UNS — Memasuki seri ke-74, Wedangan Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta kembali hadir membahas jejak karier kewirausahaan para alumninya. Kali ini, Wedangan IKA UNS mengulik topik menarik tentang bagaimana karier sukses kewirausahaan dibangun oleh alumni Fakultas Kedokteran (FK) UNS.

Seri wedangan kali ini diselenggarakan melalui Zoom Cloud Meeting dan Kanal Youtube UNS, Rabu (8/9/2021). Lebih spesial, seri ke-74 Wedangan IKA UNS disiarkan secara langsung oleh TVRI Jawa Tengah.

Dipandu dr. Ika Puspitasari, MPH. sebagai moderator, Wedangan seri ke-74 IKA UNS menghadirkan 3 alumnus FK UNS antara lain dr. Rosyid Ridlo, MMR., selaku Owner & CEO PT. Amal Mulia, Dr. dr. Renni Yuniati Sp.KK, FINSDV, FAADV, M.H., selaku Owner & CEO PT. Muntiara Kosmediatama, serta dr. Theresia Ratnawati selaku Owner & CEO Rumah Teh Ndoro Dongker.

Rektor UNS, Prof. Dr. Jamal Wiwoho, S.H., M.Hum., dalam sambutannya mengungkapkam rasa penasaran terhadap karier kewirausahaan dari alumni FK UNS. Rasa senang dan bangga juga disampaikan Prof. Jamal kepada alumni fakultas kedokteran yang sukses berkarier di berbagai bidang.

Seri ke-74 Wedangan IKA UNS Ulik Karier Kewirausahaan Alumni FK UNS

“Senang dan bangga rasanya alumni Fakultas Kedokteran merupakan alumni yang sangat cepat meroket dan berhasil, luar biasa. Ada yang di (bidang) militer, birokrat, termasuk ada yang berdeviasi, tidak praktik dokter tetapi berhasil dalam kewirausahaannya,” tutur Prof. Jamal.

Dekan FK UNS, Prof. Dr. Reviono, dr., Sp.P(K) dalam kesempatan yang sama mengakui cukup banyak sebenarnya wirausahawan yang merupakan alumni FK. Pendidikan kewirausahaan dalam perkuliahan bagi Prof. Reviono dapat memfasilitasi mahasiswa untuk memperbanyak keterampilan dan pilihan berkarier kedepannya.

Seri ke-74 Wedangan IKA UNS Ulik Karier Kewirausahaan Alumni FK UNS

Alumni FK UNS yang masih aktif sebagai dokter dan juga aktif pada bidang lain seperti kewirausahaan dinilai merupakan suatu multitalenta murni oleh dr. Sri Pratomo, Sp.B, FINACS, FICS, Ketua Umum Keluarga Alumni (KA) FK UNS dan Dirut RS Nirmalasuri.

“Mereka (dokter) bisa berjalan dua tiga tempat yang berbeda dengan usaha yang berbeda tapi semuanya bisa berkembang dengan baik,” ujar dr. Sri Pratomo dalam sesi pemantik diskusi.

dr. Rosyid Ridlo, MMR. menjadi pembuka kisah sukses dalam wedangan kali ini. dr. Rosyid merupakan alumnus FK UNS angkatan 1991 yang semasa perjalanan kariernya pernah bekerja di suatu klinik Jakarta hingga mengabdi di pulau terpencil di Sumenep.

Dihadapkan pada dua pilihan antara meneruskan karier sebagai pegawai negeri atau mengembangkan usaha sendiri, dr. Rosyid dengan mantap mencoba untuk mengembangkan usaha Rumah Sakit Pelayanan Medik Dasar atau akrab disebut klinik. Berbagai tantangan dilalui hingga pada tahun 2006 klinik tersebut beralih menjadi rumah sakit. Usaha yang dijalankan oleh dr. Rosyid mampu membantu masyarakat dalam memperoleh akses kesehatan yang lebih dekat dan terjangkau.

