HMJ Akuntansi FEB UNS Sukses Selenggarakan Workout 2022

HMJ Akuntansi FEB UNS Sukses Selenggarakan Workout 2022

UNSHimpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta sukses menyelenggarakan Workshop for Accounting Students (Workout) pada Sabtu-Minggu (19-20/11/2022) secara online melalui Zoom Cloud Meeting.

Ignasius Marcel, Ketua HMJ Akuntansi FEB UNS dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan workshop ini merupakan salah satu program kerja dari Departemen Research and Development HMJ Akuntansi FEB UNS.

Dengan mengangkat tajuk ‘Be Adaptive in Accounting Technology Era with Excel’, Workout ini berhasil menghadirkan dua pembicara, yakni Gunawan Wibisono, S.E., M.Acc., CA. CMA., Dosen Akuntansi Universitas Gadjah Mada (UGM) dan Seni Raftsan Zani, S.T., M.M., Direktur PT Sinergi Ruang Zaman.

Memasuki sesi pemaparan materi oleh pembicara pertama, Gunawan Wibisono menjelaskan mengenai pengantar akuntansi berupa siklus akuntansi jasa modern yang terdiri dari siklus pendapatan, pengeluaran, personalia, investasi, pendanaan, dan pelaporan. Materi tersebut merupakan pengantar sebelum membahas fungsi-fungsi Microsoft Excel yang dibutuhkan oleh seorang akuntan maupun masyarakat umum.

“Kita coba dulu untuk memahami definisi dan karakteristik dari perusahaan jasa. Kalau kita melihat sifat alamiahnya dari perusahaan jasa itu sendiri, mestinya didefinisikan sebagai perusahaan yang memberikan jasa sebagai sumber pendapatan. Ketika perusahaan itu memberikan jasa, bisa memberikan jasa tersebut kepada individu maupun perusahaan,” jelas Gunawan.

Sesi pemaparan materi dilanjutkan oleh Seni Raftsan Zani yang memaparkan dan mempraktikkan beberapa fungsi Microsoft Excel, seperti Sum, If, Count, Fungsi Text, Lookup, Pivot Table, Sparkline, Persentase, dan Conditioning Formatting. Setelah sesi pemaparan materi dan tanya jawab selesai, peserta diberikan penugasan yang harus dikerjakan dan dikumpulkan pada esok hari atau pada Workout hari kedua.

Workout hari kedua dimulai dengan pembukaan dan pengecekan penugasan oleh panitia. Materi pada hari kedua masih dibawakan oleh pembicara yang sama, yaitu Seni Raftsan Zani. Pada hari kedua ini, materi yang disampaikan yakni pembahasan dari penugasan para peserta yang sudah diberikan di hari pertama. Humas UNS

Reporter: Erliska Yuniar Purbayani
Redaktur: Dwi Hastuti

Skip to content