Search
Close this search box.

FKIP UNS Sepakati Kerja Sama dengan Dinas Pendidikan Kota Surakarta Perihal RPL Guru PAUD

UNS – Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta resmi melakukan kesepakatan kerja sama dengan Dinas Pendidikan Kota Surakarta. Kerja sama yang terjalin adalah perihal Swakelola Tipe II pada Paket Pekerjaan Peningkatan Pemenuhan Standar Kualifikasi Akademik S-1 Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kota Surakarta. Hal ini rencananya akan direalisasikan melalui penyelenggaraan Studi Lanjut Ke Jenjang Sarjana (S-1) Pendidikan Guru PAUD FKIP UNS. Kegiatan kerja sama ini dilaksanakan di Dinas Pendidikan Kota Surakarta pada Senin (29/4/2024).

Kerja sama tersebut dilaksanakan melalui Jalur Program Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) bagi Guru-Guru PAUD Kota Surakarta Tahun Ajaran 2024/2025. Tujuan kerja sama ini sebagai upaya untuk meningkatkan kualifikasi akademik Guru PAUD di Kota Surakarta.

Antara FKIP UNS dan Dinas Pendidikan Kota Surakarta memiliki komitmen bersama pada kedua belah pihak untuk meningkatkan kapasitas pendidikan di tingkat PAUD. Kerja sama ini juga merupakan pondasi penting bagi perkembangan anak-anak di masa depan. Dengan pengenalan jalur RPL, guru-guru PAUD di Kota Surakarta akan memiliki akses lebih mudah untuk melanjutkan studi ke jenjang sarjana tanpa harus meninggalkan pekerjaan mereka.

Melalui Swakelola Tipe II, guru-guru PAUD akan memperoleh beberapa hal penunjang. Nantinya, mereka diberikan fasilitas yang memadai untuk mendapatkan pendidikan tinggi tanpa mengorbankan tanggung jawab mereka terhadap murid-murid. Program ini akan memungkinkan mereka untuk memperoleh kualifikasi yang lebih tinggi. Guru PAUD  mampu meningkatkan kemampuan mereka dalam memberikan pengajaran yang berkualitas.

“Pada akhirnya, guru PAUD mampu memberikan dampak positif yang signifikan pada masa depan pendidikan anak-anak usia dini di Kota Surakarta,” ujar Prof. Dr. Mardiyana, M.Si., selaku Dekan FKIP UNS.

Sebagai langkah awal pada kerja sama antara FKIP UNS dengan Dinas Pendidikan Kota Surakarta terdapat sebanyak 25 mahasiswa S-1 Pendidikan Guru PAUD dibiayai Pemerintah Kota Surakarta jalur program RPL tahun ajaran 2024/2025.

Humas UNS

Skip to content