ini, FK UNS telah melepaskan sebanyak 1.5162 orang dokter spesialis sejak awal berdirinya.

Dalam sambutannya, Prof. Reviono berpesan tiga hal kepada para wisudawan, yakni integritas, profesional, dan jejaring. Integritas pada dokter spesialis diharapkan dapat sama menonjolnya dengan kejujuran yang ditegakkan. Profesionalisme dalam mengabdi kepada masyarakat juga dinilai penting. Para wisudawan sebelumnya telah dibekali kompetensi dan diharapkan dapat bertanggungjawab akan hal tersebut. Serta memperbanyak jejaring dan silaturahmi dengan rekan maupun pihak lain.

FK UNS Lepas 14 Wisudawan Dokter Spesialis Periode Juni 2022

“Saya yakin, sampai saat ini pun alumni FK UNS itu mendapat tempat yang baik di masyarakat. Karena cirinya alumni UNS itu tahan banting. Dengan situasi apapun bisa beradaptasi. Juga kompetensinya tidak kalah,” tutur Prof. Reviono.

Prof. Yunus selaku Wakil Rektor Akademik dan kemahasiswaan UNS meminta para dokter spesialis pada pelepasan ini tidak mudah puas. Mereka diminta untuk senantiasa belajar. Beliau juga menambahkan satu pesan, melanjutkan pesan yang disampaikan Prof. Reviono. Pesan tersebut yakni adanya yakni ide atau inovasi.

FK UNS Lepas 14 Wisudawan Dokter Spesialis Periode Juni 2022

“Empat itulah bekal para dokter spesialis untuk terus bisa beradaptasi dan berperan di mana pun kita berada,” ujar Prof. Yunus. Humas UNS

Reporter: Rangga Pangestu Adji
Editor: Dwi Hastuti

Suka dengan artikel ini?

Panitia Kerja Penghargaan Purnabakti Profesor UNS Lakukan Kunjungan Kerja ke UPI dan Unpad

UNS --- Panitia Kerja Penghargaan Purnabakti Profesor Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta...

UKM Pramuka UNS, di Balik Pasukan Pengibar Bendera Upacara Kemerdekaan RI

UNS --- Disiplin, berani, dan setia. Itulah salah satu isi Dasa Darma Pramuka yang senantiasa...

Perluas Jejaring Internasional, UNS Jalin Kerja Sama dengan The University of Newcastle, Australia

UNS --- Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menjalin kerja sama internasional dengan The...

UPT KLI UNS Gelar Workshop Pendampingan Persiapan Studi Lanjut ke Amerika Serikat

UNS --- UPT Kerja Sama dan Layanan International (KLI) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta...

Dekan FH UNS Terpilih sebagai Ketua BKS FH-PTN Wilayah Tengah

UNS --- Dekan Fakultas Hukum (FH) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Prof. Dr. I Gusti Ayu...

Mahasiswa UNS Raih Juara 1 Lomba Debat Nasional

UNS --- Prestasi membanggakan kembali diukir oleh mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS)...

Pengalaman Mahasiswa UNS Mengajar BIPA di Negeri Gajah Putih

UNS --- Aldi Dwi Saputra, mahasiswa Jenjang S-2 Program Studi (Prodi) Pendidikan Bahasa Indonesia...

UNS Canangkan Kerja Sama dengan Kansas State University

UNS --- Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta mencanangkan kerja sama dengan Kansas State...

Peringati HUT ke-6, RS UNS Berikan Layanan Unggulan

UNS --- Rumah Sakit (RS) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta tepat berusia 6 tahun pada Rabu...

Kebut MBKM, FMIPA UNS Jalin Kerja Sama dengan BPS Boyolali dan Karanganyar

UNS --- Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Sebelas Maret (UNS)...