Acara berlanjut pada pemaparan kisah Dr. dr. Renni Yuniati Sp.KK, FINSDV, FAADV, M.H. dalam karier kewirausahaannya. Telah memiliki jiwa wirausaha sedari kecil menuntun dr. Renni mendirikan PT. Muntira Kosmediatama di bidang skin care pada tahun 2011.

Terakhir, dr. Theresia Ratnawati membagikan perjalanan karier wirausaha dalam membangun usaha kuliner Rumah Teh Ndoro Dongker. Selain mengangkat produk teh lokal, dr. Theresia juga ingin mengenalkan aneka macam tanaman yang bisa diolah menjadi teh. Dari produk teh tersebut diharapkan dapat dikembangkan menjadi suatu terapi.

Seri ke-74 Wedangan IKA UNS Ulik Karier Kewirausahaan Alumni FK UNS

Wakil Dekan Bidang Akademik, Riset, dan Kemahasiswaan FK UNS, Paramasari Dirgahayu, dr. Ph.D., menjelang akhir acara menyampaikan rasa salut kepada alumni yang hadir membagikan cerita suksesnya. Passion wirausaha masing-masing alumni dinilai memberikan dampak positif di masyarakat.

“Bagaimana kita mengeluarkan suatu masalah menjadi ide yang akhirnya menjadi suatu produk itu berbasis kepada passionate,” tutur Paramasari Dirgahayu dr. Ph.D.
Humas UNS

Reporter: Rangga Pangestu Adji
Editor: Dwi Hastuti

Suka dengan artikel ini?

Tingkatkan Pertumbuhan Sayur dan Buah, Mahasiswa UNS Rancang Alat Penyiram Otomatis dan Humidity Controller

UNS --- Mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta tak pernah kehabisan akal untuk...

Prodi Sosiologi Fisip UNS Teken Kerja Sama dengan UIN Ar-Raniry Aceh

UNS --- Pada September 2021 ini, Program Studi (Prodi) S1 Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan...

Tim KKN UNS 148 Sosialisasikan Bahaya Covid-19 dan Vaksinasi untuk Lansia di Desa Gombang, Boyolali

UNS --- Pandemi Covid-19 sudah berlangsung hampir dua tahun. Sejumlah varian baru yang lebih...

Solutif dan inovatif, Mahasiswa UNS Ciptakan Pelapis Antivirus Berbasis Selulosa sebagai Alternatif Pencegahan Penyebaran Covid-19

UNS --- Tiga mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta melakukan inovasi di tengah...

Dosen UNS Gelar Pendampingan Industri Jersey Printing melalui Kegiatan Pengabdian Masyarakat

UNS --- Jersey merupakan pakaian yang sering dipakai untuk kegiatan permainan sepak bola. Namun,...

FEB UNS Gelar Pelatihan Alat Analisis Kuantitif – IBM SPSS

UNS --- Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta mengadakan...

Bimbingan Karir dan ‘Planner Book’, Program Gagasan Mahasiswa UNS Guna Mengurangi Kecemasan Karir Tunarungu

UNS --- Terobosan baru kembali dilakukan oleh mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta...

Kreatif dan Solutif, Tiga Mahasiswa UNS Sulap Limbah Tandan Kosong Kelapa Sawit Menjadi Plester Terapi Luka Diabetes

UNS --- Selama ini, Tandan Kosong Kelapa Sawit (TKKS) hanya dianggap sebagai limbah padat hasil...

Mahasiswa UNS Ciptakan Sabun Kertas Berbahan Alami

UNS --- Berkontribusi dalam menyelesaikan permasalahan akibat pandemi Covid-19, lima mahasiswa...

Tingkatkan Minat Bercocok Tanam Warga, Kelompok 333 KKN UNS Kenalkan Sistem Hidroponik

UNS --- Hidroponik menjadi salah satu inovasi dalam bercocok tanam yang makin menarik perhatian...