Tiga Mahasiswa FK UNS Raih Juara 1 Lomba Poster Somatic Unsoed 2021

Tiga Mahasiswa FK UNS Raih Juara 1 Lomba Poster Somatic Unsoed 2021

UNS — Mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta kembali mengukir prestasi di tingkat nasional. Mereka adalah Muhammad Shokhiful Wafa Arya Wida Sena, Muhammad Iqbal Albashiry, dan Maudy Purnamasari dari Program Studi (Prodi) Kedokteran Fakultas Kedokteran (FK) UNS. Tiga mahasiswa FK tersebut baru saja meraih juara 1 lomba poster publik nasional.

Kompetisi tersebut bertajuk Somatic: Soedirman Medical Scientific Competition 2021 yang diselenggarakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) FK Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed). Saat diwawancarai oleh uns.ac.id, Sena menyampaikan bahwa poster yang dibuat bertema vaksin Covid-19.

“Jadi, tujuannya agar masyarakat tidak salah informasi serta untuk mengajak masyarakat agar ikut vaksinasi. Dalam poster, terdapat informasi definisi vaksin, prevalensi cakupan vaksin dan efektivitasnya, mekanisme vaksinasi Covid-19 dapat menimbulkan kekebalan, manfaat vaksinasi Covid-19, dan pengingat apa aja yang harus dilakukan setelah vaksinasi,” terang Sena, Sabtu (8/1/2022).

Poster tersebut dilatarbelakangi karena pada saat itu masyarakat masih takut untuk vaksinasi Covid-19.

“Lalu juga terdapat hoax yang beredar, seperti ditanam chip atau sebagainya. Jadi, kami mencoba meluruskan dengan poster ini, lalu kebetulan ada lomba dengan tema serupa sehingga kami realisasikan,” imbuhnya.

Dalam kompetisi yang berlangsung sejak 25 September hingga 5 Desember 2021 ini, Sena dan timnya berhasil mengalahkan banyak peserta dari berbagai perguruan tingggi. Seleksi diawali dengan pengiriman karya, kemudian dilanjutkan dengan voting melalui Instagram yang diikuti oleh 11 tim.

“Perasaan kami kaget dan senang karena ini lomba poster pertama yang diikuti. Jadi, perjuangannya kerasa banget, seperti tanya-tanya ke teman yang ahli, lalu minta saran juga kurangnya apa. Semoga ke depan bisa berkarya lebih banyak lagi, tidak hanya di poster, tetapi di berbagai bidang juga,” pungkas Sena. Humas UNS

Reporter: Bayu Aji Prasetya
Editor: Dwi Hastuti

Skip to content